Berita Bitcoin · 7 min read

Ekonomi Memburuk, Argentina Pecahkan Rekor Perdagangan Bitcoin

Pekan lalu, perdagangan Bitcoin di Argentina meledak hingga mencapai rekor volume 101 juta peso Argentina (atau sekitar $ 1,4 juta). Nilai All-Time-High sebelumnya pada volume BTC mingguan, diukur dalam mata uang lokal, mencapai hampir setengahnya pada kisaran 69 juta. Lonjakan perdagangan BTC ini meningkat di tengah adanya potensi resesi ekonomi terburuk dalam sejarah Argentina.

Berita mengenai lonjakan perdagangan Bitcoin ini dilaporkan oleh pertukaran Bitcoin peer-to-peer LocalBitcoins melalui Twitter, yang menggambarkan kejadian tersebut sebagai “catatan absolut” baru bagi negara tersebut. Namun, itu tidak sepenuhnya benar.

Dalam istilah fiat, orang Argentina beralih dari memperdagangkan Bitcoin senilai 59 juta peso pada sekitar minggu di tanggal 27 Juni lalu dan pada minggu berikutnya negara itu memecahkan rekor hingga 100 juta peso. Jika dihitung menggunakan dolar AS, volume meroket dari yang tadinya hanya $ 500.000 dalam volume BTC mingguan menjadi $ 808.000, menurut situs analitik Useful Tulips. (Tingkat konversi dari Morningstar membuat peso dihargai sedikit lebih tinggi, yang menempatkan volume BTC di Argentina naik dari $ 800.000 menjadi $ 1,4 juta.)

Baca juga: Laporan Opsi Bitcoin Tunjukkan Banyak Institusi Tertarik pada Kripto

Namun, dalam hal jumlah aktual Bitcoin yang diperdagangkan, 92 BTC bergerak minggu lalu, meskipun peningkatan signifikan minggu ke minggu, artinya jika dibandingkan dengan catatan absolut ada 228 BTC yang bergerak pada April 2016. Pada sisi lain, sejak saat itu, Argentina belum pernah mencapai angka tersebut hingga hitungan minggu lalu. Tetap saja jika dilihat dari segi mana pun, volume perdagangan Bitcoin di negara ini telah berlipat ganda sejak akhir Juni lalu.

Namun, tonggak sejarah itu tidak terlalu mengejutkan, mengingat keadaan ekonomi Argentina saat ini sedang mengalami kesulitan. Pedagang di negara ini mungkin mencari aset safe haven (atau, setidaknya, aset yang relatif lebih aman) ketika krisis keuangan semakin dalam.

Masalah ekonomi di Argentina walau dengan kebijakan baru tampaknya belum juga menghasilkan hasil luar biasa seperti yang diharapkan oleh banyak orang. Sementara itu, hal ini juga membuktikan Bitcoin memperoleh dukungan di Argentina dan dipandang sebagai mata uang alternatif dan penyimpan nilai.

Informasi ini diolah dan disunting kembali dari Decrypt.co

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.