Berita Altcoins · 6 min read

Arbitrum Capai Dua Rekor Baru, Ini Daftarnya!

Arbitrum

Arbitrum, solusi Layer-2 untuk Ethereum, telah mencapai total nilai terkunci (TVL) melebihi US$10 miliar. Sementara harga tokennya, ARB mencetak rekor harga tertinggi baru.

TVL dan Token Arbitrum Cetak Rekor Baru

Total nilai terkunci (TVL) di Arbitrum melonjak di atas US$10 miliar pada 3 Januari 2023. Per artikel ini ditulis (5/1/24), TVL Arbitrum adalah US$10,22 miliar, peningkatan sebesar +430% dalam setahun terakhir. Dengan pencapaian ini, Arbitrum menjadi jaringan Layer-2 pertama yang melewati nilai TVL US$10 miliar.

arbitrum tvl
Gambar: TVL Arbitrum. Sumber: L2beat

Optimism, kompetitor terdekat Arbitrum, di posisi kedua dengan TVL sebesar US$6,3 miliar. Hanya kedua jaringan Layer-2 ini yang memiliki TVL melebihi US$1 miliar dan saat ini mendominasi pasar Layer-2.

Protokol Layer-2 menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir karena manfaatnya seperti biaya transaksi rendah dan kecepatan transaksi tinggi. Peningkatan signifikan dalam TVL baik di Arbitrum maupun Optimism menunjukkan adopsi yang semakin berkembang terhadap solusi Layer-2. Pada Arbitrum, telah lebih dari 400 aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang dibangun di atas jaringan.

Selain rekor TVL, Arbitrum mencatat rekor lain yakni tokennya, ARB mencapai harga tertinggi baru yakni US$2,09 pada 4 Januari 2023.

Kemungkinan pendorong di balik pencapaian ini adalah upgrade Dencun Ethereum yang diharapkan diluncurkan pada kuartal pertama 2024. Upgrade ini akan memperkenalkan EIP-4844 (Proto-Danksharding) yakni solusi untuk mengurangi biaya transaksi secara signifikan pada Optimistic Rollups seperti Arbitrum dan Optimism hingga 8 kali lipat.

Selain itu, Arbitrum mencapai milestone baru pada pengembangan Arbitrum Orbit chain yang berhasil menerapkan custom gas tokens. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membayar gas fee dengan token ERC-20 apapun, tidak mesti dalam ETH.

Baca juga: Mengenal Arbitrum Proyek Layer-2 yang Curi Perhatian

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.