Anggota Kongres AS Usulkan Larangan Aset Digital

By Aulia Medina     Friday, May 17 2019

Seorang anggota kongres dengan rekam jejak yang kurang baik mengenai pandangannya tentang crypto akhirnya mengeluarkan usul untuk melakukan pelarangan aset digital. Dari partai demokrat, Bred Sherman seharusnya mengungkapkan usulan ini pada pertemuan kongres.

Ini bukan pertama kalinya seseorang mengusulkan pelarangan aset digital. Namun, tanpa usaha besar-besaran internasional dari pihak berwenang, kemungkinan legislasi tersebut terbukti efektif sangat kecil.

Apakah narasi Crypto berubah dari ejekan menjadi ketakutan bagi pemegang kekuasaan?

Menurut sebuah video yang diposting di Twitter oleh group edukasi crypto Coin Center, seorang anggota kongres dengan sejarah menentang mata uang digital sekali lagi mengangkat kemungkinan larangan teknologi. Dalam video itu, Partai Republik Brad Sherman menyatakan pernyataan yang mengejutkan

“Saya mencari seorang kolega untuk bergabung dengan saya dalam memperkenalkan tagihan untuk melarang pembelian cryptocurrency oleh orang Amerika, jadi kami ingin menghentikannya, sebagian karena banyak sekali kekuatan internasional kita berasal dari dolar yang merupakan unit standar keuangan dan transaksi internasional.”

“Ini adalah tujuan yang diumumkan dari para pendukung cryptocurrency untuk mengambil kekuatan itu dari kami, untuk menempatkan kami pada posisi di mana sanksi paling signifikan yang kami miliki di Iran, misalnya, akan menjadi tidak relevan.

“Apakah itu untuk memperlemah kebijakan luar negeri kita, penegakan penagihan pajak kita, atau penegakan hukum tradisional kita, tujuan cryptocurrency – keuntungan yang dimilikinya atas mata uang berdaulat – semata-mata untuk membantu dalam memperlemah Amerika Serikat dan aturan hukum.”

Baca juga: Komisaris SEC: Regulasi Dikhawatirkan Hambat Crypto

Crypto bisa menjadi ancaman

Ini bukan kali awal Sherman mengangkat malah cryptocurrency. Namun, ini pertama kalinya dia menyatakan bahwa crypto bisa saja menjadi ancaman terhadap struktur kekuatan yang ada. Pernyataan Sherman sebelumnya pada Maret lalu dan Juli, mengenai teknologi keuangan berkisar pada masalah pencucian uang dan perdagangan narkoba.

Untuk pernyataannya itu, seorang analis kripto populer menyoroti apa yang beberapa orang anggap rasa sebagai kemunafikan dari Sherman pada saat itu

Ini adalah kedua kalinya minggu ini NewsBTC melaporkan figur penting menyerukan larangan aset kripto. Pada hari Senin, ekonom pemenang Hadiah Nobel Joseph Stiglitz mengusulkan kami untuk  “mematikan cryptocurrency”. Tidak seperti Sherman, Stiglitz menyerang crypto karena anonimitasnya yang jelas namun memuji gagasan mata uang elektronik yang dikelola secara terpusat untuk mengekang pencucian uang

Namun, pada akhirnya, tidak ada yang menyadari betapa sia-sia upaya untuk melarang atau menutup crypto. Ini mungkin akan menekan banyak proyek dari luar dan harga kemungkinan akan anjlok, tetapi Bitcoin tidak akan mati. Sebaliknya, bitcoin akan terus didorong. Banyak operator node mungkin akan bangkrut tetapi ada cukup banyak negara yang berusaha mengurangi ketergantungan mereka pada dolar yang pasti akan menyambut para penambang jika ada kepercayaan universal bahwa Bitcoin dapat merusak hegemoni AS.

Sumber