Berita Industri · 5 min read

Analisis The FED Ungkap CBDC Asing Bisa Ancam Supermasi Dolar AS

cbdc asing dan dominasi dolar

Diskusi terkini mengenai lanskap keuangan, khususnya potensi pengenalan Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC) oleh Amerika Serikat, telah memicu debat signifikan di antara ekonom, pembuat kebijakan, dan publik. 

Pembahasan ini semakin memanas dengan dirilisnya sebuah penelitian pada 16 Februari oleh Board of Governors of the Federal Reserve Amerika Serikat, menyoroti implikasi dari CBDC asing terhadap peran internasional dolar. 

Lebih dari 90% bank sentral di seluruh dunia saat ini sedang menyelidiki potensi manfaat dan kerugian dari mata uang digital, dengan Federal Reserve AS mempertimbangkan dampak yang beragam dari CBDC asing terhadap kedudukan global dolar. 

Kekhawatiran Terhadap CBDC

Analisis Federal Reserve menunjukkan bahwa posisi dolar AS sebagai “unit hitung” atau “penyimpan nilai” kemungkinan tidak akan terpengaruh oleh munculnya CBDC asing yang besar dan stabil, namun tetap ada potensi pengikisan peran dolar sebagai alat tukar jika CBDC AS tidak diterbitkan atau memiliki fitur desain yang tidak menarik. 

“Bergantung pada fitur desain CBDC (atau stablecoin dalam mata uang asing) lainnya, terdapat potensi terkikisnya peran dolar sebagai alat tukar jika CBDC AS tidak diterbitkan atau memiliki fitur desain yang tidak menarik,” tulis penelitian itu. 

Hal ini menekankan pentingnya desain dan kebijakan CBDC AS dalam mempengaruhi penggunaannya dalam pembayaran internasional dan peran dolar, termasuk kebijakan akses, interoperabilitas, privasi, dan kebijakan anti pencucian uang (AML), serta batasan akun dan remunerasi.

Menerbitkan CBDC AS juga diperkirakan tidak akan secara langsung mempengaruhi pasokan yang cukup dan pasar likuid untuk Treasury AS atau stabilitas jangka panjang sistem ekonomi dan politik AS.

Debat CBDC Masuki Ranah Politik

Debat mengenai penerbitan CBDC AS tidak hanya terbatas pada aspek ekonomi tetapi juga telah memasuki arena politik, dengan tokoh-tokoh seperti mantan Presiden Donald Trump dan sekelompok senator AS menyatakan penentangan. Opini publik di Amerika juga tampak skeptis, dengan hanya 16% yang mendukung ide CBDC.

Para senator khawatir CBDC akan diprogram untuk mengawasi warga dan melanggar kebebasan. Senator Scott dan Budd menyoroti perlunya melindungi privasi keuangan warga AS.

Baca juga: Rencana Dolar Digital The FED Ditentang Senator AS


Kesimpulannya, pengenalan CBDC menandai titik balik dalam sistem keuangan global, dengan potensi untuk mendefinisikan ulang peran dolar dalam ekonomi dunia.

Keputusan mengenai CBDC  yang dibuat akan menentukan bagaimana AS memposisikan dirinya dalam lanskap keuangan digital yang terus berkembang, memastikan bahwa dolar tetap menjadi mata uang internasional yang dominan di tengah perubahan teknologi dan kebijakan global.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.