Analisis · 6 min read

Analisis Harga Bitcoin dan Top Altcoin Pasca Thanksgiving 2022!

Analisis Harga Bitcoin dan Top Altcoin Pasca Thanksgiving!

Pasca kasus FTX, harga aset kripto mengalami penurunan signifikan. Bitcoin mengalami penurunan hingga ke harga $15.500 pada 22 November 2022 pukul 04.45 WIB.

Aset kripto lainnya juga mengalami penurunan pada tanggal yang sama seperti, ETH di harga $1.074, BNB di harga $250, dan SOL di harga $10,9.

Menjelang Thanksgiving, harga aset kripto mengalami rebound terlihat dari kapitalisasi pasar kripto dari $735 miliar ke $797 miliar, kenaikan sebesar $62 miliar terhitung dari tanggal 22 hingga 24 November 2022.

Thanksgiving adalah hari libur nasional di Amerika Serikat yang jatuh pada hari Kamis minggu ke-4 bulan November. Pada tahun ini, Thanksgiving jatuh pada 24 November 2022.

Berdasarkan data yang dihimpun Chief Technical Analis Token Metrics, William Noble, data historis menunjukkan bahwa hari libur utama AS, Thanksgiving biasanya mendorong harga Bitcoin dan kripto lebih tinggi. Berikut adalah analisis harga Bitcoin dan top altcoin lainnya pasca Thanksgiving.

Harga Bitcoin

Bitcoin menuju titik terendahnya pada pekan ini yakni $15.500, harga terendah sejak dua tahun terakhir. Setelahnya, Bitcoin mengalami kenaikan 8,3% ke harga $16.780 pada 24 November 2022.

Grafik harga Bitcoin dengan indikator Fibonacci Retracement
Gambar: Grafik harga Bitcoin dengan indikator Fibonacci Retracement

Per 25 November 2022 pukul 16.30 WIB, Bitcoin diperdagangkan pada harga $16.458. Dilihat dari indikator Fibonacci Retracement pada timeframe 15 menit, BTC menguji support area jingga yakni di harga $16.400. Jika support ini jebol, maka harga selanjutnya berdasarkan indikator adalah $16.200 dan $16.000.

Baca juga: Rainbow Chart Tunjukkan Bitcoin di Level Terendah, Apa yang Perlu Diwaspadai?

Harga Altcoin

Altcoin kapitalisasi besar (big cap) juga mengalami kenaikan termasuk ETH, XRP, BNB, dan SOL. Altcoin lain yang mengalami kenaikan signifikan antara lain CRV dengan permainan whales dan pengumuman peluncuran stablecoin dan LINK dengan update staking.

ETH, XRP, BNB, SOL

Gambar: Grafik harga ETH dan dengan indikator Fibonacci Retracement

ETH sempat menyentuh titik terendahnya pada pekan ini yakni di harga $1.074 sebab hacker FTX yang menjual ETH dalam jumlah besar untuk renBTC.

Selanjutnya ETH mengalami rebound 13,1% ke harga $1.223. Berdasarkan analisa Fibonacci dengan timeframe 15 menit, ETH sedang retest pada resistance jingga pada harga $1.188. Support ETH berdasarkan Fibonacci adalah $1.166, $1.149, dan $1.131.

kripto
Gambar: Grafik harga XRP dengan indikator Fibonacci Retracement

XRP sempat menyentuh titik terendahnya pada pekan ini yakni di harga $0,343 dan setelahnya mengalami kenaikan 21,7% ke harga $0,418.

Berdasarkan analisa Fibonacci dengan timeframe 15 menit, XRP sedang retest pada support merah pada harga $0,404. Jika XRP berhasil rebound dari support, maka XRP harus melewati resistance di harga $0,423. Jika support jebol, maka support selanjutnya adalah $0,392, $0,383, dan $0,374.

: Grafik harga BNB dengan indikator Fibonacci Retracement
Gambar: Grafik harga BNB dengan indikator Fibonacci Retracement

BNB sempat menyentuh titik terendahnya pada pekan ini yakni di harga $250 dan setelahnya mengalami kenaikan 21,6% ke harga $303.

Kenaikan ini kemungkinan besar dipicu oleh Binance Launchpad yang mengadakan launchpad proyek kripto baru yakni Hooked Protokol.

Berdasarkan analisa Fibonacci dengan timeframe 15 menit, BNB sedang retest pada support merah pada harga $293.

Jika BNB berhasil rebound dari support, maka BNB harus melewati resistance di harga $307. Jika support jebol, maka support selanjutnya adalah $278 dan $262.

Grafik harga SOL dengan indikator Fibonacci Retracement
Gambar: Grafik harga SOL dengan indikator Fibonacci Retracement

SOL sempat menyentuh titik terendahnya pada pekan ini yakni di harga $10,9 dan setelahnya mengalami kenaikan +36,4% ke harga $14,9.

Berdasarkan analisa Fibonacci dengan timeframe 15 menit, SOL sedang retest resistance jingga pada harga $14,3.

Jika SOL berhasil menembus resistance, maka SOL harus melewati resistance selanjutnya di harga $15,3. Jika tidak, maka support selanjutnya adalah $13,7, $13,1, dan $12,6.

CRV mengalami kenaikan +81,9% dari harga terendah selama sepekan $0,406 ke harga $0,739. Sebelumnya CRV mengalami penurunan -24,7% akibat ulah whales dengan nama domain Ethereum ponzishorter.eth meminjam sejumlah besar CRV melalui protokol lending Aave.

CRV ini kemudian dijual ke market dan di waktu bersamaan, whales ini memasang posisi futures SHORT pada CRV untuk memperoleh keuntungan. Detail transaksi terlacak oleh akun twitter @lookonchain.

Setelah penurunan ini, terdapat berita baik dari CRV yakni proposal stablecoin pada protokol CurveDAO yakni crvUSD. Hal ini kemungkinan besar mendorong harga CRV naik.

Gambar: Grafik harga CRV

Per 25 November 2022 pukul 15.00 WIB, CRV diperdagangkan pada harga $0,686.

Altcoin lain yang mendapatkan apresiasi harga yang signifikan adalah Chainlink (LINK). LINK mengalami kenaikan +25,9% dari harga terendah dalam sepekan $5,54 ke $6,97.

Gambar: Grafik harga LINK

Chainlink mengumumkan Chainlink Staking v0.1 sudah diluncurkan dengan pool staking awal 25 juta LINK. Setelah pengumuman ini LINK mengalami kenaikan harga hingga harga $6,97.


Itu dia analisis harga Bitcoin dan Altcoin pasca Thanksgiving, artikel ini hanya berupa infomasi soal analisis harga namun bukan acuan atau ajakan untuk melakukan trading. Semua keputusan trading ada di tangan investor yang telah mengetahui risiko dan keuntungannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.