Analis Prediksi Harga Cardano Bisa $15 dalam Jangka Panjang!

Nabiila Putri Caesari

7th October, 2022

Meski di bear market, para ahli crypto percaya diri terhadap harga Cardano (ADA) akan bullish.

Analis crypto, Dan Gambardello melalui akun Youtubenya memprediksi harga Cardano (ADA) bisa menuju ke $15 dengan kenaikan hingga 3000%, Jumat (07/10/22).

Gambardello optimis ADA akan naik pada saat kondisi bull market selanjutnya diikuti dengan fase akhir dari roadmap-nya yang telah selesai serta ekosistem DEX yang semakin matang.

Menurutnya, ADA sempat diperdagangkan pada kisaran $0,12 pada Juli 2020 lalu, saat kondisi pasar sedang bearish. Kemudian pada Agustus 2021, Cardano mengalami kenaikan yang signifikan hingga mencapai 2.300% dengan mendapatkan harga $3.

Dari gambaran harga sebelumnya, dapat dilihat bahwa ADA mampu menguat dalam kurun waktu yang singkat. Meskipun Total Value Locked (TVL) ADA mengalami penurunan hingga $76 juta selama 8 bulan terakhir, berdasarkan data DeFiLlama.

Hal ini menempatkan posisi Cardano di kedua puluh tujuh, di belakang Algorand (ALGO), Avalanche (AVAX), dan Polygon (MATIC) berdasarkan total value terkunci. Sementara pasar terbesar kedua, yakni Ethereum masih memimpin aset $32 miliar.

Prediksi Analisis Lainnya

Namun analis Peter Brandt berpendapat harga ADA akan turun ke level di bawah $0,30 pada akhir tahun 2022. Karena pada Mei 2022 lalu ada pergerakan pola grafik segitiga menurun, melansir dari Beincrypto.

Sementara itu, harga ADA pada awal 2022 menunjukkan pergerakan bearish yang mengarah ke hard fork Vasil. Setelah Total Value Lock dalam aplikasi DeFi naik 6%.

Kesimpulan dari kedua ahli analis crypto ini bahwa dalam jangka waktu pendek, potensi pada pergerakan ADA akan bearish. Sedangkan pada jangka panjang, kemungkinan kenaikan harga Cardano yang substansial bisa mencapai $15.

Baca juga: Apa itu Cardano? Panduan untuk Pemula

Analisis Harga ADA Cardano

ADA/USD telah membentuk pola segitiga menurun, dengan dukungan memanjang di dekat $0,4181. Karena descending triangle lebih mungkin untuk menembus di sisi bawah, level $0,4181.

Penembusan di bawah level ini dapat mengakibatkan tekanan ke bawah, menyebabkan harga ADA jatuh ke level support langsung di $0,3678. Jika koin ADA/USD tetap di atas $0,4180, level support triple bottom dapat naik lebih jauh menuju $0,4850.

Grafik Harga Harian Cardano. Sumber: Tradingview

Garis tren turun di $0,4850 pada jangka waktu harian dapat menghalangi pergerakan naik Cardano. Di sisi lain, peningkatan permintaan untuk Cardano dapat menembus level ini dan memperpanjang tren naik hingga $0,5275 atau $0,5835.

Indikator teknis utama seperti RSI dan MACD tetap di bawah 50 dan 0, masing-masing menunjukkan tren bearish di Cardano. Sebaliknya, rata-rata pergerakan 50 hari kemungkinan akan menjaga harga ADA di bawah $0,4660.

Pasangan ADA/USD berpotensi untuk bergerak 40% di atas $0,4180 jika menembus level $0,4660. Di sisi lain, penembusan $0,5275 dan $0,5835 dapat meningkatkan peluang kenaikan 100% ke atas.

Pada saat penulisan, aset crypto ini berada di peringkat ke-8 berdasarkan kapitalisasi pasar. ADA per 18.35 WIB diperdagangkan senilai $.0.4274 menurut data CoinMarketCap.

*Disclaimer 

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Semua keputusan investasi ada di tangan individu dengan mengetahui risiko yang ada.

Baca Juga : Cardano vs. Ethereum, Mana yang Lebih Bagus?

Nabiila Putri Caesari

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.

Seorang perempuan yang gemar menulis sekaligus bercerita. Memiliki ketertarikan terhadap dunia ekonomi, travel, dan fotografi. Selalu antusias dan senang belajar dengan hal baru.