Berita Altcoins · 6 min read

Amankah Beli ETH Menjelang The Merge?

Amankah Beli ETH Menjelang The Merge

The Merge Ethereum akan segera terjadi pada 15 September, dengan peristiwa yang semakin dekat ini, banyak investor yang berpikir apakah membeli ETH saat ini masih aman atau tidak?

Mencoba menjawab pertanyaan tersebut, Coinvestasi melakukan analisis seputar apakah aman membeli ETH saat ini?

Exchange Liquidations.

Jika mengacu pada data Coinglass terlihat ada peningkatan trader yang membuka posisi untuk long atau membeli dengan 71.44% posisi mengalami likuidasi. Jika melihat harga tersebut bisa disimpulkan bahwa harga ETH jelang The Merge ini justru mengalami penurunan.

ETH Future Open Interest.

Data selanjutnya diambil dari Glassnode yang menunjukan jika trader yang membuka posisi dalam tiga hari terakhir alami penurunan, hal ini umumnya bisa diartikan jika ETH sedang mengalami volatilitas tinggi sehingga trader ragu untuk membuka posisi.

Meski terjadi penurunan, investor dan trader juga memanfaatkan momen The Merge untuk melakukan pembelian, karena beranggapan harga ETH akan naik setelah proses ini selesai.

Menurut Marouen Zelleg, Strategic Sales Director Consensys harga ETH berpotensi naik, namun hal itu harus dibersamai dengan peningkatan dan kegunaannya.

“ Banyak diskusi seputar The Merge yang bisa memengaruhi harga atau tidak, dan mayoritas setuju kalau akan ada pengaruhnya, tetapi yang perlu kita lihat lebih luas adalah bagaimana The Merge ini bisa memberikan peluang untuk bisnis baru dan kegunaan yang lebih beragam, dari manfaat ini nantinya bisa mendorong harga untuk naik” imbuhnya.

Baca juga: Prediksi Harga Ethereum Setelah The Merge 

Apakah Tepat Beli ETH Saat Ini?

Dalam kasus seperti itu sulit untuk diprediksi apakah membeli ETH adalah pilihan yang terbaik, sebab banyak variable yang tidak diketahui untuk memprediksi apa yang akan terjadi pada harga  ETH.

Amankah Beli ETH Menjelang The Merge?
MVRV Z-Score Ethereum

Tapi jika mengacu pada model MVRV Z-Score terlihat bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli. Hal ini disebabkan MVRV Z-Score memberikan dua zona dimana jika indikator model berada di zona hijau maka harga akan murah dan umumnya akan naik.

Sebaliknya saat berada di zona merah maka kemungkinan akan terjadi koreksi signifikan karena harga sudah naik terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa indikator ini memberi pandangan jangka waktu yang panjang hingga beberapa bulan ke depan.

Bercermin pada pergerakan sebelumnya, kemungkinan besar ETH butuh waktu sekitar satu hingga tiga tahun untuk naik mendekati zona merah.

Ditambah dengan adanya penguncian ETH dari validator setelah The Merge sekitar enam bulan hingga satu tahun, dalam jangka panjang ini adalah waktu yang tepat untuk beli.

Baca juga: Prediksi Harga Ethereum Setelah The Merge 

*Disclaimer

Artikel ini didasarkan pada analisis penulis dan bukan merupakan saran atau ajakan untuk investasi dan trading. Setiap keputusan investasi berada di tangan pembaca dengan mengetahui risiko yang ada.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.