Siaran Pers · 6 min read

7 Alasan Developer Harus Bangun Proyek di Cudos

Developer Cudos

Mengutip data dari Electric Capital, pertumbuhan developer Web3 telah mengalami kenaikan signifikan, menurut data tersebut terdapat lebih dari 18.000 developer aktif bulanan yang melakukan coding dalam crypto open source dan proyek Web3.

Di mana ada lebih dari 65% developer aktif di Web3 yang bergabung pada 2021, 34.000+ pengembang baru membuat kode pada tahun 2021 yang merupakan angka tertinggi dalam sejarah, lebih dari 20% pengembang Web3 baru bergabung dengan ekosistem Ethereum. 

Dua bahasa pemrograman Solidity dan Rust pun mendapatkan adopsi yang cepat, untuk beberapa konteks Solidity digunakan untuk kode pada Ethereum dan Rust digunakan untuk rantai lain seperti Solana, Polkadot, dan Cosmos.

Dari keduanya, Solidity adalah bahasa yang paling populer, kemungkinan karena Ethereum memiliki ekosistem kontrak pintar terbesar. Meskipun demikian, Rust adalah pesaing kuat yang tampaknya menarik banyak modal, seperti yang digambarkan pada grafik di bawah ini. 

Bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman yang sering digunakan

Jika kamu merupakan developer  yang menggunakan Rust, kamu dapat menulis kontrak pintar yang dapat diunggah ke rantai berbasis Cosmos SDK dan itu termasuk modul CosmWasm.

Salah satu proyek yang bisa dieksplorasi dengan Rust adalah Cudos yang juga memanfaatkan kontrak pintar CosmWasm dan kemudian EVM melalui Ethermint. 

Ada lima alasan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai developer untuk membangun di Cudos. Berikut ini alasannya. 

Interoperabilitas

Komposabilitas adalah inti dari Cosmos. Jaringan dibangun menggunakan Tendermint Core dan didukung oleh Cosmos SDK, memungkinkan kompatibilitas lintas-rantai yang mudah dengan banyak blockchain lainnya.

Saat Cosmos tumbuh menjadi salah satu jaringan terbesar di Web3, Cudos berada di posisi yang tepat untuk menghadapi gelombang adopsi massal.

IBC

Cudos telah menerima dukungan lintas rantai sejak awal. Sebagai bagian dari ekosistem Cosmos, jaringan Cudos dapat memanfaatkan protokol Inter-Blockchain Computation (IBC).

Protokol ini bertindak sebagai standar untuk interoperabilitas antara semua rantai yang didukung oleh Cosmos SDK. Ini memungkinkan transfer aset yang cepat dan efisien ke rantai yang didukung Cosmos dan memungkinkan pembangunan aplikasi lintas-rantai.

Gravity Bridge

Jaringan Cudos juga mendukung transfer ke dan dari Ethereum menggunakan Gravity Bridge. Karena Ethereum menjadi blockchain kontrak pintar lapisan 1 terbesar, sangat penting untuk memiliki integrasi dengannya.

Gravity Bridge memastikan bahwa aset dari rantai Ethereum dapat ditransfer ke Cosmos Hub. Dari sana, aset ini dapat tersebar di seluruh rantai Cosmos, termasuk Cudos.

Ekosistem yang berkembang

Jaringan Cudos akan diintegrasikan dengan Algorand oleh Glitter Finance, sebuah perusahaan riset blockchain, sebagai bagian dari strategi multi-rantai mereka untuk layanan lintas-rantai.

Glitter Finance akan membangun jembatan antara Cudos dan Algorand untuk meningkatkan interoperabilitas di ruang blockchain DeFi. Integrasi ini akan memungkinkan pengguna di Glitter Finance untuk mentransfer mata uang digital mereka dari Algorand ke blockchain Cudos.

“Jembatan silang antara jaringan Cudos dan Algorand akan memungkinkan kompatibilitas penuh antara blockchain dan akan menambah keragaman yang lebih besar pada penawaran DeFi. Integrasi jembatan Algorand pada Q1 2022 akan diikuti dengan menjembatani Cudos ke jaringan Polygon, Solana, dan Terra,” kata Pete Hill, Vice President of Sales di Cudos

Ekosistem Cudos
Ekosistem Cudos

Alat pengembang yang fleksibel

Sejumlah besar dApps akan dibangun dan didukung oleh Cudos. Jaringan berkomitmen untuk memfasilitasi pengembang dengan menyediakan alat yang mudah digunakan dan repositori dokumen yang dapat diakses. Informasi lebih lanjut tentang kontrak pintar dapat ditemukan di sini, dan detail tentang peluncuran CosmWasm di sini.

Komunitas Kuat

Kehadiran Cudos di media sosial disambut dengan cukup hangat oleh komunitas, Cudos telah memiliki lebih dari 40.000 pengikut di Twitter, 12.000 anggota telegram, dan jaringan  Cudos sudah aktif dengan 100k+ pengguna, di 145 negara, dengan 30k+ node aktif secara global.

Di dalam ekosistem Cosmos, beberapa blockchain yang sangat sukses menarik banyak pengguna, seperti Terra, Crypto.Com, Osmosis, dan Secret Network. 

Utilitas token

Cudos telah bekerja dengan ekonom token terkemuka untuk membuat token utilitas yang menggerakkan jaringan dan mentransfer sebagian dari nilai yang dihasilkan ke semua peserta.

Di dalam jaringan dan ekosistem yang lebih luas, token memiliki banyak fungsi. Ini termasuk:

  • Staking untuk menjadi validator
  • Delegated staking 
  • media pertukaran sebagai pondasi jaringan Cudos

Dipelopori oleh Cudos, proyek mereka menyatukan kekuatan cloud dan blockchain untuk menciptakan solusi komputasi terdistribusi terdesentralisasi yang berpotensi membantu dunia mengurangi energi komputasi yang terbuang.

Sebagai Developer, kamu dapat menjadi bagian dari tujuan tersebut dan berkontribusi untuk jaringan dinamis yang akan terus berkembang. 

Baca juga: Cudos, Proyek yang Memudahkan Proses Mining 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.