Berita Industri · 6 min read

Ketahuan Ingin Loloskan Diri, Akses Elektronik Sam Bankman-Fried Dibatasi!

Pengacara Damian Williams, yang bertindak sebagai prosekutor kasus FTX, meminta pengadilan untuk memperluas batasan penggunaan perangkat elektronik terdakwa Sam Bankman-Fried.

Damian menyampaikan usulan tersebut melalui surat yang ia kirimkan kepada Hakim New York Lewis Kaplan pada Rabu (15/2). Dalam surat tersebut, Damian menjelaskan bahwa Sam Bankman-Fried telah melakukan upaya meloloskan diri.

Caranya, Sam Bankman-Fried melakukan percobaan kode enkripsi yang memungkinkannya merubah kondisi jaminan terkait kasus FTX. Ia juga dipergoki telah menghubungi saksi potensial berkaitan dengan kasus yang sama. Percobaan tersebut telah dilakukan sebanyak 2 kali dalam kurun waktu 1 bulan.

Baca Juga: Sam Bankman Fried Bebas dengan Jaminan Rp3,9 Triliun

Daftar Larangan Akses Elektronik Sam Bankman-Fried

Sam Bankman-Fried diduga telah melakukan percobaan enkripsi yang memungkinkan untuk merubah kondisi jaminannya sebanyak 2 kali dalam kurun waktu 1 bulan.

Sebagai sosok yang dianggap memiliki kemampuan teknologi tingkat lanjut, menurut Damian, perilakunya menunjukkan bahwa kondisi yang ada menyisakan ruang untuk melakukan penyangkalan. Pembatasan bertujuan mencegah perilaku yang tidak pantas, termasuk menghubungi saksi dan mengakses aset mata uang kripto.

Adapun, berikut substansi usulan Damian terhadap pembatasan akses elektronik dan internet pada Sam Bankman-Fried:

  • Melarang terdakwa menggunakan ponsel, tablet, komputer, dan internet kecuali untuk penggunaan terbatas dan tunduk pada ketentuan yang ditetapkan di bawah ini;
  • Melarang penggunaan semua aplikasi panggilan dan pesan ponsel dan komputer lainnya;
  • Meminta pemasangan program pemantau perangkat pada ponsel dan komputer terdakwa; dan
  • Mensyaratkan pen register pada nomor ponsel tergugat dan akun Gmail.

Dilarang Gunakan VPN

Sam juga telah dilarang menggunakan VPN pada Selasa (14/2), setelah Department of Justice (DOJ) menemukan ia telah menggunakan VPN pada dua kesempatan berbeda untuk menonton liputan olahraga. Larangan ini dibahas lebih lanjut selama sidang hari ini (16/2).

Komunitas kripto telah jengkel dengan kondisi awal jaminan Bankman-Fried, yang mengharuskannya mengenakan gelang kaki tetapi memberinya akses komputer dan internet penuh dari rumah mewah orang tuanya di California yang cerah.

Tidak Bisa Mainkan League of Legends

Dengan pembatasan tersebut, Bankman-Fried, terancam tidak dapat memainkan permainan online kesukaannya lagi yaitu, League of Legends.

Bankman-Fried dikenal sebagai gamer yang raji dan dilaporkan bermain video game online seperti League of Legends selama putaran penggalangan dana di FTX.

Bankman-Fried juga bercerita dalam wawancara dengan New York Times (13/11/22), ia suka bermain game, itu membantunya merasa sedikit bersantai dan menjernihkan pikirannya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.