Survei Membuktikan! 80% Investor Institusi Optimis dengan Crypto

Anisa Giovanny

28th April, 2022

Terlepas dari turunnya kapitalisasi pasar kripto baru-baru ini, investor institusi nyatanya masih menaruh kepercayaaan terhadap crypto.

Menurut survei yang dilakukan oleh pertukaran cryptocurrency global Bitstamp, 80% investor institusional percaya bahwa bitcoin pada akhirnya akan menggantikan instrumen investasi tradisional seperti saham.

Baca juga: Simpan Bitcoin dan 5 Saham Ini Selama 4 Tahun, Ternyata Segini Untungnya!

Selain itu, 70% investor institusi menilai cryptocurrency sebagai investasi yang dapat dipercaya, dengan 68% secara aktif merekomendasikannya dalam skema investasi.

Survei mengumpulkan data dari 28.563 responden di 23 negara di Asia-Pasifik, Afrika, Amerika Latin, Amerika Utara, Eropa, dan Timur Tengah ini juga menunjukkan bahwa sekitar 80% investor institusional memiliki sikap yang baik mengenai cryptocurrency sebagai kelas aset.

“Selama beberapa tahun terakhir, cryptocurrency telah meningkat dari pinggiran ekosistem keuangan ke latar depan investasi arus utama, dengan banyak platform perdagangan utama dunia sekarang melayani permintaan ritel dan institusional,” kata Julian Sawyer, CEO Bitstamp:

Sawyer juga mengatakan bahwa minat di pasar mata uang digital telah meningkat secara signifikan di semenjak pandemi dan sesudahnya.

Bitcoin dan aset crypto lain pun kini mulai masuk ke diskusi global dan memiliki aturan yang makin jelas bagi berbagai negara.

Misalnya, El Salvador yang sudah menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran sah, AS yang mulai gencar merencanakan regulasi crypto, dan lain sebagainya.

Baca juga: El Salvador Beli 200 Bitcoin Pertama! Harga BTC Diprediksi Naik

Triliunan Dolar dari Institusi Mengalir ke Crypto

Awal bulan ini, pengusaha Kanada, pengusaha, dan bintang Shark Tank Kevin O’Leary memproyeksikan bahwa investor institusional akan menuangkan triliunan dolar ke dalam cryptocurrency.

Seorang di Skybridge Capital sebuah perusahaan manajemen aset juga mengatakan ia sangat optimis tentang cryptocurrency.

Ark Invest Cathie Wood memperkirakan bahwa harga Bitcoin dapat melampaui $1 juta pada tahun 2030 dengan kapitalisasi pasar Ethereum melebihi $20 triliun.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin 2022, Bisa $100.000?

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency