5 Crypto untuk Diperhatikan Pekan Ini: KSM, PDEX, STX, ADA, BAT

Naufal Muhammad

6th September, 2021

Pekan ini pasar crypto nampaknya dimulai dengan pergerakan positif bersama Bitcoin yang mulai naik secara dan tidak adanya kabar negatif signifikan.

Walaupun bergerak positif, beberapa hari terakhir mayoritas crypto telah memperlihatkan pergerakan naik, sehingga koreksi masih menjadi kemungkinan.

Tapi hingga saat ini pasar masih terlihat bergerak positif, sehingga dapat mendorong beberapa crypto untuk naik bersama kabar positif.

Dalam artikel ini akan diberikan analisis mengenai lima crypto yang berpotensi bergerak naik bersama kabar positif.

Kusama (KSM)

Pertama adalah Kusama yang merupakan salah satu crypto bagian utama dari ekosistem Polkadot (DOT).

Dikabarkan bahwa pekan ini, potensi sentimen positif yang akan datang pada KSM adalah resminya KSM terdaftar pada bursa WhiteBit.

Tercatat bahwa KSM akan resmi diperdagangkan pada bursa WhiteBit pada hari ini, 6 September 2021.

Dengan terdaftarnya KSM di bursa WhiteBit, kemudahan untuk membeli KSM menjadi lebih tinggi, sehingga dapat mendorong harga naik.

Namun tidak menutupi kemungkinan bahwa tekanan jual akan datang karena kemudahan perdagangan.

Secara keseluruhan volume transaksi dapat naik, yang menjadi sentimen positif pada umumnya untuk suatu crypto.

Selain itu, saat ini KSM juga sedang menjalani lelang bersama Polkadot untuk tempat membangun  proyek pada Parachain.

Sejauh ini sudah ada 16 proyek yang bersaing untuk mendapatkan tempat pada Parachain dan tidak menutup kemungkinan akan terus bertambah.

Lelang ini akan terus berjalan hingga 8 September 2021, sehingga dapat menjadi sentimen positif untuk KSM.

Dari sisi teknikal, saat ini KSM sedang bergerak koreksi setelah mengalami apresiasi yang signifikan namun masih memiliki ruang untuk naik.

Grafik Harian KSMUSD

Selama batas bawah pada $387 hingga $365 masih dapat terjaga, kemungkinan besar KSM dapat naik hingga $453 jika berhasil melewati $422.

Polkadex (PDEX)

Berikutnya adalah PDEX yang merupakan sebuah bursa terdesentralisasi yang memiliki beberapa fitur bursa tersentralisasi sehingga membuatnya lengkap.

Sentimen positif yang kemungkinan akan datang pada pekan ini adalah pembagian Non Fungible Token (NFT) gratis dan juga lelang NFT.

Kabar ini dapat membuat ketertarikan meningkat terhadap PDEX melihat ia yang menjadi wadah untuk pembagian dan lelang ini.

Kemungkinan besar juga dengan besarnya fenomena NFT saat ini, PDEX akan mengalami dorongan beli akibat akan dianggap terikat dengan NFT.

Pembagian ini akan berakhir pada hari ini, 6 September 2021, namun lelangnya masih akan terus berjalan sehingga berpotensi menjadi sentimen positif.

Dari sisi teknikal, saat ini PDEX sedang terlihat bergerak naik setelah mengalami koreksi yang cukup signifikan.

Grafik Harian PDEXUSD

Kemungkinan besar PDEX akan mengalami apresiasi jika berhasil melewati $22.5 dan berhasil menjaga batas bawah pada $20.4.

Tujuan berikutnya kemungkinan berada pada $24.4 hingga $27, yang jika dilewati dapat membawanya menuju $29.5 hingga $32.

Stacks (STX)

Ketiga adalah Stacks yang kemungkinan akan memiliki dua sentimen positif akibat adanya acara dua hari untuk memperkenalkan ekosistemnya.

Acara tersebut adalah Demo Day yang akan berjalan pada 9 September 2021 hingga 10 September 2021.

Pada 9 September 2021, dikabarkan bahwa acara tersebut akan membahas mengenai ekosistem Decentralized Finance (DeFi) dan Financial Technology (Fintech).

Pada 10 September 2021, dikabarkan bahwa acara tersebut akan membahas mengenai ekosistem Non Fungible Token (NFT) dan Web 3.0.

Kemungkinan besar dalam acara tersebut akan terdapat beberapa informasi baru terutama untuk ekosistem Stacks.

Sehingga ada kemungkinan bahwa acara tersebut dapat memberikan sentimen positif untuk harga STX dalam jangka panjang.

Dari sisi teknikal, saat ini STX sedang terlihat bergerak naik dan kemungkinan dapat terus naik setelah koreksi kecil.

Grafik Harian STXUSD

Untuk saat ini, selama koreksi masih terjaga hingga $1.59 kemungkinan besar STX dapat naik hingga $1.86.

Tujuan berikutnya jika terus naik terlihat berada pada $2.24 sebelum dapat terus naik hingga menuju $2.53.

Cardano (ADA)

Keempat adalah Cardano yang pada 12 September 2021 atau akhir pekan ini akan mengalami pembaruan jaringan bernama Alonzo Hard Fork.

Saat ini banyak perdebatan di sekitar Cardano melihat peluncuran pembaruan ini memiliki beberapa masalah.

Perdebatan ini muncul setelah adanya serangan dari beberapa pihak di komunitas Ethereum yang merendahkan kemampuan Cardano.

Namun semua pernyataan tersebut telah ditanggapi oleh Charles Hoskinson, pendiri dari Cardano, dan sekaligus menenangkan investor.

Untuk saat ini permasalahan yang dikhawatirkan adalah permasalahan keamanan dan juga kecepatan kelancaran transaksi.

Tapi kepastian baru akan didapatkan setelah peluncuran Hard Fork di 12 September, sehingga saat ini pernyataan negatif masih bersifat FUD.

Selain itu, saat ini Cardano baru saja mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan acara di Jakarta yang akan memberi pemahaman mengenai blokchainnya lebih dalam.

Sehingga melihat publikasi yang masih terus berjalan, kemungkinan besar hingga saat ini ADA masih terus positif terhadap pertumbuhannya.

Dari sisi teknikal, saat ini ADA masih terus berusaha untuk menembus $3 dan masih terlihat terhalang untuk naik lebih tinggi.

Grafik Harian ADAUSD

Kemungkinan besar jika batas bawah pada $2.7 masih terus terjaga, ADA dapat terus naik menuju $4.7 hingga $5 yang berada pada titik 161,8% Fibonacci Extension.

Jika turun, batas bawah berikutnya terlihat pada $2.4 hingga $2.17 yang masih dapat memberi pergerakan positif karena masih dalam batas koreksi wajar.

Basic Attention Token (BAT)

Terakhir adalah BAT, token resmi dari Brave Browser yang dikabarkan akan memiliki beberapa sentimen positif pekan ini.

Terdapat dua sentimen positif yang akan datang kemungkinan dari hasil publikasi BAT karena pada 7 September 2021 dan 9 September 2021 akan ada dua acara.

Acara pertama adalah sesi diskusi komunitas bernama Community Call, dimana sesi ini akan memberi kabar terbaru mengenai BAT.

Acara berikutnya adalah sesi AMA atau Ask Me Anything yang akan digelar bersama salah satu perusahaan crypto terbesar di dunia yaitu Gemini.

Kedua acara tersebut kemungkinan dapat meningkatkan pengetahuan pasar terhadap BAT sehingga dapat membawa sentimen positif.

Hal ini disebabkan, semakin banyaknya informasi positif, kemungkinan besar akan meningkat kemauan investor untuk membeli BAT.

Dari sisi teknikal, saat ini BAT sedang bergerak naik dan kemungkinan dapat terus naik bersama sentimen positif tersebut.

Grafik Harian BATUSD

Jika batas bawah pada $0.9 masih dapat terjaga, kemungkinan besar BAT akan kembali naik menuju $1.3 jika berhasil melewati batas atas saat ini di $1.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.