5 Crypto Potensial Setelah Market Dump

Naufal Muhammad

19th April, 2021

Pasar crypto baru saja mengalami tekanan jual yang signifikan dalam satu hari terakhir akibat tekanan jual dari Bitcoin.

Kemarin, mayoritas crypto berkapitalisasi besar mengalami penurunan yang cukup signifikan mengikuti pergerakan Bitcoin yang jatuh sekitar 15% dalam satu hari.

Namun nampaknya mayoritas pasar mulai mengalami pemulihan bersama Bitcoin yang mulai naik kembali pada pembukaan perdagangan hari ini.

5 Crypto Potensial Setelah Market Dump

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan diberikan analisis mengenai lima crypto yang memiliki potensi untuk naik cukup signifikan pada pekan ini.

1. Binance Coin (BNB)

Crypto pertama adalah BNB yang kemarin jatuh sekitar 22% dalam satu hari akibat tekanan jual di mayoritas pasar crypto.

Namun, hari ini nampaknya pemulihan mulai terlihat kembali bersama BNB yang masuk kembali ke zona apresiasi sebelumnya dan membentuk bear trap.

Baca juga: Token Burn Semakin Dekat, BNB Terbang ke Harga Tertinggi Baru!

Saat ini BNB juga masih dalam keadaan positif akibat baru saja mengalami Token Burn dimana Binance menghilangkan sebagian BNB yang beredar.

Binance baru saja menghilangkan sekitar 1.099.888 BNB yang bernilai hampir $600 Juta atau Rp8,7 Miliar yang menambahkan kelangkaan BNB.

Melihat kondisi permintaan dan kelangkaan yang meningkat, serta ekosistem Binance yang baik, ke depannya BNB diprediksi akan naik secara signifikan.

Dari sisi teknikal saat ini BNB juga diprediksi akan melanjutkan apresiasinya akibat telah mengalami koreksi dan kembali ke pergerakan apresiasinya sejak 27 Maret 2021.

Grafik Harian BNBUSD

Kemungkinan besar pada pekan ini BNB dapat mencapai $600 hingga $640 kembali jika semua berjalan dengan lancar dan tidak terdapat sentimen negatif kembali.

Dalam jangka panjang, kemungkinan besar BNB dapat mencapai sekitar $1.000 yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Namun apresiasi ini harus menjaga batas bawah pada $480 yang jika ditembus dapat membawa koreksi kembali dan menghilangkan potensi apresiasi.

2. Solana (SOL)

Crypto kedua yang terlihat kuat walau pasar mengalami koreksi adalah Solana, yang nampaknya memiliki banyak sentimen positif di sekitar ekosistemnya.

Saat mayoritas pasar crypto mengalami koreksi kemarin, SOL mengalami apresiasi sekitar 36% setelah mengalami koreksi dan tertutup positif.

Nampaknya dorongan positif terhadap Solana datang dari ketenarannya yang meningkat beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Blockchain Velas dan Solana, Dukung Ethereum Virtual Machine (EVM)

Setelah mengenalkan konsep Proof of History yang membuatnya lebih memiliki potensi skalabilitas tinggi, saat ini Solana telah resmi mengumumkan siapa yang mendukung proyek ini.

Salah satu pendukung terbesar adalah Alameda Research yang juga menjadi pendukung salah satu bursa terbesar di dunia, FTX.

Dengan semakin berkembang komunitasnya dan pergerakan harganya yang masih terlihat positif, Solana memiliki potensi untuk naik lebih tinggi pekan ini.

Dari sisi teknikal, Solana juga baru saja membentuk pergerakan bear trap dimana ia koreksi sebelum pasar koreksi dan naik sebelum pasar naik.

Grafik Harian SOLUSD

Saat ini jika batas atas pada $32 dilewati, Solana dapat mencapai $35 dengan target jangka panjang pada $48,5 yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Namun apresiasi tersebut harus menjaga batas pengaman pada $30 hingga $29 yang jika ditembus dapat memperkecil potensi apresiasi.

Kemungkinan koreksi akan terjadi terlebih dahulu sebelum mengalami apresiasi ke target tersebut pada pekan ini.

3. Vechain (VET)

Crypto ketiga adalah Vechain yang saat ini juga mengalami ketertarikan yang tinggi di media sosial akibat adopsinya di dunia nyata.

Melihat tujuan dari VET untuk mengayomi rantai pemasokan (supply chain) yang lebih efektif dengan blockchain, ketertarikan terhadapnya terus meningkat.

Hal ini juga terlihat akibat kegunaannya yang dianggap signifikan untuk dunia nyata dan bukan hanya untuk dunia digital.

Saat ini sudah terdapat beberapa perusahaan besar yang mengadopsi Vechain, mulai dari ranah kosmetik hingga ranah perangkat lunak.

Baca juga: VeChain Kerja Sama dengan Perusahaan Besar! Harganya Naik 45%

Sebab saat ini Vechain memiliki ketertarikan yang tinggi dan masih digolongkan sebagai harga yang “murah” harganya diprediksi dapat terus naik.

Dari sisi teknikal, nampaknya koreksi akan terjadi terlebih dahulu sebelum mengalami apresiasi lebih tinggi pada pekan ini.

Grafik Harian VETUSD

Kemungkinan koreksi akan menuju sekitar $0,23 hingga $0,17 sebelum dapat naik kembali menuju sekitar $0,27 hingga $0,30.

Batas bawah tersebut harus terjaga akibat jika ditembus dapat menghilangkan potensi apresiasi kembali pada pekan ini.

Dalam jangka panjang, kemungkinan besar target harga untuk VET berikutnya berada pada $0,50 yang berada di daerah 261,8% Fibonacci Extension.

4. Theta Network (THETA)

Crypto keempat yang berpotensi mengalami apresiasi pada pekan ini adalah THETA akibat sentimen positif yang terutama datang dari Theta Drop.

Theta Drop merupakan bursa Non Fungible Token (NFT) yang diluncurkan oleh THETA dan nampaknya mulai memiliki banyak partisipan di dalamnya.

Selain itu Theta juga telah resmi menjadi rekan kerja sama dalam acara World Poker Tournament (WPT) yang merupakan salah satu acara poker terbesar di dunia.

Oleh karena itu, nampaknya saat ini Theta Network memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terutama akibat adopsinya.

Sehingga kemungkinan sentimen positif di sekitarnya dapat mendorong harganya lebih tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Dari sisi teknikal, nampaknya apresiasi akan terjadi akibat batas bawah yang masih terjaga walau melewati koreksi yang terjadi kemarin.

Grafik Harian THETAUSD

Kemungkinan besar jika batas bawah pada $11 masih terus terjaga, apresiasi pada pekan ini dapat membawa THETA menuju $13 hingga $16.

Dalam jangka panjang target harga THETA berada pada sekitar $21,5 yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

5. Elrond Gold (EGLD)

Terakhir, crypto yang berpotensi mengalami apresiasi pada pekan ini adalah EGLD yang akan memiliki dorongan positif dari faktor internal.

Dorongan positif tersebut datang dari Beniamin Mincu, Pendiri dan CEO dari Elrond Network, yang menyatakan bahwa akan ada kabar positif pekan ini.

Nampaknya, developer dari EGLD, Sebastian Marian, telah membocorkan kabar tersebut melalui Twitter yang menyatakan bahwa aka nada beberapa hal baru.

Ia menyatakan pekan ini akan ada pembaruan seperti penambahan NFT dan token standard ESDT, dan pengembangan fitur transaksi antar blockchain.

Melihat kondisi jaringan yang semakin membaik dan adanya kabar tersebut, kemungkinan besar EGLD akan mengalami apresiasi pada pekan ini.

Grafik Harian EGLDUSD

Dari sisi teknikal, saat ini EGLD mulai terlihat bergerak naik dari batas bawah pergerakan koreksinya yang menjadi pertanda positif untuk potensi apresiasi.

Selama batas bawah di sekitar $190 pekanini EGLD dapat mencapai $213 hingga $238 jika batas atas pada $201 berhasil dilewati.

Dalam jangka panjang kemungkinan besar EGLD dapat mencapai $385 yang berada di daerah 161,8% Fibonacci Extension.

Perlu diingat kembali bahwa seluruh analisis dalam artikel ini adalah pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Kerugian serta keuntungan ditanggung oleh investor atau trader masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.