5 Crypto Potensial Pekan Ini: HBAR, SAND, ONE, SFUND, ETC

Naufal Muhammad

7th February, 2022

Pekan ini nampaknya mayoritas crypto sedang bergerak stagnan dengan potensi koreksi setelah pekan lalu mengalami apresiasi cukup signifikan.

Jika koreksi terjadi, kemungkinan besar koreksi tersebut hanya koreksi singkat sebelum bergerak naik lagi di pertengahan hingga akhir pekan ini.

Dalam kondisi ini terdapat lima crypto potensial untuk diperhatikan agar mendapatkan pandangan mengenai potensi keuntungan pekan ini.

Hedera (HBAR)

Pertama adalah HBAR yang memiliki kabar positif pada pekan ini yaitu pembaruan dalam ekosistem blockchainnya.

Dikabarkan bahwa pada pekan ini HBAR akan melakukan peluncuran terhadap versi terbaru smart contract pada jaringannya.

Smart contract versi terbaru ini dinamakan sebagai smart contract 2.0 yang akan diluncurkan pada 8 Februari 2022.

Peluncuran smart contracts ini juga menjadi peresmian pembaruan jaringan Hedera menuju lebih open source atau lebih terbuka untuk developer membangun proyek.

Baca juga: Demam Metaverse Dorong Harga HBAR 40% 

Smart contract versi terbaru ini juga akan cocok dengan blockchain Ethereum karena cocok dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) dan menggunakan bahasa pemrograman yang sama yaitu Solidity.

Pembaruan ini dapat menjadi sentimen positif akibat dapat membuat ekosistem HBAR semakin ramai dari sisi proyek.

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR kemungkinan dapat koreksi untuk menormalisasi apresiasinya dalam beberapa hari terakhir.

Grafik Harian HBARUSD

Kemungkinan besar koreksi akan menuju $0.22 dan jika kembali bergerak naik, HBAR dapat menuju $0.31 dalam beberapa hari ke depan.

The Sandbox Game (SAND)

Kedua adalah SAND yang akan melaksanakan penjualan tanah dan lelang tanah dalam jumlah terbatas pada 10 Februari 2022.

Terdapat lebih dari 550 tanah yang akan dijual pada 10 Februari 2022 dan 8 gedung atau perumahan yang akan dilelang dengan harga lebih tinggi.

Penjualan tanah ini dapat menjadi sentimen positif karena kembali menghidupkan proyek SAND selama beberapa hari terakhir tidak ada kabar baru.

Selain itu, kabar ini menjadi sentimen positif setelah SAND kembali menunda peluncuran permainannya untuk publik.

Kabar penjualan ini dapat meningkatkan ketertarikan terhadap SAND karena seluruh transaksi tersebut harus dilakukan dalam SAND.

Dari sisi teknikal saat ini SAND telah bergerak naik cukup signifikan namun terdapat potensi koreksi sebelum dapat naik kembali.

Grafik Harian SANDUSD

Kemungkinan besar SAND dapat koreksi menuju $4.1 hingga $3.6 dan jika kembali naik dari harga tersebut, pada pekan ini SAND dapat naik menuju $5.6 hingga $7.

Harmony (ONE)

Ketiga adalah Harmony yang dikabarkan akan meluncurkan salah satu kabar terbesar untuk blockchainnya pada pekan ini.

Pada 11 Februari 2022 dikabarkan bahwa Harmony akan meluncurkan jembatan dengan blockchain Bitcoin untuk mempermudah perpindahan token atau koin di kedua ekosistem.

Integrasi ini dapat membuat ekosistem Harmony semakin ramai karena dapat menerima token atau koin yang sudah masuk di ekosistem Bitcoin.

Peluncuran ini juga langkah awal dari beberapa integrasi lain yang akan dilakukan Harmony dengan blockchain-blockchain besar lainnya.

Akibat kabar tersebut, saat ini Harmony memiliki kondisi yang relatif positif, terutama juga mengingat efisiensinya yang tinggi.

Dari sisi teknikal, saat ini ONE sedang bergerak positif namun membuka ruang untuk koreksi sebelum lanjut naik.

Grafik Harian ONEUSD

Kemungkinan besar koreksi dapat terjadi hingga $0.187 dan jika setelah koreksi harga naik kembali, ONE dapat bergerak menuju $0.26 hingga $0.32 dalam beberapa hari ke depan.

Seedify.Fund (SFUND)

Keempat adalah Seedify.Fund proyek yang fokus menjadi launchpad atau tempat peluncuran token terkait proyek game blockchain.

Pengguna yang akan menggunakan Seedify.Fund diwajibkan untuk mengunci SFUND pada platform tersebut.

Sehingga pengguna wajib membeli dan mengunci SFUND yang dapat mengurangi tekanan jual terhadap token tersebut.

Penguncian ini dilakukan untuk berpartisipasi dalam peluncuran token terbaru yang umumnya mendapatkan ketertarikan tinggi.

Pada pekan ini, akan ada dua peluncuran token game blockchain yang akan diluncurkan di Seedify.Fund yaitu Plutonians dan Bullieverse.

Dikabarkan bahwa peluncuran kedua proyek ini akan dilaksanakan pada 8 Februari 2022 dan 11 Februari 2022.

Kabar ini dapat meningkatkan ketertarikan terhadap SFUND yang dapat meningkatkan harganya menuju peluncuran tersebut.

Dari sisi teknikal, saat ini SFUND sedang bergerak naik dan kemungkinan akan koreksi kecil sebelum lanjut naik.

Grafik Harian SFUNDUSD

Selama koreksi masih menjaga batas bawah pada $6.4 hingga $7.2 SFUND dapat kembali bergerak naik menuju $8.6 hingga $10 dalam beberapa hari ke depan.

Ethereum Classic (ETC)

Kelima adalah ETC yang akan meluncurkan pembaruan terhadap blockchainnya yaitu Hard Fork jaringan bernama Mystique.

Pembaruan ini akan dilaksanakan pada 13 Februari 2022 dan akan mengenalkan beberapa fitur baru untuk blockchain Ethereum Classic.

Hard Fork Mystique ini juga akan mengenalkan integrasi EIP 1559 yang digunakan Ethereum pada London Hard Fork.

Perbedaannya adalah Ethereum Classic tidak akan mengimplementasikan mekanisme burn, namun seluruh pembaruan untuk meningkatkan efisiensi dan kecepatan tetap dilakukan.

Kabar ini kemungkinan besar dapat menghidupkan kembali Ethereum Classic yang dianggap relatif redup sebelum Tahun 2021.

Baca juga: Beda Ethereum Classic (ETC) Dan Ethereum (ETH)

Setelah terus berkembang di Tahun 2021 dan sekarang mengimplementasikan pembaruan lagi, nampaknya developer Ethereum Classic akan terus aktif di 2022.

Kondisi ini dapat memberi kembali kepercayaan terhadap Blockchain Ethereum Classic yang masih memiliki ekosistem yang aktif.

Dari sisi teknikal, saat ini ETC sedang bergerak naik setelah keluar dari zona koreksinya beberapa pekan yang lalu.

Grafik Harian ETCUSD

Kemungkinan koreksi dapat terjadi, tapi selama batas bawah pada $27 hingga $25 masih terjaga, ETC masih dapat naik hingga $40 dalam beberapa hari ke depan.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Untuk Penjelasan Lebih Lengkap Bisa Cek Video di Bawah Ini.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.