5 Crypto Potensial Pekan Ini: EOS, BCH, BLZ, ONT, CHR

Naufal Muhammad

28th February, 2022

Pekan ini pasar crypto terlihat masih relatif positif bersama dengan kabar adanya kemungkinan negosiasi antara Rusia dan Ukraina untuk meredakan konflik.

Walau masih masih belum pasti, kabar tersebut dapat membawa mayoritas aset berisiko seperti crypto untuk naik. 

Dalam kemungkinan kondisi positif tersebut, terdapat lima crypto dengan kabar potensial yang dapat bergerak positif cukup signifikan. 

1. EOS (EOS) 

Pertama adalah EOS yang dikabarkan akan melakukan tahap pertama dari pembaruan jaringan blockchainnya.

Dikabarkan bahwa setelah lama tidak melakukan pembaruan blockchain, EOS akhirnya akan meluncurkan Mandel.

Mandel merupakan pembaruan dari blockchain EOS dalam bentuk Hard Fork yang membuat jaringannya keluar dari versi EOSIO secara menyeluruh.

Pada 28 Februari 2022 hingga 1 Maret 2022, dikabarkan bahwa EOS akan meluncurkan jaringan uji coba Mandel 3.0 ini. 

Mandel 3.0 akan membawa EOS sepenuhnya keluar dari versi EOSIO namun tetap membawa beberapa kelebihan lamanya. 

Pembaruan ini dikabarkan akan membuat efisiensi EOS meningkat dan membawanya lebih cepat dalam memproses transaksi. 

Dalam Mandel 3.0 ini, terdapat fitur baru yaitu Contract Pays yang akan diluncurkan pada 2 maret 2022. 

Fitur ini akan membawa kualitas smart contracts yang lebih tinggi dari sisi lebih besarnya data yang bisa disimpan dan privasi.

Kedua kabar ini dapat menjadi sentimen positif yang membawa harga EOS naik lebih tinggi jika pasar crypto kembali positif. 

Dari sisi teknikal saat ini EOS sedang berusaha naik dan keluar dari zona depresiasinya yang membuat adanya potensi apresiasi beberapa hari ke depan.

5 Crypto Potensial Pekan Ini: EOS, BCH, BLZ, ONT, CHR
Grafik Harian EOSUSD

Selama batas bawah pada $2.26 hingga $1.84 masih terjaga, kemungkinan besar EOS dapat naik menuju $2.5 hingga $3 dalam beberapa hari ke depan. 

2. Bitcoin Cash (BCH) 

Kedua adalah Bitcoin Cash yang akan mengalami acara diskusi mengenai potensi pembaruan jaringan yang akan terjadi pada Mei 2022. 

Dalam diskusi tersebut umumnya akan dibahas mengenai beberapa rencana yang akan dilakukan Bitcoin Cash untuk diadopsi lebih banyak pengguna. 

Diskusi ini akan terjadi pada 4 Maret 2022 dan topik utamanya adalah pembahasan pembaruan blockchain untuk Tahun 2022 tepatnya di Bulan Mei. 

Kemungkinan akan ada kejelasan mengenai pembaruan ini yaitu antara akan terjadi hard fork atau soft fork. 

Baca juga: Yuk Pahami Perbedaan Soft Fork dan Hard Fork!

Kejelasan tersebut akan membawa sentimen positif untuk Bitcoin Cash sehingga kemungkinan harganya akan naik menuju pembaruan pada Mei 2022 yang dibicarakan. 

Dari sisi teknikal, saat ini BCH juga sedang berusaha untuk keluar dari zona depresiasinya sehingga kemungkinan akan mulai naik jika pasar positif. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: EOS, BCH, BLZ, ONT, CHR
Grafik Harian BCHUSD

Selaa batas bawah pada $260 tidak ditembus, BCH dapat kembali naik menuju $400 dalam beberapa hari ke depan. 

3. Bluzelle (BLZ) 

Ketiga adalah Bluezelle yang merupakan sebuah proyek relatif baru dan sedang terkenal akibat keselarasannya dengan ekosistem Web 3.0, terutama perihal data. 

Bluzelle adalah sebuah blockchain yang bergerak dengan tujuan untuk mengakomodir penyimpanan dan pengambilan data yang mudah terkait dunia crypto. 

Selain itu jaringan Bluzelle dapat digunakan untuk para pencipta konten untuk menyimpan karyanya agar tidak mudah diduplikasi dan dapat diuangkan. 

Blockchain ini mengakomodir NFT dan Crypto serta ekosistem DeFi dengan mekanisme Blockchain Tendermint yang merupakan bagian dari generasi blockchain ketiga. 

Pada 28 Februari 2022, Bluzelle akan resmi meluncurkan jaringan utama blockchainnya yang memiliki nama versi Harrison. 

Peluncuran ini adalah bagian dari roadmap atau rencana Bluzelle di Tahun 2022 yang telah dinanti oleh para investor. 

Dengan peluncuran jaringan utama ini, Bluzelle juga akan meluncurkan Oracle yang fungsinya mirip seperti Chainlink namun di jaringannya sendiri. 

Beberapa kabar positif ini dapat mendorong harga Bluzelle dalam jangka panjang sehingga kemungkinan dapat menjadi perhatian pasar di pekan ini. 

Dari sisi teknikal, BLZ sedang berusaha keluar dari zona depresiasinya walaupun sedang bergerak relatif stagnan beberapa hari terakhir. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: EOS, BCH, BLZ, ONT, CHR
Grafik Harian BLZUSD

Selama batas bawah pada $0.13 hingga $0.15 masih terjaga, kemungkinan besar BLZ dapat kembali naik menuju $0.21 dalam beberapa hari ke depan. 

4. Ontology (ONT) 

Keempat adalah Ontology yang akan melakukan pembaruan terhadap jaringan utamanya pada 28 Februari 2022. 

Pembaruan ini bertujuan untuk memperluas kegunaan blockchain dan secara langsung menarik lebih banyak mitra perusahaan.

Mitra perusahaan yang dimaksud adalah yang ingin menggunakan Ontology sebagai jaringan utama dalam operasionalnya. 

Baca juga: Ontology dan NEO Kerjasama Bangun Platform Blockchain Lintas Rantai

Ontology dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan pembangunan aplikasi perusahaan mengingat salah satu jasa Ontology adalah Blockchain sebagai jasa (BaaS).

Sehingga pembaruan dapat meningkatkan pendapatan Ontology secara tidak langsung, dan membuat ketertarikannya meningkat. 

Dari sisi teknikal, saat ini ONT sedang bergerak stagnan setelah berhasil keluar dari zona depresiasinya beberapa pekan terakhir. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: EOS, BCH, BLZ, ONT, CHR
Grafik Harian ONTUSD

Selama batas bawah pada $0.47 hingga $0.40 masih tejaga, kemungkinan besar ONT dapat kembali naik menuju $0.7 hingga 40.8 dalam beberapa hari ke depan. 

5. Chromia (CHR)

Kelima adalah Chromia yang akan melaksanakan peluncuran terhadap uji coba salah satu proyek baru dalam ekosistemnya yaitu Chain of Alliance. 

Chain of Alliance adalah sebuah proyek berbasis metaverse dan role playing game (RPG) yang akan dibangun pada Blockchain Chromia. 

Dikabarkan bahwa peluncuran jaringan uji cobanya akan dilakukan pada 28 Februari 2022 setelah mereka berhasil menyelesaikan pembaruan. 

Pembaruan yang terakhir dilakukan adalah hasil dari pendanaan yang mereka dapatkan yaitu sebesar $2,4 Juta, yang merupakan sebuah pencapaian. 

Dengan kabar tersebut kemungkinan besar CHR akan mendapatkan sentimen positif, terutama dengan fenomena game blockchain dan metaverse yang terjadi saat ini. 

Dari sisi teknikal, saat ini CHR sedang bergerak turun namun masih tertahan dengan batas bawahnya yang kemungkinan menjadi pertanda baik. 

5 Crypto Potensial Pekan Ini: EOS, BCH, BLZ, ONT, CHR
Grafik Harian CHRUSD

Selama batas bawah pada $0.36 masih terjaga, kemungkinan besar CHR dapat kembali naik menuju $0.5 dalam beberapa hari ke depan. 

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.