5 Crypto Positif Pekan Ini: HBAR, STX, RVN, AVAX, XLM

Naufal Muhammad

10th January, 2022

Pekan ini pasar nampaknya masih terlihat mengalami volatilitas tinggi, namun terdapat harapan bahwa pemulihan akan terjadi.

Hal ini disebabkan koreksi terlihat sudah cukup jauh yang membuat adanya potensi pemulihan jika mengacu pada koreksi yang sebelum-sebelumnya telah terjadi.

Dalam potensi ini terdapat lima crypto dengan kabar positif yang berpotensi mendorong harganya untuk naik cukup signifikan pada pekan ini.

Hedera (HBAR)

Pertama adalah HBAR yang dikabarkan baru saja menjalankan kerja sama dengan Neuron Innovation terkait penyimpanan data pada blockchainnya.

Dikabarkan bahwa kerja sama ini adalah integrasi penyimpanan data terkait penggunaan drone dari sisi pencatatan perjalanan dan pelacakannya.

Kerja sama ini dikabarkan dilakukan dengan Pemerintah Inggris dari sisi kementerian pertahanan dan kegunaan Militer.

Hal ini juga disebabkan Hedera yang saat ini telah didukung oleh Pemerintah Inggris secara menyeluruh.

Kabar ini dapat menjadi sentimen positif untuk HBAR akibat adopsi Hedera yang terlihat berjalan dalam ranah yang lebih luas yaitu negara dan militer.

Langkah ini juga membuktikan awal dari fenomena Machine Finance melalui integrasi antara mesin yang direpresentasikan drone dalam kasus ini dan finance yaitu crypto.

Akibat kabar ini, ada kemungkinan bahwa pada pekan ini ketertarikan terhadap HBAR akan mulai meningkat kembali.

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR sedang berusaha untuk kembali bergerak naik setelah mengalami koreksi yang cukup signifikan beberapa hari yang lalu.

Grafik Harian HBARUSD

Kemungkinan besar HBAR akan bergerak naik hingga $0.34 dalam beberapa hari ke depan selama batas bawah pada $0.25 masih terus terjaga.

Stacks (STX)

Berikutnya adalah Stacks yang dikabarkan akan meluncurkan Launchpad pertama dalam jaringan blockchainnya.

Stacks memiliki salah satu proyek terbaru bernama ALEX yang merupakan sebuah proyek Decentralized Finance (DeFi) terkuat dalam ekosistemnya saat ini.

Proyek tersebut adalah proyek DeFi pertama yang ada dan terintegrasi dengan Blockchain Bitcoin melalui Stacks.

Dengan adanya launchpad ini, kemungkinan akan ada semakin banyak token baru pada ekosistem Stacks yang juga membuat ekosistem Bitcoin lebih ramai.

Launchpad ini dapat membuka potensi Blockchain Bitcoin akibat melalui Stacks, seluruh proyek ini transaksinya juga dapat bergerak di Blockchain Bitcoin.

Oleh karena itu, kemungkinan besar kabar ini dapat membuat ketertarikan terhadap STX meningkat, yang dapat meningkatkan harganya.

Dari sisi teknikal, saat ini STX sedang berusaha bergerak naik namun masih terhalang pergerakannya yang relatif belum kuat.

Grafik Harian STXUSD

Kemungkinan jika batas atas pada $2.1 dapat dilewati, STX dapat bergerak naik hingga $2.57 dalam beberapa hari ke depan, selama batas bawah pada $1.84 masih terjaga.

Ravencoin (RVN)

Ravencoin juga menjadi salah satu crypto dengan kabar potensial akibat pada 11 Januari 2022 blockchain ini akan melakukan halving.

Halving ini adalah halving pertama untuk RVN dan akan bersifat sama dengan halving blockchain lainnya, yaitu mengurangi imbalan penambang sebesar setengah.

Tujuannya adalah membuat jumlah RVN yang beredar semakin langka, sehingga jika permintaannya naik, maka kemungkinan harganya juga akan naik.

Kemungkinan besar dengan kabar ini maka RVN bisa bergerak naik dalam beberapa hari ke depan, namun masih ada potensi koreksi sebelum naik.

Dari sisi teknikal, saat ini RVN masih terjebak kembali dalam zona depresiasinya, namun sedang berusaha untuk keluar.

Grafik Harian RVNUSD

Jika berhasil menembus batas atas pada $0.1 maka RVN dapat kembali naik menuju $0.133 selama batas bawah pada $0.09 masih terjaga.

Avalanche (AVAX)

Selanjutnya adalah Avalanche yang sedang mengalami ketertarikan cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Hal ini juga disebabkan oleh ketertarikan dari Sektor DeFi Avalanche yang telah mengalami peningkatan secara signifikan.

Saat ini jumlah dana yang terkunci di Blockchain Avalanche telah mengalami peningkatan dan mengalahkan Solana.

Ekosistem DeFi Avalanche telah berada pada peringkat keempat di bawah Binance Smart Chain dengan jumlah dana terkunci sebesar $10,95 Miliar.

Kabar ini dapat menjadi sentimen positif akibat menandakan bahwa ketertarikan terhadap ekosistem DeFi AVAX terus meningkat.

Semakin meningkatnya ketertarikan terhadap ekosistem tersebut, maka semakin tinggi juga kegunaan AVAX dalam ekosistemnya.

Sehingga tingginya kegunaan tersebut menandakan ketertarikan yang cukup tinggi yang dapat membuat permintaannya naik.

Dari sisi teknikal, saat ini AVAX sedang berusaha untuk bergerak naik setelah mengalami koreksi yang cukup signifikan.

Grafik Harian AVAXUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $81.5 masih terjaga dan batas atas pada $91 dapat ditembus, AVAX dapat kembali naik menuju $112 dalam beberapa hari ke depan.

Stellar Lumen (XLM)

Terakhir adalah XLM yang akan mengadakan pembagian gratis terhadap salah satu token baru dalam ekosistemnya yaitu AQUA.

Dengan menyimpan XLM, terdapat kesempatan untuk mendapatkan token AQUA, salah satu token yang diprediksi memiliki potensi positif.

Mulainya pembagian gratis atau airdrop ini akan dilakukan pada 15 Januari 2021. Sehingga ada kemungkinan hingga tanggal tersebut, permintaan terhadap XLM dapat meningkat.

Selain itu, saat ini ekosistem NFT atau Non Fungible Token dari XLM juga terlihat mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Sehingga dengan beberapa kabar ini ada kemungkinan ketertarikan terhadap XLM akan meningkat walau masih tertekan akibat keterikatannya dengan XRP.

Dari sisi teknikal, saat ini XLM sedang berusaha untuk keluar kembali dari zona depresiasinya setelah beberapa hari yang lalu terlihat gagal.

Grafik Harian XLMUSD

Kemungkinan besar jika XLM dapat kembali naik menembus $0.277, harganya dapat terus naik kembali menuju $0.34 dalam beberapa hari ke depan.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.