5 Crypto Kapitalisasi Pasar Kecil dengan Berita Positif Pekan Ini

Naufal Muhammad

16th August, 2021

Pekan ini pasar masih berada dalam kondisi positif, terutama dengan Bitcoin yang terus mencetak pergerakan positif dalam empat minggu terakhir.

Pergerakan positif ini dapat memberikan dorongan positif untuk beberapa crypto yang masih belum naik secara signifikan.

Crypto-crypto ini umumnya memiliki kapitalisasi kecil dan masih bersiap naik akibat adanya potensi kabar positif.

Dalam artikel ini akan diberikan pandangan mengenai lima crypto dengan berita positif pada pekan ini yang berpotensi naik signifikan.

Mina Protocol (MINA)

Pertama adalah Mina Protocol yang merupakan salah satu crypto yang belum memiliki banyak dorongan akibat belum besarnya publikasi.

Walau begitu, MINA sendiri dikabarkan sebagai salah satu crypto potensial menurut mayoritas analis terutama analis di sektor Decentralized Finance (DeFi).

Hal ini disebabkan MINA diprediksi akan menjadi blockchain tercepat dan terefisien yang akan sangat mudah menampung proyek-proyek DeFi.

Kabar positif yang akan terjadi adalah terdaftarnya MINA di bursa XT yang merupakan bursa peringkat 34 di dunia saat ini.

Dikabarkan bahwa melantainya MINA akan terjadi pada 17 Agustus 2021 yang dapat mendorong harganya naik akibat dorongan beli.

Selain itu, MINA sendiri juga baru saja melantai di bursa Binance yang dikabarkan baru saja terjadi pada 11 Agustus 2021.

Dari sisi teknikal, saat ini MINA sedang berkonsolidasi karena baru saja melantai di bursa Binance. Namun di bursa lain, sejak akhir Juli harganya sedang bergerak naik.

Grafik Harian MINAUSDT

Saat ini kemungkinan besar untuk terus naik, MINA harus dapat melewati daerah $3.1 hingga $3.3 sebelum naik lebih tinggi.

Batas pengaman yang harus dijaga saat ini berada pada $2.9 hingga $2.8, jika berhasil dilewati, kemungkinan MINA dapat bergerak turun kembali.

Polkastarter (POLS)

Berikutnya adalah POLS yang pekan ini akan mengalami kabar positif yaitu adanya IDO atau Initial DeX Offering.

IDO merupakan sebuah peresmian atau publikasi dari mulai bergeraknya proyek atau token baru yang diluncurkan pada suatu platform likuiditas.

Proyek tersebut adalah Polytrade yang dikabarkan akan memiliki token sendiri bernama TRADE yang akan fokus pada sektor peminjaman dan pembiayaan.

Kabar ini dapat menjadi sentimen positif untuk POLS akibat akan meningkatkan transaksi pada jaringannya.

Dengan meningkatnya transaksi pada jaringan POLS kemungkinan besar kebutuhan akan POLS juga akan meningkat, sehingga dapat mendorong harganya naik.

Dikabarkan bahwa IDO tersebut akan terjadi pada 18 Agustus 2021 yang dapat mendorong permintaan naik terhadap POLS dan kemungkinan juga TRADE.

Dari sisi teknikal, saat ini POLS sedang bergerak berkonsolidasi dalam beberapa hari terakhir setelah berhasil naik cukup signifikan.

Grafik Harian POLSUSDT

Kemungkinan besar untuk naik lebih tinggi, POLS harus melewati batas atas pada $1.6 hingga $1.9 selama menjaga batas bawah pada $1.2 hingga $1.

Batas bawah terdekat saat ini berada pada $1.46 yang kemungkinan jika ditembus dapat membawa POLS turun ke batas bawah utama.

Hedera Hashgraph (HBAR)

Ketiga adalah HBAR yang dalam Bulan Agustus nampaknya sedang membenahi jaringannya untuk membuatnya lebih baik.

Akibat pembenahan tersebut, HBAR memiliki banyak sentimen positif di Bulan Agustus yang sebagian besar adalah pembaruan jaringan.

Saat ini dikabarkan akan terjadi pembaruan kembali namun masih dalam tahap uji coba yaitu peluncuran jaringan uji coba versi 0.17.1.

Peluncuran jaringan uji coba ini dikabarkan akan terjadi pada 19 Agustus 2021, yang dapat memberikan sentimen positif menuju tanggal tersebut.

Selain itu, saat ini HBAR juga sedang menarik banyak perhatian dari proyek-proyek crypto baru yang terlihat integrasi ke dalam jaringannya.

Hal ini disebabkan biaya transaksi pada HBAR yang terlihat terus menurun yang juga membuktikan sifat ramah lingkungan dari HBAR.

Dari sisi teknikal, saat ini HBAR sedang bergerak naik sejak Juli 2021 dan terlihat sedang berada di daerah batas atasnya.

Grafik Harian HBARUSD

Untuk naik lebih tinggi, kemungkinan besar HBAR harus melewati $0.275 sebelum dapat naik lebih tinggi, jika berhasil menjaga harga di atas $0.249.

Namun jika turun, kemungkinan besar HBAR akan turun menuju $0.21 hingga $018 yang jika ditembus dapat membawa pergerakan kembali turun.

Alpha Finance Labs (ALPHA)

Keempat adalah ALPHA yang merupakan salah satu proyek DeFi baru yang fokus untuk memberikan jembatan antara blockchain di dunia DeFi.

Saat ini proyek utamanya adalah Alpha Lending yaitu proyek yang bersifat untuk memberikan kemudahan pinjaman antar token yang berbeda blockchain.

Kabar positif yang kemungkinan akan terjadi pada pekan ini adalah peluncuran proyek barunya bernama Beta Finance.

Beta Finance merupakan platform yang bergerak di jaringan Alpha Finance Labs yang akan mempermudah pengguna untuk mencari keuntungan.

Beta Finance akan mempermudah proses staking, farming, hingga perdagangan arbitrase antara bursa tersentralisasi dan desentralisasi.

Kemungkinan kabar ini dapat mendorong ketertarikan terhadap ALPHA akibat mayoritas transaksi menggunakan ALPHA dan Beta Finance belum memiliki token sendiri.

Dari sisi teknikal, saat ini ALPHA sedang bergerak naik dan sedang berada di batas atas pergerakan utamanya saat ini.

Grafik Harian ALPHAUSDT

Kemungkinan besar selama $0.95 masih dapat terjaga, pada pekan ini ALPHA dapat naik hingga $1.12 akibat kabar ini.

Namun, jika bergerak turun, kemungkinan besar ALPHA akan kembali ke batas bawahnya pada $0.7 hingga $0.5.

Verge (XVG)

Terakhir adalah XVG yang dikabarkan akan mengalami Halving pada koinnya di sekitar 20 Agustus 2021.

Verge sendiri merupakan sebuah blockchain yang berfokus untuk menjadi platform pembayaran untuk pengguna yang ingin mengirimkan uang secara efisien.

Tidak hanya itu, XVG juga ingin menjadi blockchain yang melengkapi kekurangan dari Bitcoin dengan memberikan efisiensi transaksi yang lebih tinggi.

Dikabarkan bahwa XVG akan mengalami halving atau mengurangi jumlah imbalan untuk para penambang atau validator jaringan.

Halving ini akan membuat persediaan XVG yang beredar semakin langka, sehingga jika permintaannya naik, harganya kemungkinan akan naik.

Namun, saat ini terdapat beberapa peringatan bahwa tim XVG sedang dalam proses penarikan dana dari alokasi koin untuk proyek.

Hal tersebut dapat membuat koreksi kecil jika terjadi penjualan oleh tim atau oleh investor yang menganggapnya sebagai sentimen negatif.

Sehingga dari sisi teknikal, kemungkinan besar XVG akan mengalami koreksi kecil terlebih dahulu sebelum naik lebih tinggi bersama kabar ini.

Grafik Harian XVGUSDT

Kemungkinan besar koreksi akan terjadi hingga sekitar $0.033, dimana jika batas tersebut masih terjaga, XVG kemungkinan masih bisa naik lebih tinggi.

Untuk naik lebih tinggi XVG harus melewati batas atas pada $0.04. Namun jika turun, kemungkinan XVG akan koreksi menuju $0.027 hingga $0.022.

*Disclaimer
Analisis dalam artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.