5 Crypto dengan Kabar Positif Pekan Ini: CRO, STX, DOT, INJ, IRIS

Naufal Muhammad

8th November, 2021

Pekan ini nampaknya dimulai dengan kondisi positif yang terlihat dari apresiasi Bitcoin (BTC) sekitar 5% dari pembukaan perdagangan hari ini.

Kondisi ini dapat menjadi tanda positif untuk Altcoins bersama dengan kapitalisasi pasarnya yang juga terus meningkat, menandakan suntikan dana baru.

Walau terdapat potensi positif, pergerakan koreksi masih menjadi satu hal yang mungkin, terutama melihat pergerakan beberapa crypto yang sudah cukup tinggi.

Dalam kondisi ketidakpastian ini umumnya hanya kabar positif yang dapat mendorong harga crypto untuk naik.

Artikel ini akan memberikan lima analisis crypto yang memiliki kabar positif pada pekan ini sehingga dapat digunakan untuk analisis tambahan pribadi dalam mencari potensi keuntungan.

Crypto.com (CRO)

Pertama adalah CRO yang merupakan koin resmi dari Crypto.com. CRO dikabarkan akan memiliki kabar positif yaitu peluncuran jaringan utama barunya.

Cronos, yang merupakan nama dari blockchain terbaru Crypto.com, dikabarkan akan segera meluncur pada 8 November 2021.

Peluncuran ini nampaknya juga telah dianggap sebagai sentimen positif oleh mayoritas pasar, melihat harga CRO yang telah naik.

Asumsi positif ini datang dari besarnya potensi kegunaan blockchain tersebut dimana ekosistemnya diprediksi akan meluas.

Tidak hanya untuk transaksi, Cronos akan memiliki kegunaan layaknya blockchain lainnya yaitu untuk membangun aplikasi terdesentralisasi di berbagai jenis.

Kemungkinan besar biaya transaksinya akan terus menggunakan CRO, sehingga kebutuhan terhadapnya akan meningkat.

Melihat jumlah CRO yang juga terbatas, jika permintaannya naik, ada kemungkinan harganya juga akan ikut naik.

Dari sisi teknikal, saat ini CRO kemungkinan akan mengalami koreksi sebelum kembali naik, melihat apresiasinya yang sudah tinggi.

Grafik Harian CROUSD

Kemungkinan besar CRO dapat koreksi hingga menuju $0.266 atau Rp3800 sebelum kembali bergerak naik.

Jika kembali naik setelah koreksi, kemungkinan besar target selanjutnya berada pada $0.557 atau Rp7970.

Stacks (STX)

Selanjutnya adalah STX yang dikabarkan akan melakukan peluncuran koleksi terbaru dalam bursa Non Fungible Token atau NFT jaringannya.

Koleksi terbaru tersebut akan diluncurkan dan tersedia untuk diterbitkan serta diperdagangkan pada 10 November 2021.

Dikabarkan bahwa NFT ini tidak hanya sekedar untuk koleksi namun memiliki beberapa kegunaan yaitu undangan ke beberapa acara khusus, info token baru, jaminan untuk jasa Decentralized Finance, NFTDrop atau NFT gratis, dan komunitas khusus.

Kemungkinan besar NFT ini dapat menarik ketertarikan yang tinggi, untuk menciptakannya dan juga membelinya.

Transaksi NFT ini sepenuhnya akan menggunakan STX dimana untuk menerbitkan NFT ini dibutuhkan 98 STX dan untuk membelinya juga menggunakan STX.

Sehingga kemungkinan besar dengan adanya NFT ini permintaan terhadap STX dapat kembali naik. Melihat jumlahnya yang langka, ada kemungkinan harganya juga akan naik.

Dari sisi teknikal, STX saat ini sedang berusaha untuk terus naik dan masih bergerak dalam zona apresiasi hariannya.

Grafik Harian STXUSD

Kemungkinan besar STX dapat naik hingga $2.7 atau Rp38633, selama batas bawah pada $2 atau Rp28617 masih terus terjaga.

Jika batas atas pada $2.7 atau Rp38633 dapat dilewati, kemungkinan besar STX dapat kembali naik bahkan menuju $4.01 atau Rp57235.

Polkadot (DOT)

DOT juga menjadi salah satu crypto yang layak untuk diperhatikan pada pekan ini akibat adanya kabar positif yaitu lelang slot Parachain.

Untuk membangun pada ekosistem DOT, seorang developer harus mengikuti lelang untuk mendapatkan tempat di Parachain.

Kondisi ini berbeda dengan blockchain lain dimana dalam blockchain, seorang developer bisa langsung membangun proyek tanpa perlu berlomba atau bersaing.

Lelang Parachain ini menjadi sentimen positif akibat banyaknya developer yang ingin membangun di dalamnya.

Hal ini disebabkan Parachain yang memiliki teknologi baik sehingga proyek yang ada di dalamnya terjamin dalam sisi keamanan dan kecepatan perpindahan data.

Lelang Parachain saat ini juga membuka fitur Crowdfunding atau pendanaan dimana investor dapat mendukung dan investasi dalam proyek baru yang akan masuk ke Parachain.

Kondisi ini dapat meningkatkan volume transaksi pada ekosistem Parachain, melihat banyaknya juga ketertarikan investor di media sosial.

Sehingga ada kemungkinan kebutuhan DOT akan meningkat akibat seluruh biaya transaksi akan menggunakan DOT pada Parachain.

Dari sisi teknikal saat ini DOT terlihat telah mengalami apresiasi yang cukup signifikan bahkan mencapai harga tertinggi baru di sekitar $56 atau Rp801292.

Grafik Harian DOTUSD

Jika batas bawah pada $48.7 atau Rp696838 hingga $44.7 atau Rp639603, kemungkinan besar DOT bisa lanjut naik hingga menuju $80.75 atau Rp1,15 Juta.

Injective Protocol (INJ)

Selanjutnya adalah INJ yang merupakan salah satu crypto dengan risiko tinggi namun potensi keuntungan yang juga tinggi bersama kabar positifnya.

INJ merupakan salah satu jaringan yang fokus untuk memberikan kemudahan untuk investor menggunakan jasa dari sektor Decentralized Finance atau DeFi.

Platform INJ juga telah mempermudah pengguna untuk mendapatkan kemudahan untuk transaksi aset crypto secara spot dan derivatif dengan jaringan lintas blockchain.

Saat ini kabar positif yang akan datang untuk mendukung pertumbuhan INJ adalah pembaruan jaringan Canonical atau Canonical Chain pada 10 November 2021.

Pembaruan ini akan mendorong banyak pengguna dan volume selain karena teknologinya yang mempermudah, juga karena adanya insentif dari INJ.

Dikabarkan bahwa INJ akan memberikan insentif kepada pengguna jaringan yang melakukan transaksi dan menanam dana di platform DeFi.

Terdapat sekitar $100 Juta imbalan untuk para pengguna yang memiliki volume tinggi dan juga dana sebesar $10 Juta untuk memperluas ekosistem.

Akibat kabar ini kemungkinan besar INJ dapat mengalami ketertarikan yang tinggi dan kemungkinan dapat mendorong harganya naik.

Dari sisi teknikal, saat ini INJ masih bergerak dalam pergerakan apresiasi dan terlihat mengalami koreksi kecil.

Grafik Harian INJUSD

Selama batas bawah pada $11.46 atau Rp163978 masih dapat terjaga, kemungkinan besar INJ dapat naik menuju $17.13 atau Rp245109.

IRISnet (IRIS)

Terakhir adalah crypto uni bernama IRIS yang dikabarkan akan mengalami pembaruan jaringan utamanya yaitu IRIS Hub versi 1.2.

IRIS merupakan sebuah blockchain yang fokus untuk menjadi platform transaksi untuk bisnis kecil menengah dan juga investor crypto.

Jaringannya bergerak dengan sistem mekanisme konsensus bernama Delegated Proof of Stake sehingga menggunakan energi yang lebih efisien.

Fokus utama IRIS adalah untuk menjadi blockchain yang dapat berkomunikasi dengan banyak blockchain lain.

Pembaruannya saat ini membuat hal tersebut lebih mungkin, akibat pembaruan ini akan fokus untuk menciptakan jembatan dengan lebih banyak blockchain.

Saat ini fokus utamanya masih terhadap blockchain Ethereum, namun ke depannya IRIS akan fokus untuk memperluas hubungannya ke blockchain lain.

Pembaruan ini akan terjadi pada 14 November 2021 sehingga dapat mendorong ketertarikan terhadap IRIS pekan ini.

Dari sisi teknikal, saat ini IRIS sedang bergerak naik namun kemungkinan akan koreksi sebelum lanjut naik kembali.

Grafik Harian IRISUSD

Kemungkinan besar selama batas bawah pada $0.124 atau Rp1774 hingga $0.122 atau Rp1745 masih terjaga, IRIS masih dapat naik.

Jika kembali naik, tujuan selanjutnya kemungkinan besar berada pada $0.134 atau Rp1917 hingga $0.155 atau Rp2217.

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.