3 Crypto yang Melonjak Tinggi saat Pasar Crypto Koreksi: GOBLIN, CHB, RMG

Naufal Muhammad

11th April, 2022

Pekan lalu pasar crypto mengalami pergerakan yang kurang baik dengan mayoritas candlestick crypto satu pekan memperlihatkan warna merah dengan penurunan signifikan. 

Kondisi ini terjadi bersama banyaknya ketegangan makroekonomi dan geopolitik yang tidak hanya mempengaruhi crypto namun beberapa aset keuangan global. 

Walau terjadi koreksi, terdapat beberapa crypto yang tidak peduli terhadap kondisi pasar dan mengalami apresiasi yang cukup signifikan dalam satu pekan terakhir. 

Berikut adalah tiga crypto yang mengalami apresiasi signifikan dalam satu pekan terakhir, acuh terhadap kondisi pasar yang negatif. 

Goblin (GOBLIN)

Pertama adalah Goblin yang merupakan sebuah proyek yang mengalami apresiasi harga hingga 825% hanya dalam tujuh hari. 

Goblin merupakan sebuah platform aplikasi yang dibangun pada Binance Smart Chain dengan fungsi untuk menjadi tempat IDO proyek crypto berbasis NFT dan Game. 

IDO adalah singkatan dari Initial DeX Offering, yang berarti menjadi tempat untuk penjualan awal sebuah token dari proyek yang akan dibangun. 

Developer dapat mencari dana melalui IDO yang dilakukan dengan menjual token yang terikat dengan proyeknya. 

Selain menjadi platform IDO Goblin ingin menjadi sebuah Guild yang mengayomi beberapa proyek crypto berbasis NFT dan Game agar membantu proyek-proyek tersebut untuk sukses. 

Token yang terikat dengan proyek ini yaitu GOBLIN mengalami apresiasi ini setelah terdaftar di Coingecko dan Coinmarketcap. Namun dalam satu pekan terakhir apresiasi ini terjadi tanpa suatu sentimen. 

Perlu diketahui bahwa saat ini investor atau pemilik GOBLIN masih di angka 567 menurut situs resminya. Jadi GOBLIN masih tergolong dalam kapitalisasi pasar kecil yang menjadi penyebab mengapa harganya dapat naik dalam periode waktu yang singkat. 

Jika ingin membeli, penelitian lebih dalam secara mandiri perlu dilakukan karena kategori crypto dengan kapitalisasi kecil memiliki potensi keuntungan tinggi bersama dengan risiko yang tinggi. 

Charactbit (CHB)

Kedua adalah Charactbit dimana tokennya CHB mengalami apresiasi hingga 3186% hanya dalam satu pekan terakhir. 

Charactbit adalah sebuah proyek yang dibangun pada Blockchain Solana dengan tujuan untuk membangun sebuah komunitas satu nilai kepercayaan yaitu terhadap dunia virtual.

Fokus utama dari CHB adalah untuk menjadi ekosistem terlengkap untuk mendorong adopsi metaverse lebih umum di masyarakat dunia. 

Charactbit ingin membuat sebuah platform agensi, sponsor, dan komunitas yang bertujuan mempublikasi seluruh proyek terkait metaverse. 

Selain itu CHB juga ingin membuat sebuah bursa terdesentralisasi atau DeX yang bertujuan untuk transaksi crypto dan donasi untuk para pencipta konten yang berpartisipasi dalam pertumbuhan CHB serta metaverse. 

Charactbit juga percaya bahwa pencipta konten dapat menjaga hasil karyanya di metaverse lebih mudah dengan NFT. Jadi Characbit berperan untuk mendukung adopsi metaverse terutama juga di dunia hiburan. 

Apresiasi harganya juga terjadi secara normal tanpa sentimen positif kecuali terdaftarnya di Coinmarketcap. Tapi perlu diketahui bahwa kapitalisasi pasarnya masih sangat kecil. 

Jadi sama seperti sebelumnya, jika ingin membeli, penelitian lebih dalam secara mandiri perlu dilakukan karena kategori crypto dengan kapitalisasi kecil memiliki potensi keuntungan tinggi bersama dengan risiko yang tinggi. 

META Gaming (RMG)

Terakhir adalah META Gaming yang merupakan sebuah proyek yang berdiri pada Binance Smart Chain dengan tujuan untuk membangun sebuah ekosistem berbasis permainan. 

Token yang terikat dengan META Gaming adalah RMG dimana harganya telah naik sekitar 619% dalam hanya satu pekan terakhir. 

Permainan yang akan dibangun oleh META Gaming adalah fighting game atau permainan dimana karakter dapat berkelahi untuk mendapat hadiah. 

Di luar itu nampaknya META Gaming juga ingin menjadi sebuah ekosistem seperti Charactbit yang bertujuan untuk mempromosikan proyek lain layaknya agensi. 

Selain agensi, ke depannya META Gaming juga ingin menjadi platform jasa keuangan lengkap untuk semua bisnis berbasis blockchain. 

Tujuannya nampaknya adalah untuk mempromosikan crypto lebih besar dan sekaligus mendapatkan keuntungan. 

Dari ketiga proyek yang telah disebutkan, META Gaming terlihat memiliki dua bisnis yang dijalankan bersamaan namun terlihat berbeda. Walau terlihat membingungkan nampaknya itu adalah tujuan dari META Gaming agar terus bertahan dan menjadi bisnis yang baik. 

Sama seperti sebelumnya, jika ingin membeli, penelitian lebih dalam secara mandiri perlu dilakukan karena kategori crypto dengan kapitalisasi kecil memiliki potensi keuntungan tinggi bersama dengan risiko yang tinggi. 

Dari ketiga proyek ini nampaknya proyek yang paling jelas adalah Goblin. Tapi perlu diketahui bahwa ketiganya masih memiliki risiko yang tinggi karena masih tergolong kapitalisasi pasar rendah dengan fundamental yang belum terbukti. 

*Disclaimer

Artikel ini merupakan pandangan pribadi penulis dan bukan saran atau ajakan untuk investasi atau trading. Risiko ditanggung masing-masing. 

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.