Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

3 Alasan Cardano (ADA) Naik 85% dalam 10 Hari

anisa giovanny     Wednesday, July 8 2020

Harga Cardano (ADA) meningkat sebesar 85% dalam 10 hari, secara resmi melampaui Bitcoin SV menjadi cryptocurrency terbesar keenam berdasarkan kapitalisasi pasar.

Baca juga: Apa itu Cardano, Panduan Lengkap untuk Pemula

Tiga faktor kemungkinan menyebabkan reli intens ADA dalam beberapa minggu terakhir. Adalah peningkatan Shelley baru, struktur pasar yang menguntungkan dan pertumbuhan pasar yang cepat dari  keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Upgrade Shelley

Upgrade Shelley sangat penting bagi Cardano, dan akhirnya harga ADA. Pada 1 Juli, sebuah node yang dilengkapi dengan komponen upgrade Shelley dikerahkan ke mainnet. Pada akhir bulan, yakni 29 Juli perubahan akan diimplementasikan pada jaringan Cardano melalui hard fork.

Upgrade Shelley baru telah berdampak signifikan pada harga ADA karena sistem pengaruhnya. Cardano adalah jaringan proof of stake, yang berarti tidak ada penambang. Pengguna, yang menjalankan node, memelihara jaringan dengan mempertaruhkan ADA.  Sebagai imbalannya, pengguna mendapat manfaat dari sistem reward dari  Cardano.

“Shelley juga akan melihat pengenalan skema delegasi dan insentif, sistem penghargaan untuk mendorong kelompok pasak dan adopsi masyarakat. Sebagai jaringan proof of stake, pengguna mempertaruhkan ADA mereka untuk berpartisipasi dalam jaringan, ” jelas roadmap Shelley dilansir dari Cointelegraph.

Roadmap itu juga menyatakan bahwa pada akhir pembaruan Shelley, Cardano diharapkan menjadi lebih terdesentralisasi dengan lebih dari 1.000  stake pools.

“Menjelang akhir era Shelley, kami berharap Cardano menjadi 50-100 kali lebih terdesentralisasi daripada jaringan blockchain besar lainnya, dengan skema insentif yang dirancang untuk mencapai keseimbangan sekitar 1.000 kumpulan pasak, ”  tambah laporan itu.

Meningkatnya permintaan untuk ADA kemungkinan berasal dari investor yang menemukan sistem imbalan di bawah Cardano yang baru ditingkatkan.

Breakout di Atas Level Resistance Multi-tahun

Sejak Agustus 2018, level $ 0,107 telah bertindak sebagai level resistance multi-tahun yang kuat untuk ADA. Setiap upaya untuk pulih melampaui itu pada September 2018 dan Juni 2019 disambut dengan aksi jual yang sengit.

Terakhir kali ADA menguji level $0,107 adalah selama minggu pertama bulan Maret, tepat sebelum Bitcoin turun menjadi di bawah $4.000. Dalam tiga minggu, harga ADA turun 71% dari harga puncaknya.  ADA pun pecah dari level resistensi multi-tahun.

Lonjakan harga baru-baru ini dari ADA menandai terobosan pertama dari level resistensi kritis sejak 2018. Struktur pasar yang menguntungkan dari ADA dan kurangnya level resistensi yang jelas di atas $ 0,17 kemungkinan menarik perhatian para pedagang.

Pertumbuhan Pasar DeFi

Pasar DeFi di Ethereum booming dan telah  melampaui $2 miliar total nilai yang terkunci di semua protokol DeFi. Dalam sebuah tweet baru-baru ini, pendiri Cardano Charles Hoskinson mengisyaratkan bahwa Cardano dapat segera menjadi pemain kunci di ruang DeFi.

Baca juga: Apa Itu Decentralized Finance (DeFi)

Sebagai jaringan blockchain proof of stake, jaringan blockchain Cardano cukup efisien secara struktural untuk menangani aplikasi DeFi skala besar. Jika Cardano berevolusi menjadi bagian ruang DeFi, itu mungkin memberikan peluang pertumbuhan baru untuk jaringan blockchain dalam jangka menengah.