Berita Altcoins · 7 min read

15 Terduga Operator Penipuan $8 Juta Crypto Ditangkap di Taiwan

Kepolisian di New Taipei, Taiwan telah menangkap 15 tersangka terduga pengelola penipuan cryptocurrency yang menghasilkan para terduga jutaan dolar, media lokal berbahasa Inggris, Fokus Taiwan melaporkan pada 26 Januari.

Menurut artikel tersebut, kepala Biro Investigasi Kriminal, Li Chi-hsun mengatakan pada saat press conference bahwa 15 tersangka — termasuk pemimpin yang diduga bermarga Lin — telah ditangkap dalam dua penggerebekan terpisah pada 9 Januari dan 17 Januari.

Penangkapan para tersangka telah dilaporkan dengan tuduhan penipuan, dan kasus tersebut telah diserahkan ke Kantor Jaksa  Distrik Taipei. Para kelompok penipu tersebut diduga telah menipu lebih dari 30 orang di negara itu hampir NT$250 juta (setara kira-kira $8.16 juta).

Para tersangka dilaporkan mempromosikan IBCoin, sebuah token Ethereum (ETH) ERC20 yang ditujukan sebagai pembayaran untuk industri entertainment dewasa, menurut material promosi facebooknya. Laporan dugaan penipuan juga mempublikasikan skemanya di Facebook, memposting foto-foto mobil mahal dan gaya hidup mewah untuk memikat korban baru, Fokus Taiwan Melaporkan.

Baca juga: Crypto Exchange AS Luncurkan Spot Trading

Artikel tersebut menjelaskan bahwa menurut CIB, Lin membeli token di harga NT$1.5 (setara dengan kurang dari $0.05) pen unit di 2017. Lin lalu diduga menyuruh kaki tangannya untuk menjual token-token tersebut pada NT$50-NT$100 ($1.63-$3.27) per unitnya dan menjanjikan keuntungan yang besar.

Menurut laporan tersebut, CIB mengatakan bahwa tidak ada korban yang mendapatkan untung dari investasi mereka dan token tersebut tidak memiliki nilai nyata dikarenakan “tidak ada perusahaan yang diketahui menjual atau berurusan dengan Bitcoin.”

Seperti yang Cointelegraph baru-baru ini laporkan, tujuh orang yang diduga mengelola kecurangan skema krypto telah diindikasi di Taiwan. Menurut sebuah laporan, mengutip jaksa lokal, para terdakwa didakwa dengan tuduhan Perbankan dan Pengawasan Pemasaran Multi Level Taiwan.

Juga, berita yang keluar di awal bulan ini bahwa kepolisian India telah menangkap sebuah grup asosiasi yang dituduh yang melakukan penipuan krypto menyertakan 5 triliun rupee (sekitar $70.5 dolar).

Sumber

 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.