Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Cara Membangun Portofolio Cryptocurrency Jangka Panjang

Selama dekade terakhir, Bitcoin memenangkan gelar aset berkinerja terbaik di dunia. Bitcoin dan mata uang kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar mengalahkan ROI (laba atas investasi) dari sebagian besar saham yang tersedia di pasar mana pun, serta emas dan komoditas lainnya.

Pertukaran Bitcoin pertama mulai beroperasi pada tahun 2011. Namun, Bitcoin menerima perhatian dunia hanya pada tahun 2017 ketika harganya mencapai all time high hingga $20.000.

Kini Bitcoin kembali mendapatkan ketenarannya kembali, setelah menyentuh all time high berkali-kali dan paling tinggi $64.800 setara dengan Rp925 juta.

Karena itu banyak orang yang mulai menaruh perhatian terhadap aset ini dan juga aset crypto lain, sebab apabila Bitcoin naik maka aset-aset lain yakni altcoin pun akan terdorong naik. Hal ini menyebabkan banyak orang yang ingin berinvestasi dengan aset crypto dalam jangka panjang karena optimis dengan perkembangan industri crypto.

Investasi jangka panjang biasanya mengambil waktu bertahun-tahun. Namun, mengingat fakta bahwa pasar cryptocurrency bergerak terlalu cepat karena volatilitas yang tinggi,  di crypto dapat diturunkan menjadi beberapa bulan atau satu tahun.

Jika kita melihat pasar saham, investor legendaris, Warren Buffet, adalah pendukung investasi jangka panjang karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan.

Lalu bagaimana membuat portofolio crypto dalam jangka panjang? Selengkapnya..

Berikut adalah metrik yang bisa kamu pertimbangkan ketika ingin menyusun portofolio crypto jangka panjang.

Kapitalisasi Pasar

Kapitalisasi pasar, atau pangsa pasar, dapat didefinisikan sebagai proporsi kapitalisasi pasar yang dimiliki cryptocurrency relatif terhadap seluruh pasar.

Pangsa pasar yang besar biasanya menunjukkan dominasi. Misalnya, pangsa pasar Bitcoin saat ini sekitar 67% dari total kapitalisasi pasar ruang cryptocurrency.

Perhatikan proyek yang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari satu miliar USD. Proyek dengan kapitalisasi pasar kecil, seperti beberapa puluh juta USD, akan mudah dimanipulasi. Namun, mereka juga berpotensi untuk berkembang.

Utilitas

Saat menentukan apakah mata uang kripto akan ada di sini dalam beberapa tahun dari sekarang, kita perlu bertanya apakah mata uang kripto berguna, apakah proyek tersebut memiliki pengguna?

Salah satu contohnya adalah crypto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, Ethereum. Nilai utilitas ETH berasal dari fungsinya yang memungkinkan pengembang membangun Aplikasi Terdesentralisasi (dApps) di atas blockchainnya.

Contoh lainnya adalah Binance Coin (BNB). BNB digunakan terutama sebagai token utilitas dari pertukaran terbesar berdasarkan volume perdagangan, yaitu Binance. Ini digunakan untuk membayar biaya Binance, dan juga untuk berpartisipasi dalam IEO – Penawaran Pertukaran Awal oleh Binance.

Volume Harian (USD) dan Transaksi

Untuk menentukan apakah mata uang kripto sedang digunakan, kamu dapat melihat jumlah transaksi hariannya, serta volumenya. Pastikan untuk membedakan antara transaksi nyata dan transaksi bernilai nol atau spam.

Pengembangan Berkelanjutan

Ini adalah aspek penting dari cryptocurrency. Jika teknologi di balik mata uang kripto tidak sesuai dengan tujuannya, maka kemungkinan besar dalam jangka panjang, mata uang kripto tersebut akan gagal.  Karena itu sebaiknya memilih crypto yang memiliki perkembangan yang jelas dan tentunya memiliki kemungkinan untuk terus berkinerja lebih baik dari waktu ke waktu.

Berita dan Sentimen Pasar

Pelaporan berita kripto tentang proyek tertentu dapat memengaruhi kinerja harga token, terutama yang berkapitalisasi kecil. Ada proyek yang disukai oleh media, mengikuti kebiasaan pemasaran mereka yang hebat, sementara proyek lain  seringkali luput dari perhatian media.

Untuk alasan di atas, penting untuk selalu mengikuti berita cryptocurrency yang terkait dengan proyek yang ingin kamu masukkan ke delam portofolio, dan juga untuk melacak sentimen pasar. Juga disarankan untuk berlangganan pembaruan di situs web proyek untuk menerima pembaruan pengembangan.

Ini hanyalah beberapa indikator yang dapat bisa kamu gunakan untuk menentukan kelangsungan jangka panjang mata uang kripto. Dengan pemikiran ini, sekarang kita dapat beralih ke konstruksi portofolio yang lebih khusus lagi yakni seberapa persen dari setiap mata uang kripto yang harus kita pegang dalam portofolio kita.

Sumber: Cryptopotato

Dari gambar ini kita bisa melihat bahwa dalam menyusun portofolio kita bisa memilih crypto berdasarkan kapitalisasi pasar. Kamu bisa menyesuaikan kapitalisasi pasr besar, menengah atau kecil.

Misal 50% untuk kapitalisasi pasar besar seperti Bitcoin, Ethereum yang akan kamu hold selama beberapa bulan atau tahun. Kemudian yang menengah dialokasikan 30% contohnya ada Chainlink, Solana, Filecoin dan lain sebagainya.

Selanjutnya untuk yang kecil  yang memiliki risiko cukup tinggi, ini bisa kamu alokasikan 15% saja, misalnya ada Cosmos, Maker, Dash dan lainnya. 5% terakhir kamu bisa memilih koin yang harganya masih rendah, kapitalisasi pasarnya masih kecil namun ini lebih cenderung ke gambling, ada harapan untuk naik namun ada juga untuk turun. Kemudian 10% bisa kamu simpan dalam bentuk USDT sebagai cadangan untuk membeli aset ketika market sedang koreksi.


Itu dia cara membuat portofolio jangka panjang untuk crypto, perlu diingat artikel ini hanya edukasi dan informasi. Bukan merupakan saran atau acuan dalam menentukan portofolio, sebab semua keputusan pembelian dan pengaturan investasi crypto dimiliki oleh pengguna sendiri dan tanpa unsur paksaan siapa pun.  

Top exchange
TRIV
21 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Pintu
15 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

21 Ulasan
Daftar
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

15 Ulasan
Daftar