Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Tips Belajar Crypto untuk Pemula

Dengan nama crypto yang semakin tenar dan kemudahan untuk beli berbagai aset digital di Indonesia.

Maka tidak heran jika banyak masyarakat yang ingin belajar tentang crypto dan mendapatkan keuntungan darinya baik dengan investasi dan trading atau salah satunya.

Tapi sebelum mendapatkan untung, penting untuk memulai belajar crypto lebih dulu. Ada beberapa tips atau langkah yang bisa dilakukan.

Apa saja? Simak tips belajar crypto berikut ini. 

Tentukan Tujuan Belajar Crypto

Setiap belajar tentu memiliki tujuan, kamu perlu menentukan apa yang ingin kamu raih saat belajar crypto atau mata uang digital ini.

Apakah sekadar ilmu agar tidak ketinggalan zaman, cara untuk mendapatkan keuntungan, atau untuk mendapatkan pekerjaan terkait crypto di masa depan.

Dengan mengetahui tujuan, maka kamu akan lebih semangat untuk belajar. 

Pahami Dasarnya

Pertama tentu saja pahami dasarnya bukan cuannya lebih dulu. Dasar di sini kamu harus mengetahui apa itu crypto, mengapa ia tercipta, cara kerja crypto, teknologi blockchain yang mendukung peredaran crypto, dan hal-hal dasar lainnya sebelum mulai beli crypto.

Kamu juga harus paham bahwa crypto adalah aset yang masih baru dengan teknologi revolusioner terdesentralisasi bernama blockchain yang keberadaannya masih terus dikembangkan. 

Dengan usia crypto yang belum lima belas tahun, maka akan banyak hal yang belum stabil, akan banyak hal-hal menarik yang bisa ditemukan, entah itu akan menjadi keuntungan atau kerugian.

Karena itu agar kamu tidak mudah terombang-ambing di tengah ketidakpastian crypto kamu harus memahami dasarnya dulu. 

Kenali Istilah Umum di Crypto

Kedua, mengenal istilah umum crypto akan sangat memudahkan mu untuk memulai belajar crypto. Dengan mengetahui istilah umum seperti wallet, trading, know your customer, deposit, withdraw, nama-nama altcoin, market cap, whale, fear and greed index dan sebagainya.

Istilah-istilah itu akan membantu kamu untuk mengenal crypto lebih baik, istilah umum tersebut juga bisa mengantarkan kamu untuk mengenal informasi selanjutnya tentang crypto.

Untuk berbagai istilah umum dalam belajar crypto, bisa ditemukan di kosakata Coinvestasi

Cari Mentor dan Sumber Terpercaya

Mentor akan menuntunmu untuk mengenal crypto lebih jauh, tetapi jangan sembarangan memilih mentor ya. Pilih mentor dengan reputasi baik dan memiliki kemampuan tentang crypto yang mumpuni.

Jika kamu tidak menemukan mentor, kamu bisa belajar crypto dengan sumber terpercaya baik dari Youtube atau pun media online baik dalam negeri atau luar negeri. 

Pahami Risiko Industri Crypto 

Seperti yang sempat disebutkan, crypto masih terbilang baru sehingga risiko yang dimilikinya pun sangat tinggi baik dari segi harga atau pun teknologi.

Dengan mengetahui risiko crypto kamu akan belajar untuk mengidentifikasi berbagai hal negatif yang ada di crypto dan tidak akan mudah terjerumus ke dalam FOMO atau FUD yang banyak bertebaran.

Memahami risiko juga akan membantu kamu untuk bersikap tenang saat mengalami kerugian. 

Baca juga: Apa itu FUD dan Cara Menghindarinya

Nikmati Prosesnya

Agar belajar crypto tidak jadi beban, mari nikmati prosesnya. Tidak perlu buru-buru untuk bisa raih keuntungan besar dari crypto, sebab untuk bisa memahami dan mendapatkan pundi-pundi uang dari aset kripto ini membutuhkan jangka waktu yang tidak sebentar. 

Mulai Beli Crypto Pertama mu! 

Apabila kamu sudah melakukan hal di atas, kamu bisa memulai crypto pertama mu.

Mulai lah beli dengan modal kecil untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai volatilitas crypto dan praktek untuk menggunakan bursa dan cara mengoperasikannya.

Kamu bisa mengetahui cara beli crypto atau Bitcoin di artikel berikut ini. 

Itu dia tips untuk memulai belajar crypto yang bisa kamu terapkan, ini hanya sebagian langkah awal untuk memulai. Saat kamu sudah terjun ke dalamnya akan sangat banyak hal menarik yang perlu kamu pelajari.

Top exchange
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Panduan Terkait
Rekomendasi aplikasi beli bitcoin