8

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini
BELI BITCOIN DENGAN HARGA BITCOIN TERBAIK

Dapatkan rekomendasi pembelian bitcoin dengan harga terbaik dari kami

Mau tau harga Bitcoin terbaik?

Klik di sini

Apa yang Membuat Bitcoin Berharga?

Apa yang membuat Bitcoin berharga? Pada dasarnya Bitcoin mempunyai nilai seperti mata uang lainnya. Bitcoin juga mempunyai kelebihan dibandingkan dengan mata uang fiat. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

Desentralisasi

Mata uang fiat dikeluarkan oleh Bank Sentral suatu negara dan mempunyai dukungan dari pemerintah.

Sedangkan sifat Bitcoin adalah desentralisasi yang berarti tidak ada satu institusi pun yang mengendalikan jaringan Bitcoin.

Pseudonimitas

Selain mudah Bitcoin juga sangat aman, terutama anda tidak perlu memberitahu identitas lengkap anda saat melakukan transaksi. Sistem Bitcoin yang tidak memiliki validator sentral membuat kita sebagai pengguna menjadi semi-anonim.

Suplai Terbatas

Bitcoin mempunyai persediaan yang terbatas, tidak seperti Uang Fiat yang persediaannya tidak terbatas dan seringkali diproduksi. Hal tersebut membuat harga jual Bitcoin sangat mahal.

Dapat Dibagi

Unit terkecil dari Bitcoin disebut satoshi. Ini adalah seperseratus juta BTC (0,00000001) – dengan harga Bitcoin hari ini, sekitar seperseratus sen. Ini bisa memungkinkan transaksi mikro yang tidak bisa dilakukan dengan uang elektronik tradisional.

Ukuran unit Bitcoin
Ukuran unit Bitcoin

Hemat Biaya dan Waktu

Biaya transaksi dengan Bitcoin jauh lebih murah dibandingkan kartu kredit. Dan dengan Bitcoin waktu untuk transaksi hanya membutuhkan 10 menit, sedangkan Kartu Kredit bisa mencapai 10 hari.

Kendali atas Kepemilikan dan Pengelolaan

Pentingnya Bitcoin juga karena anda yang memegang kendali dan mengelola akun anda sendiri sesuai keinginan anda. Jadi anda tidak perlu takut dengan terjadinya kecurangan atau kesalahan teknis.

Baca juga: Kenapa sih Harga Bitcoin Bisa Mahal?

Privasi

Anda tidak perlu memberikan informasi berlebihan. Yang berarti mencegah anda dari penipuan atau pencuri identitas. Seperti misalnya ada yang menggunakan identitas anda untuk transaksi ilegal. Informasi yang anda perlu berikan hanya alamat dompet Bitcoin anda.

Baca juga: Mengenal Model Stock to Flow yang Bisa Prediksi Harga Bitcoin!

Top exchange
Lihat semua

Pertanyaan penting

📌 Apa itu uang fiat?

Mata uang fiat adalah mata uang yang dikeluarkan oleh Bank Sentral suatu negara dan mempunyai dukungan dari pemerintah.

🔒 Apakah Bitcoin legal?

Bitoin legal di Indonesia sebagai komoditas

🔍 Apakah Bitcoin bisa diatur oleh pemerintah?

Pemerintah bisa mengeluarkan peraturan mengenai legalitas Bitcoin di negara masing-masing, namun pemerintah tidak bisa mengatur Bitcoin karna Bitcoin bersifat terdesentralisasi

💡 Apakah bank menerima Bitcoin?

Saat ini, tidak ada bank yang menerima Bitcoin. Bank ber-trading dan bertransaksi hanya dalam mata uang fiat yang didukung pemerintah. Meskipun Bitcoin adalah tender pembayaran yang sah di beberapa negara. Bank tradisional di Indonesia tidak berurusan langsung dengan Bitcoin.

⌛️ Apakah Bitcoin bisa menjadi alat pembayaran?

Di negara lain seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan; Bitcoin bisa menjadi alat pembayaran, namun di Indonesia, Bitcoin hanya legal sebagai komoditas

💸 Apakah Bitcoin bisa ditransfer ke rekening bank?

Bitcoin tidak dapat ditarik ke rekening bank secara langsung. Anda dapat menjualnya kepada seseorang yang kemudian mentransfer uang hasil penjualan Bitcoin ke rekening bank Anda, atau Anda dapat menjualnya di bursa dan menarik dana dari sana.

🛠 Siapa pemilik Bitcoin?

Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, namun identitas Satoshi Nakamoto sampai sekarang masih belum diketahui

⚙️ Berapa banyak Bitcoin yang dimiliki oleh Satoshi Nakamoto?

Satoshi memiliki sekitar 980,000 bitcoin

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin