Linkedin Share
twitter Share

Bitcoin · 5 min read

Whitepaper Bitcoin Versi Bahasa Indonesia

Whitepaper Bitcoin versi Bahasa Indonesia kini dapat diakses oleh para pegiat Blockchain dan Cryptocurrency di Indonesia. 

Seorang pemuda asal Medan, Christopher Tahir, dengan dua orang lainnya adalah sosok yang berjasa dalam menerjemahkan Whitepaper Bitcoin ke Bahasa Indonesia. Christopher Tahir juga adalah Co-Founder Komunitas CryptoWatch.

Christopher mengunduh Whitepaper Bitcoin versi Bahasa Inggris melalui Github. Kemudian ia menerjemahkan Whitepaper tersebut ke dalam bahasa Indonesia dengan bantuan Google Translate.

Hasil terjemahan tersebut kemudian diunggah kembali ke Github untuk direview dan lalu disetujui. Whitepaper Bitcoin versi bahasa Indonesia kini dapat diakses oleh khalayak umum.

Dengan adanya Whitepaper Bitcoin dalam bahasa Indonesia ini, perkembangan komunitas Blockchain dan Crypto di tanah air diharapkan dapat semakin maju.

Komunitas dapat membaca whitepaper tersebut dan memahami bagaimana sebenarnya dasar cara kerja Bitcoin.

Di dalam whitepaper tersebut memang masih ada beberapa istilah-istilah teknis yang mungkin masih sulit dipahami oleh orang awam. Istilah-istilah seperti hash, proof-of-work, SHA-256, dan lain sebagainya.

Sampai saat ini, Whitepaper Bitcoin hanya tersedia dalam 14 bahasa saja, di mana bahasa Indonesia termasuk salah satu dari 4 bahasa di Asia selain Vietnam, Korea, dan Mandarin.

Adanya pegiat yang secara sukarela menerjemahkan Whitepaper Bitcoin versi bahasa Indonesia ini menjadi salah satu tanda bahwa komunitas Blockchain dan Crypto di Indonesia sudah semakin matang. Semakin banyak orang-orang yang ingin berpartisipasi dalam hal mengedukasi komunitas.

Karena seperti yang kita ketahui, dengan semakin banyaknya orang-orang yang teredukasi mengenai Blockchain dan Crypto, maka persaingan di dunia Blockchain pun akan semakin sehat.

Isi Whitepaper Bitcoin

  1. Pendahuluan
  2. Transaksi
  3. Timestamp Server
  4. Proof-of-Work
  5. Jaringan
  6. Insentif
  7. Memulihkan Ruang Penyimpanan
  8. Verifikasi Pembayaran yang Disederhanakan
  9. Menggabungkan dan Memisahkan Nilai
  10. Privasi
  11. Perhitungan, dan
  12. Kesimpulan

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun. Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.