Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)
Linkedin Share
twitter Share

Tips · 8 min read

Apa itu FUD dan Cara Menghindarinya

Cara-cara Menghindari Kerugian dari FUD di Pasar Crypto

Istilah FUD tidak luput dari dunia investasi dan trading terutama di pasar kripto. Hal ini disebabkan pasar kripto memiliki volatilitas yang cukup tinggi yang terkadang membuat kondisi psikologis investor atau trader tertantang. FUD termasuk ke dalam aspek psikologis yang sering memengaruhi keputusan investor dalam berinvestasi.

Apa itu FUD

FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, dan Doubt yang berarti ketakutan, ketidakpastian, dan kekhawatiran. Menurut New York Times, FUD adalah risiko terbesar bagi seorang investor.

Umumnya istilah ini akan dikaitkan dengan persepsi menggiring opini akibat umumnya kosa kata FUD keluar saat ada yang menyebar sentimen negatif.

Saat sentimen negatif tersebut disebar, sering kali banyak orang yang terpengaruh sehingga memiliki persepsi negatif yang sama.

Penyebab FUD

Beberapa hal yang umumnya menjadi penyebab FUD di pasar kripto adalah target yang meleset, kerja sama yang tertunda atau gagal, berita atau rumor palsu dan negatif,  analisis teknikal yang rancu, dan masih banyak hal lain.

Peristiwa FUD Paling Terkenal

Facebook Rilis Mata Uang Kripto 

Gambar ilustrasi Libra. Sumber: Pyments.

Facebook sempat berambisi memiliki mata uang kripto sendiri bernama Libra. Pengenalan Libra menciptakan FUD luar biasa kepada komunitas kripto.

Rumor beredar tentang usaha Mark Zuckerberg dalam aset kripto. Pengumuman ini meningkatkan minat global, dan banyak yang percaya akan potensi kebutuhan koin tersebut di masa depan. 

Meskipun ada kegembiraan, kekhawatiran tentang privasi koin tersebut muncul, terutama mengingat kontroversi Facebook di masa lalu. Hal ini mengubah nama koin dari Libra menjadi Diem, dan politik di seluruh dunia meneliti Facebook atas dugaan pelanggaran privasi, menjadikan ini momen FUD yang sangat penting dalam kripto. Sementara itu, proyek Libra atau Diem berhenti pada akhir tahun 2022. 

Donald Trump Bicarakan Kripto

Foto Donald Trump. Sumber: AP Photo/Evan Vucci.

Setelah kontroversi Libra, Presiden AS saat itu Donald Trump mengkritik mata uang kripto seperti Bitcoin dan Libra, mengklaim bahwa mata uang tersebut memfasilitasi aktivitas ilegal. Sikap negatifnya, meskipun harga Bitcoin sedang naik pada saat itu, menambah sentimen FUD.

Trump mentweet: “Saya bukan penggemar Bitcoin dan Mata Uang Kripto lainnya. Aset Kripto yang tidak diatur dapat memfasilitasi perilaku yang melanggar hukum.”

Perilisan BAKKT

Gambar Logo BAAKT. Sumber: Rosenbalt Securities

BAKKT dikembangkan oleh NASDAQ menjadi pembicaraan banyak pihak. Komunitas percaya bahwa ini akan menarik investor institusional, yang berpotensi memicu kenaikan Bitcoin. Namun, setelah peluncuran BAKKT, harga Bitcoin anjlok hampir 2.000 USD dalam satu hari. Perubahan mendadak ini menyoroti bagaimana FOMO dapat dengan cepat bertransisi ke FUD.

Dukungan Blockchain oleh China

Foto Xi Jinping. Sumber: tfiglobalnews.

Ketika Bitcoin mencapai titik terendah, Xi Jinping, Presiden Tiongkok, menyuarakan dukungannya terhadap blockchain, sebuah episode yang sering disebut sebagai China FUD.

Dia menekankan perlunya bangsa ini untuk memimpin dalam mengembangkan teknologi blockchain. Banyak investor menafsirkan dukungan ini sebagai tanda potensi pertumbuhan di pasar Bitcoin, yang menyebabkan lonjakan harga mata uang kripto yang didorong oleh FOMO.

Dampak dari FUD

Kondisi ini dikenal sebagai tebar FUD atau menebar kekhawatiran terhadap suatu aset.

Sifat ini umumnya dianggap negatif karena dapat memengaruhi psikologis pihak lain dan membuatnya menjual aset kepemilikannya karena ketakutan terhadap harga.

FUD sendiri dapat berujung pada turunnya harga suatu aset yang disebabkan adanya kekhawatiran yang dilebih-lebihkan dan akhirnya berujung pada tekanan jual yang kuat. Salah satu contoh nyatanya adalah koreksi Bitcoin.

Baca juga: Memahami Koreksi, Bullish, Bearish dan Depresiasi dalam Kripto

Adanya kabar mengenai transaksi ganda atau double spending pada blockchain Bitcoin disinyalir telah membuat mayoritas pasar khawatir walau transaksinya hanya $21 atau hampir Rp300.000.

Kabar ini terlihat dibesar-besarkan sehingga membawa FUD pada psikologis mayoritas trader dan investor terutama yang masih awam. Hasilnya akibat kekhawatiran yang dibesar-besarkan terjadi tekanan jual yang cukup besar yang membawa Bitcoin jatuh ke sekitar $30.000

Beda FUD dan FOMO

FOMO adalah fear out missing out, yang merupakan rasa takut akan kehilangan sesuatu yang dinikmati orang lain atau sesuatu yang sedang trend.

FOMO ini seringkali ditemukan dan dialami para trader jika harga kripto sedang bergerak naik, dan membuat trader terburu-buru untuk melakukan pembelian atau penjualan tanpa melakukan analisis yang tepat.

Sedangkan FUD adalah rumor atau berita yang disebarkan oleh orang lain untuk memengaruhi keputusan pembelian atau penjualan orang lain, FUD ini umumnya sering ditemui saat harga kripto sedang turun untuk menyebabkan sentimen negatif dan membuat panik sehingga trader tidak berpikir secara realistis.

Cara Menghindari FUD

Penggiringan opini ini sangat berbahaya karena dapat menciptakan kekhawatiran dan berujung pada ketidakseimbangan pasar.

Hal ini disebabkan jika semua orang memiliki psikologis yang tidak kuat, satu opini negatif saja bisa membuat semua orang khawatir.

Hasilnya dapat berujung semua orang melakukan penjualan dan tidak ada yang berani membeli sehingga keseimbangan pasar terganggu.

Namun jangan khawatir FUD dapat dihindari dengan mengikuti beberapa cara, di antaranya sebagai berikut.

Periksa Keabsahan Berita di Platform Terpercaya

Menghindari FUD yang pertama adalah melakukan pemeriksaan silang akan sebuah berita yang belum jelas kepastiannya. Gunakan platform-platform berita terpercaya yang terjamin kredibilitasnya. Pastikan memeriksa di lebih dari satu media berita untuk memastikan informasi apakah valid atau tidak.

Kuatkan Kondisi Psikologis

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan percaya diri dan menguatkan kondisi psikologis. Dengan menguatkan kondisi psikologis yang umumnya dirusak oleh kekhawatiran dan asumsi, FUD tidak akan berpengaruh secara signifikan.

Umumnya FUD dapat mempengaruhi jika seorang individu tidak percaya diri dan mudah untuk dipengaruhi. Sehingga cara yang paling tepat juga selain percaya dan menenangkan diri terhadap realita, investor dan trader dapat menganalisis penyebab FUD seara logika.

Analisis Secara Logika

Sangat sering bahwa media dan individu memanfaatkan emosional dari individu lainnya untuk membuat tertarik terhadap kabar yang dibawanya.

Hal ini disebabkan saat manusia melihat secara emosional, sering kali keputusan yang dilakukan akan terjadi secara tergesa-gesa yang sering merugikan.

Oleh karena itu, saat mendapat kabar yang berpotensi menyebabkan FUD ada baiknya individu menganalisis kabar tersebut secara logika. Caranya adalah bertanya kepada diri sendiri mengenai kabar yang diterima agar dapat berpikir lebih dalam.

Baca juga: Mau Trading Nyaman dan Tenang? Ikuti Langkah Psikologi Trading Ini

Beberapa hal yang dapat ditanyakan kepada diri sendiri adalah “apakah kabar ini benar?”, “apakah benar akan terjadi dalam waktu dekat?”, “apakah benar akan mempengaruhi secara signifikan?”, dan beberapa pertanyaan lainnya yang akan membuat adanya dorongan pencarian fakta dan analisis.

Disiplin dengan Tujuan dan Strategi Awal

Cara yang paling penting adalah tetap disiplin terhadap analisis pribadi serta tujuan dan strategi awal. Sering kali sifat herding behaviour muncul saat kedisiplinan mulai luntur dari ingatan.

Kedisiplinan yang hilang dapat merugikan dana secara signifikan akibat strategi analisis, manajemen risiko, dan analisis teknikal mayoritas investor dan trader berbeda-beda.

Sering kali FUD menjadi penyebab sifat mengikuti orang lain yang dan menghilangkan kedisiplinan. Jika berlanjut, dampaknya akan sangat merugikan dalam perjalanan jangka panjang, terutama bagi pengguna leverage.

Tidak Ikut Menyebar FUD

Satu hal yang akan mempermudah FUD untuk tidak terjadi adalah tidak menyebarkan FUD itu sendiri. Sering kali, FUD sendiri muncul akibat asumsi dimana saat ada berita atau rumor negatif, asumsi individu akan menjadikan hal tersebut sebagai pendorong harga untuk turun.

Jika FUD itu disebar dan banyak orang yang percaya, akan tercipta sifat herding behaviour atau sifat mengikuti yang lama kelamaan membuat kepercayaan itu dipercayai banyak orang. Sifat ini adalah naluri manusia menurut teori psikologi dan ekonomi sehingga memang akan sering terjadi.

Oleh karena itu, salah satu cara lain juga untuk memperkecil penyebaran FUD adalah untuk menganalisis pasar secara netral dengan beberapa sudut pandang dan tidak fokus menyebarkan hal negatif.

Siapkan Dana FUD

Langkah terakhir untuk para investor dan trader yang strateginya bergerak berdasarkan berita adalah menyiapkan dana khusus mengikuti FUD. Jika ada sebagian dana yang memang disiapkan untuk menghadapi kerugian FUD, individua kan merasa lebih tenang karena sudah ikhlas.

Saat semua hal ini sudah dilakukan kemungkinan besar investor dan trader akan lebih aman dari FUD.

Jika semua sudah diterapkan kerugian yang berpotensi datang dari FUD kemungkinan akan berkurang dan kehidupan investor dan trader akan lebih tenang di pasar kripto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.