Linkedin Share
twitter Share

DeFi · 7 min read

Cara Menggunakan DeX Uniswap untuk Jual Beli Crypto

Coinfest Asia 2023

Akhir-akhir ini Decentralize Exchange (DeX) sedang mengalami peningkatan volume kembali terutama dengan fenomena bangkitnya Decentralized Finance (DeFi).

DeFi kembali muncul akibat banyaknya fitur yang diberikan untuk memberikan keuntungan kepada investor seperti staking dan juga farming.

Selain itu melalu adanya DeX, investor memiliki pilihan lebih dalam platform untuk transaksi perdagangan crypto.

DeX sendiri sedang mendapatkan ketertarikan tinggi akibat dapat memberikan transparansi yang lebih tinggi daripada bursa pada umumnya.

Karena semakin banyak yang mendalami dunia crypto, saat ini investor juga semakin tertarik dengan DeX untuk perdagangan crypto, terutama untuk yang menyimpan crypto di wallet.

Melihat Uniswap yang merupakan DeX utama dengan volume tertinggi, artikel ini akan menjelaskan cara untuk melakukan perdagangan crypto di Uniswap.

Buka Situs Uniswap

Contoh dalam artikel ini akan menggunakan Uniswap versi situs melalui komputer karena Uniswap bisa diakses melalui komputer dan juga smart phone.

Jika ingin menggunakan melalui smart phone, investor dapat mengakses melalui aplikasi wallet atau juga melalui situs.

Namun jika menggunakan komputer, langkah yang pertama dilakukan adalah dengan membuka situs Uniswap di app.uniswap.org

Pastikan sebelum menggunakan Uniswap, investor sudah meng-install wallet extension seperti yang tertera di pojok kanan atas gambar di atas.

Hal tersebut disebabkan nantinya dalam menggunakan Uniswap setelah membuka situs, langkah berikutnya adalah menyambungkan ke Wallet.

Sambungkan Wallet

Cara menyambungkan wallet tersebut adalah dengan menekan tulisan “Connect to a wallet” seperti gambar di atas.

Setelah menekan tulisan tersebut, langkah berikutnya adalah dengan menentukan wallet yang akan digunakan oleh investor.

Dalam contoh ini akan digunakan wallet Metamask yang sudah terhubung. Cara menghubungkannya adalah dengan menuliskan kata sandi.

Setelah menuliskan kata sandi dari wallet, investor haru menekan tulisan “Unlock” seperti pada gambar di atas.

Pastikan saat menyambungkan wallet ke situs pencarian utama seperti Chrome atau Brave, investor mengingat “seed phrase” atau kata pengaman.

Mulai Transaksi

Setelah tersambung nantinya wallet address dan jumlah dana yang tersedia di wallet akan tertulis di bagian kanan atas seperti gambar di bawah.

Langkah berikutnya adalah menekan tulisan swap seperti pada gambar di atas untuk masuk ke kolom perdagangan.

Setelah masuk ke kolom swap langkah berikutnya adalah memiliki coin atau token yang ingin digunakan untuk ditukarkan.

Caranya adalah menekan tulisan coin yang tertera di awal. Dalam contoh ini investor dapat menekan tulisan seperti yang tertulis “ETH” di atas.

Kemudian untuk memilih coin atau token yang ingin diterima, investor bisa menekan tulisan “Select a token”.

Selanjutnya adalah menuliskan jumlah yang ingin dikeluarkan pada kolom yang tertera di sebelah coin atau token yang ingin dikeluarkan.

Setelah dituliskan nantinya jumlah token atau coin yang akan diterima akan tertulis secara otomatis.

Dalam contoh ini akan digunakan Ethereum (ETH) yang ditukarkan ke Decentraland (MANA) dimana jumlah ETH yang dituliskan otomatis tertulis di sebelah MANA yang akan diterima.

Setelah semua sudah tertulis dan sudah sesuai dengan keinginan, investor dapat menekan tulisan “Confirm Swap”

Perlu diingat bahwa fluktuasi akan terus terjadi sehingga investor juga harus melihat pergerakan harga jika ingin mendapatkan harga terbaik.

Setelah itu, nantinya investor akan diminta konfirmasi kembali di wallet yang digunakan. Untuk melakukan konfirmasi investor dapat menekan tulisan “Confirm” di wallet.

Kemudian setelah semua dilakukan konfirmasi akan dieksekusi oleh Uniswap. Nantinya kode transaksi yang tercatat pada smart contracts dapat dilihat di Etherscan.

Setelah semua dilakukan, investor telah berhasil menggunakan Uniswap, dan token atau coin yang dibeli langsung akan tersimpan di wallet yang terikat.

Komparasi DEX yang perlu kamu ketahui.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun. Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya

Topik

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinfest Asia 2023
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.