Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Apa itu MakerDao? Panduan untuk Pemula

anisa giovanny     Monday, November 23 2020

Menggunakan crypto untuk meminjam crypto dulunya sangat rumit. Karena sebagian besar aset kripto berfluktuasi dengan sangat liar, jumlah yang dipinjam seseorang dalam kripto dan jumlah yang harus dibayar kembali oleh seseorang dapat sangat berbeda dalam waktu singkat.

Di situlah MakerDAO berperan. Dengan menggabungkan pinjaman dengan mata uang yang stabil, MakerDAO ingin mengizinkan siapa pun untuk meminjam uang dan secara andal memprediksi berapa banyak yang harus mereka bayar kembali.

Selengkapnya soal MakerDao dapat kamu temukan di sini.

Apa itu MakerDAO?

MakerDAO adalah organisasi yang mengembangkan teknologi untuk meminjam, menabung, dan cryptocurrency yang stabil di blockchain Ethereum. Ini telah menciptakan protokol yang memungkinkan siapa pun dengan ETH dan dompet MetaMask untuk meminjamkan uang dalam bentuk stablecoin yang disebut DAI.

Dengan mengunci beberapa ETH di smart contract MakerDAO, pengguna dapat membuat sejumlah DAI tertentu. Semakin banyak ETH yang dikunci, semakin banyak DAI yang dapat dibuat. Saat pengguna siap untuk membuka kunci ETH mereka, yang berfungsi sebagai jaminan atas pinjaman DAI mereka, mereka cukup membayar kembali pinjaman tersebut beserta biaya  lainnya.

MakerDAO telah menciptakan lapisan inti dari sistem keuangan terdesentralisasi di Ethereum atau”DeFi”. Ia juga menjadi salah satu proyek yang berjalan paling lama di ekosistem Keuangan Terdesentralisasi (DeFi) Ethereum. Sampai saat ini mereka memiliki sekitar 2.3M ETH yang terkunci dalam protokol mereka, yang mana lebih dari 2% dari total suplai ETH.

Keistimewaan MakerDao

MakerDao memiliki keistimewaan diantaranya adalah, tanpa pemeriksaan kredit dan orang-orang harus jujur. Lalu bagaimana cara pinjam meminjam bekerja di blockchain? Jawabannya adalah likuidasi, yang berarti saat aset diubah menjadi modal untuk melunasi kreditor.

Ketika agunan pinjaman turun di bawah titik tertentu  yang berarti harga ETH telah turun terlalu jauh di bawah jumlah pinjaman DAI  pinjaman tersebut dilikuidasi. Dengan kata lain, ETH yang digunakan sebagai jaminan dijual untuk membayar kembali pinjaman DAI ditambah denda dan biaya. Likuidasi dan ancaman likuidasi membuat sistem tetap stabil dengan mencegah orang meminjam terlalu banyak.

Selain ancaman likudasi akan membuat para pengguna  DAI bersikap jujur, maka para pemegang token Maker (MKR) adalah pemberi pinjaman pilihan terakhir. Ketika harga ETH jatuh dan terlalu banyak pinjaman dilikuidasi sekaligus, MKR dibuat dan dijual untuk melunasi pinjaman. Pada saat yang sama, biaya harus dibayar dalam MKR dan denda likuidasi digunakan untuk membeli kembali MKR, yang dibakar atau dihancurkan. Secara teori, harus selalu ada nilai yang cukup di MKR untuk mendukung pinjaman yang dilikuidasi.

DAI, ETH, dan MKR berfungsi sebagai sistem pemeriksaan dan keseimbangan otomatis  yang masing- masing berfungsi untuk menjaga sistem tetap stabil dan terdesentralisasi.

Cara Kerja DAI, ETH, MKR

DAI adalah token ERC20 di blockchain Ethereum yang memiliki nilai stabil sebesar satu dolar AS. Itu juga merupakan kunci dari sistem peminjaman MakerDAO. Saat pinjaman diambil di MakerDAO, DAI dibuat. Ini adalah mata uang yang dipinjam dan dibayar kembali oleh pengguna.

Token Maker (MKR) dibuat oleh MakerDAO dan tujuan utamanya adalah untuk mendukung stabilitas token DAI MakerDAO dan memungkinkan tata kelola untuk Dai Credit System. Pemegang MKR membuat keputusan penting tentang operasi dan masa depan sistem.

Bagaimana Token MKR Diproduksi?

MKR adalah token ERC20 yang dibuat atau dibakar tergantung pada seberapa dekat stablecoin DAI dengan dolar AS. Pembuatan MKR baru bergantung pada stabilitas DAI. Jika DAI tetap stabil, lebih banyak MKR yang dibakar mengurangi total pasokan. Jika DAI berfluktuasi terlalu jauh dari patokan satu dolar, lebih banyak MKR dibuat, meningkatkan total pasokan. Token MKR bisa didapatkan di bursa dan bisa para pemegang MKR  mendapatkan keuntungan finansial dari sistem MakerDAO yang stabil, mereka diberi insentif untuk bertindak demi kepentingan terbaik protokol MakerDAO.

Akibatnya, pemegang MKR dapat memberikan suara pada keputusan tata kelola seperti seberapa tinggi menetapkan biaya dan jenis jaminan apa yang dapat diterima sebagai jaminan oleh protokol. Dalam sistem MakerDAO, satu token MKR sama dengan satu suara sehingga orang atau organisasi dengan kepemilikan MKR besar dapat memiliki pengaruh besar pada hasil pemungutan suara.

Itu dia penjelasan seputar MakerDao, agar kamu semakin paham maka kamu juga haru mengetahui apa itu Dai dan Maker. Selengkapnya kamu bisa baca di sini.