Linkedin Share
twitter Share

Trading · 6 min read

Apa itu Leverage di Trading Crypto? Panduan untuk Pemula

Leverage merupakan salah satu komponen penting untuk meningkatkan modal guna terciptanya keuntungan saat trading crypto dilakukan.

Pengertian Leverage

Leverage adalah penggunaan modal pinjaman untuk memperdagangkan aset keuangan, termasuk mata uang kripto. Leverage berguna untuk meningkatkan daya beli atau posisi trader saat melakukan trading.

Bagian menarik dari trading ini adalah investor dapat melakukan trading dengan modal kecil. Misalnya, seorang trader yang memasuki leverage trading dengan margin US$100 dapat berdagang hingga 10x margin, yaitu ukuran margin US$1.000.

Keuntungan Leverage

Akses Modal Lebih Besar

Leverage dapat meningkatkan posisi modal yang lebih besar daripada modal awal yang digunakan. Ini disebabkan karena trader bisa meminjam modal dari platform perdagangan.

Keuntungan Lebih Besar

Pinjaman modal yang diberikan oleh platform dapat menghasilkan pengembalian yang berpotensi lebih tinggi dibandingkan dengan perdagangan tanpa leverage. Dengan menguasai posisi yang lebih besar, kamu berpeluang memperoleh keuntungan yang lebih signifikan dari pergerakan pasar yang relatif lebih kecil.

Efisiensi modal

Menggunakan leverage memungkinkan kamu untuk memaksimalkan penggunaan modal. Kamu dapat mempertahankan saldo kas yang lebih kecil di akun perdagangan sambil tetap mengontrol posisi yang lebih besar, membebaskan dana untuk peluang investasi lain atau berfungsi sebagai bantalan terhadap potensi kerugian.

Kekurangan Leverage

Leverage adalah alat yang kompleks, meski penggunaan leverage bisa menguntungkan, tetapi kerugiannya juga besar. Jika investor menggunakan leverage untuk melakukan investasi dan investasi bergerak melawan investor, kerugian mereka jauh lebih besar daripada jika mereka tidak menggunakan leverage.

Itu sebabnya pemula disarankan untuk tidak memilih jenis perdagangan ini, karena banyak pedagang berpengalaman mengalami kerugian besar. Namun, para ahli dalam perdagangan reguler dapat berinvestasi dalam jumlah yang lebih kecil untuk perdagangan margin di crypto.

Platform Trading Crypto dengan Leverage

Berikut  ini adalah platform cryptocurrency perdagangan leverage yang paling dikenal yang digunakan untuk membeli dan menjual aset online menggunakan leverage.

Binance

Sejak dibentuk pada tahun 2017, platform ini telah mengalami perkembangan yang pesat.

Saat ini, ini adalah platform pertukaran mata uang digital terbesar di dunia dengan 1,4 juta transaksi/detik.

Seorang pengguna dapat menggunakan perdagangan leverage Binance di perangkat seluler Android atau iOS.

Perlu diketahui bahwa, baru-baru ini, Binance telah berhenti memberikan margin pada AUD, EUR, dan GBP.

Bursa ini memiliiki  hampir 200 cryptocurrency berbeda digunakan untuk berdagang, fasilitas untuk mendapatkan bunga cryptocurrency di rekening tabungan Binance, menawarkan leverage hingga 10 xs dan 125X pada transaksi spot, perdagangan derivatif, dan lain sebagainya.

ByBit

Didirikan pada tahun 2018, platform pertukaran ini khusus untuk perdagangan derivatif. Untuk mengakses likuiditas maksimum untuk platform pertukaran perdagangan margin seperti Binance futures dan Bybit sangat ideal.

Selain itu, pemula dapat dengan mudah menggunakan aplikasi seluler ByBit untuk antarmuka pengguna yang mulus dan menggunakan dana asuransinya untuk mengatasi kerugian jika terjadi kebangkrutan. 

ByBit memungkinkan leverage hingga 100 kali, kemampuan pemrosesan 100.000 transaksi/detik, stop loss dan take profit order melalui satu klik dan lain sebagainya.


Awalnya perdagangan crypto memang terlihat menakutkan, namun ketika trader terbiasa dan makin ahli maka trading leverage bisa jadi cara untuk memperbesar keuntungan.

Sekali lagi perdagangan dengan leverga juga memiliki kerugian yang besar, karena itu trader disarankan untuk melakukan riset, mempelajari untung rugi leverage, dan memiliki manajemen risiko yang matang.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

Topik

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.