Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

7 Alasan Ini Buat Kehadiran Aset Crypto Bisa Mengubah Dunia

anisa giovanny     Friday, August 7 2020

Munculnya cryptocurrency atau aset crypto seperti Bitcoin memiliki pengaruh untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Beberapa alasannya adalah cryptocurrency mampu meningkatkan proses pengiriman uang lintas batas, menawarkan alternatif stabil untuk mata uang fiat, memberikan kemajuan ilmiah hingga memberikan individu kendali penuh atas asetnya tanpa harus bergantung pada aturan otoritas setempat. 

Baca juga: Apa itu Cryptocurrency ?


Pada dasarnya, cryptocurrency adalah uang elektronik yang disimpan dalam e-wallet atau file komputer. Juga, cryptocurrency ditransfer dan dilacak dengan menggunakan teknologi blockchain.

Apa itu blockchain? Kamu dapat menemukannya di sini 

Cryptocurrency terutama Bitcoin juga disinyalir mampu menjadi alat investasi yang berguna di masa depan, karena harganya yang terus meningkat seiring waktu.

Misal di tahun 2009 Bitcoin nyaris tidak bernilai, dan di tahun 2020 harga Bitcoin sudah berhasil menyentuh Rp170 juta dan diprediksi akan terus naik seiring harga mata uang fiat yang terus inflasi dan kesadaran orang-orang tentang mata uang digital ini.  

 Selain sebagai alat investasi masa depan yang bernilai, kehadiran crypto diprediksi bisa mengubah dunia dengan tujuh  alasan  ini.   

Mengurangi Risiko Penipuan

Mengurangi Risiko Penipuan

Penipuan adalah salah satu masalah terbesar ketika menyangkut persoalan uang. Apakah itu untuk mentransfer dana atau hanya menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi. Ini tentu menjadi perhatian besar bagi semua orang. 

Tapi dengan menggunakan Bitcoin dan crypto yang ditransfer secara elektronik dengan aman menggunakan blockchain semua transaksi akan tercatat. Sehingga penipuan akan sulit dilakukan karena semua data tersimpan dengan cara ini Bitcoin dan crypto bisa meminimalisir penipuan terutama dalam hal transaksi. 

Tingkatkan Crowdfunding

Tingkatkan Crowdfunding

Crowdfunding adalah cara yang semakin populer bagi pengusaha untuk mengumpulkan uang untuk produk mereka. Investor dapat melakukan investasi kecil untuk mengurangi risiko dalam proses pengumpulan dana perusahaan. Aset crypto terutama Bitcoin bisa dijadikan alat untuk crowdfunding, yang cepat, efisien dan sistematis karena crypto bekerja di jaringan blockchain yang kuat dan sulit dipalsukan. 

Proses Pengiriman Uang

Proses Pengiriman Uang

Transfer bank di tingkat nasional tidak memakan waktu lama, tapi ini berbeda jika kamu ingin kirim uang lintas negara.  Karena biasanya bisa ada jeda waktu agak lama bahkan berhari-hari untuk diproses. Tapi dengan menggunakan mata uang kripto atau Bitcoin proses transfer internasional akan lebih cepat, dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja asalkan ada koneksi internet. 

Mendorong Kemajuan Ilmiah

Mendorong Kemajuan Ilmiah 1

Teknologi Cryptocurrency yang menggunakan blockchain dapat membantu mengubah kemajuan ilmiah yang kita hadapi dengan memberikan semua orang akses ke data real-time dan menghilangkan lembaga, yayasan, dan perusahaan besar untuk menguasai informasi penting.

Dengan ini maka seluruh data bisa terbuka dan diakses semua kalangan, sehingga jika ada yang membuat penelitian bisa mengakses data dengan mudah dan mengolahnya untuk kepentingan penelitian. 

Menawarkan Alternatif Stabil untuk Mata Uang Fiat 

Menawarkan Alternatif Stabil untuk Mata Uang Fiat 1

Inflasi dan ketidakstabilan sering dialami oleh mata uang fiat yang umum digunakan di berbagai negara. Hal ini disebabkan karena pemerintah melalui bank sentral dapat mencetak mata uang sebanyak yang mereka mau, dan ini akhirnya menyebabkan inflasi yang membuat mata uang tidak lagi berharga. 

Namun dengan cryptocurrency hal ini bisa dihindari, karena aset crypto cukup tahan terhadap inflasi, terutama Bitcoin yang tidak bisa diproduksi selamanya, dan hanya tersedia 21 juta saja diseluruh dunia. 

Baca juga: Ini 6 Alasan Bitcoin Lebih Baik dari Fiat!

Selain itu, dalam crypto tidak ada aturan suku bunga pada nilai tukarnya sehingga memberikan nilai yang stabil dan kepastian lebih bagi negara-negara yang tingkat ekonominya sering berubah.

Menjaga Akuntabilitas Perusahaan dan individu

Menjaga Akuntabilitas Perusahaan dan individu

Ada banyak perusahaan dan bahkan seluruh industri di luar sana yang mengikuti praktik korupsi dan ilegal. Sebagai konsumen, tentu ingin mengetahui bagaimana sebuah produk yang mereka beli di proses dan setidaknya mengetahui jika produk yang mereka gunakan bekerja sesuai aturan.  

Cryptocurrency akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk membantu konsumen dalam memahami produk yang mereka gunakan. Hal ini dikarenakan teknologi blockchain yang identik dengan crypto bisa menyimpan informasi dari awal hingga akhir dengan detail tanpa bisa dipalsukan. Menggunakan teknologi ini akan membuat perusahaan dan individu bertanggung jawab atas apa yang mereka hasilkan. 

Memberikan Orang Kendali Penuh atas Asetnya 

Memberikan Orang Kendali Penuh atas Asetnya

Jika kita punya aset banyak tentu tidak mungkin menyimpannya di dalam rumah. Kita seringkali menyimpannya di bank. Tapi dengan menyimpan aset di bank artinya kita tidak bisa sesuka hati untuk mengendalikan penuh aset yang kita miliki karena ada aturan-aturan yang diberikan oleh bank. Kemudian, jika bank yg kita percaya itu bangkrut maka aset yang ditaruh di sana bisa saja tidak akan kembali. 

Tapi dengan menggunakan cryptocurrency setiap orang akan memiliki kontrol penuh aset mereka tanpa terpaku dengan kebijakan bank sentral atau pemerintah. Pemilik aset crypto  tidak harus menyimpan aset mereka di bank, tapi di wallet crypto yang dapat dikelola sendiri dan dapat dengan bebas mengakses dan menggunakannya kapan saja. 


Itu dia tujuh alasan di mana kehadiran cryptocurrency bisa mengubah dunia terutama dari segi keuangan dan finansial.

Baca juga: Bitcoin VS Properti, Mana Investasi yang Lebih Untung ?

Artikel Terkait

 Lihat Lebih