Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini
RAHASIA PROJECT DEFI TERBAIK

Dapatkan rahasia dan ulasan beragam project DeFi terbaik untuk perluas pilihan investasi aset kripto mu

Mau tahu rahasia project DeFi terbaik?

Klik Disini

Cara Profit dari DeFi

DeFi telah tumbuh dengan kecepatan yang mengesankan sejak musim panas 2020. Tahun lalu TVL DeFi melebihi $60 miliar, dan mencapai lebih dari $86 miliar pada pertengahan Mei, menurut data dari DeFi Pulse.

2021 pertumbuhan teknologi ini pun tidak kalah mengesankan, utamanya didukung oleh platform-platform yang bekerja di jaringan DeFi seperti Compound dan Aave

Selain itu menurut data Messari, volume perdagangan di DEX telah melonjak lebih dari 8.000% pada kuartal pertama tahun 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Curve Finance dan Uniswap saat ini merupakan DEX terbesar berdasarkan volume perdagangan dan TVL.

Perkembangan DeFi tahun depan pun diprediksi akan melesat, karena banyak sekali hal yang bisa dilakukan di DeFi utamanya dalam membuat penghasilan dari aset crypto yang dimiliki. Ada berbagai cara untuk mendapatkan profit di DeFi, di antaranya adalah sebagai berikut:

Staking Token DeFi

Staking adalah proses “mengunci” mata uang kripto ke dalam protokol dengan imbalan hadiah token seperti menyimpan uang di bank dengan imbalan bunga.

Saat kamu melakukan staking, kamu menjadi validator transaksi, atau node, untuk jaringan. Ini sangat penting untuk fungsionalitas dan keamanan jaringan, itulah sebabnya para pemangku kepentingan diberi insentif finansial.

Ada berbagai aset yang bisa distaking diantaranya adalah Tezos, Ethereum, BNB, Algorand, dan lain sebagainya.

Jumlah hadiah yang akan diperoleh juga tergantung pada jenis token yang distake pertaruhkan: beberapa orang mendapatkan sebanyak 23% ditambah APY (persentase hasil tahunan) untuk mempertaruhkan Binance Coin.

Koin seperti Algorand (ALGO), Kava (KAVA), Texas (XTZ), dan Tron (TRX) bisa mendapatkan staker hingga 12% APY.

Kamu bisa memeriksa aset yang bisa distaking dan presentase pendapatannya di di Coinmarketcap atau di berbagai bursa yang menyediakan layanan staking, contohnya Binance. Metode staking ini pun mudah dilakukan oleh pemula.

“ Cara staking ini lebih cocok digunakan oleh pemula, namun menurut saya lebih baik melewati centralized exchange karena tidak sulit dan dananya dikelola exchange. Selain itu Decentralized Finance bisa dibilang agak sulit untuk pemula,” kata Gabriel Rey, CEO Triv saat dihubungi Coinvestasi beberapa waktu lalu.

Lending DeFi

Mirip dengan staking, kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif dari platform pinjaman DeFi dengan mengunci token untuk waktu yang lama.

Namun berbeda dengan staking yang menggunakan token deposit sebagai bagian dari proses validasi transaksi. Platform pinjaman Crypto menempatkan token untuk bekerja dengan cara lain.

Saat kamu  menyetor cryptocurrency ke platform pinjaman, platform akan meminjamkannya ke pengguna lain dan memberi  penghasilan sebagai gantinya. Misalnya, Compound Finance, menawarkan APY setinggi 7,5%. Dalam beberapa kasus, APY ini bisa lebih dari 20 persen.

Platform Lending DeFi juga dirancang sedemikian rupa sehingga risiko gagal bayar sangat rendah. Pinjaman DeFi terkenal dengan jaminan berlebihan, dengan persyaratan agunan setinggi 200% dari jumlah pinjaman.

Orang yang menyimpan crypto mereka di platform lending DeFi dapat menariknya kapan pun mereka mau, biasanya tanpa dikenakan biaya keluar.

Namun, ada beberapa risiko untuk jenis pendapatan pasif ini. Misalnya, Flash Loan, di mana pelaku kejahatan meminjam uang dalam jumlah besar dan menggunakannya untuk mengeksploitasi protokol DeFi yang rentan, dapat mengakibatkan hilangnya dana. Namun, banyak protokol yang mengalami serangan pinjaman kilat dengan cepat memulihkan dana pengguna.

Farming

Yield Farming ini disebut juga penambangan likuiditas atau liquidity mining, cara untuk menghasilkan hadiah atau rewards dengan kepemilikan aset kripto. Intinya, dengan aset kripto dapat menghasilkan kripto lainnya.

Kripto kamu akan berperan dalam membuat pertukaran token terjadi dengan cepat dan efisien di bursa atau DEX yang terdesentralisasi.

Untuk menjadi liquidty mining ini kamu bisa menggunakan  DEX seperti SushiSwap, Yearn. Finance, Uniswap, dan lainnya menjadi populer karena algoritma pembuat pasar otomatis (AMM) yang menawarkan layanan perdagangan yang cepat dan efisien. Jumlah uang yang dapat kamu hasilkan sebagai LP dapat berbeda dari satu protokol ke protokol lainny.

Cara ini memang bisa mendatakangkan profit di DeFi tetapi cukup sulit dilakukan untuk pemula dan berisiko. Sebab, ada potensi untuk kehilangan uang melalui proses impermanent loss (IL) yang terjadi karena pasar sangat fluktuatif.

Karena itu ketika kamu memilih cara ini pastikan kamu memahami keuntungan dan kerugian yang diberikan.


Selain cara tersebut masih ada metode lain untuk mendapatkan  profit atau passive income di dunia DeFi, pastikan pilih cara yang bisa kamu jalankan, sebelum melakukan atau penyetoran dalam bentuk apa pun, pastikan bahwa platform yang digunakan dapat dipercaya.

Top exchange
Pintu
17 Ulasan
Daftar
TRIV
22 Ulasan
Daftar
Indodax
0 Ulasan
Daftar
Lihat semua

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Rekomendasi aplikasi beli bitcoin
Pintu

Pintu adalah bursa kripto dengan...

Berlisensi

17 Ulasan
Daftar
Indodax

Indodax.com adalah sebuah pasar online...

Berlisensi

0 Ulasan
Daftar
TRIV

Triv merupakan aplikasi jual-beli bitcoin...

Berlisensi

22 Ulasan
Daftar