Yearn.finance (YFI) Turun, Setelah Peretasan Eminence (EMN) Terungkap!

Wafa Hasnaghina

30th September, 2020

Setelah salah satu proyek dari Andre Cronje, pencipta Yearn Finance (YFI), bernama Eminence (EMN) diretas hacker beberapa waktu lalu. Alasan ini membuat token YFI mengalami penurunan yang cukup tajam dalam 24 jam terakhir. 

Proyek EMN ini merupakan proyek baru dari Andre Cronje di luar dari proyek YFI. EMN memiliki sistem dan protokol dengan serangkaian smart contract baru. Sayangnya, sebelum diluncurkan ke publik, peretas menemukan bug pada smart contract tersebut dan mengeksploitasi dengan mencetak token sebanyak-banyaknya. Karena aksi ini, kerugian ditaksir mencapai lebih dari $15 juta dalam token DAI. 

Rencananya, pengguna yang memiliki YFI akan dapat berpartisipasi dalam protokol EMN dengan mengerahkan modal ke dalam smart contract EMN.

Harga Yearn.Finance (YFI) Masih Turun

Saat penulisan artikel, YFI diperdagangkan dikisaran harga $24.000, turun lebih dari 15% dalam 24 jam setelah berita terkait bug smart contract diumumkan.

Pasalnya, banyak para investor yang menjadi kehilangan kepercayaan pada YFI. Ada kekhawatiran bug bisa saja ditemukan juga di smart contract protokol YFI. Terlebih, belum diketahui hilangnya rasa kepercayaan ini berakibat pada penurunan YFI jangka pendek atau jangka panjang.

Alex Kruger, seorang ekonom sekaligus analis crypto, menjelaskan beberapa pandangan terkait hal tersebut:

Bukan Akhir dari Yearn Finance (YFI)

Belum diketahui pasti dampak dari penemuan bug EMN ini pada Yearn Finance ke depan. Namun, investor besar masih sepenuh percaya pada kelangsungan proyek YFI. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyaknya investor yang ingin menaruh modalnya pada pembangunan proyek. 

Salah satunya pendiri Real Vision yang berniat menggelontorkan sejumlah dana ke YFI. Ini juga bisa menandai kelangsungan proyek jangka panjang.

Informasi ini disunting dan diolah kembali dari NewsBTC