Berita Altcoins · 8 min read

Whale Kripto Terpantau Bersiap Sambut Reli Altcoin, Ini Indikasinya!

Whale BTC

Whale kripto, istilah yang mengacu kepada investor kripto dengan nilai investasi besar terpantau mengakumulasi altcoin di tengah fluktuasi pasar kripto.

Baca juga: The Fed Tahan Suku Bunga AS, Harga Bitcoin Turun ke US$64.000

Kondisi Pasar dan Dampak Fed

Setelah pertemuan Fed AS pada hari Rabu, Bitcoin dan pasar kripto secara keseluruhan mengalami tekanan penjualan yang besar. Ketua Fed Jerome Powell mengumumkan bahwa suku bunga akan tetap tidak berubah di 5,25%, dengan petunjuk kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan September. Pengumuman ini memicu aksi jual di pasar, menyebabkan likuidasi besar-besaran. Altcoin terkemuka seperti Solana dan XRP mengalami koreksi 7-8% 

Meskipun terjadi kemunduran ini, whale kripto secara strategis melakukan akumulasi, terutama di pasar altcoin. Menurut Ki Young Ju, CEO CryptoQuant, 1-Year Cumulative Buy/Sell Quote Volume Difference for Altcoin telah menunjukkan peningkatan signifikan dalam pesanan limit order.

Menurut Ju pesanan beli dengan limit order ini meningkat karena whale lebih menyukai jenis pesanan tersebut untuk menghindari slippage. Tren ini menunjukkan bahwa investor besar dan institusi sedang membangun dinding beli yang kuat untuk mengantisipasi lonjakan harga altcoin di masa depan.

Perbedaan Volume Kutipan Beli/Jual untuk Altcoin. Sumber: Pendiri CryptoQuant Ki Young Ju.

Ju menyoroti altcoin tertentu yang akan diuntungkan dari peningkatan minat ini, termasuk Solana, Polygon, Cardano, Cosmos, PancakeSwap, My Neighbor Alice, Ampera, Ankr Protocol, dan Chilliz. Sebaliknya, token seperti XRP, Chainlink, Binance Coin, Compound Finance, Bancor Network, dan Aave saat ini melihat lebih sedikit pesanan beli.

Baca juga: Harga Bitcoin Alami Volatilitas Tinggi di Tengah Kondisi Ekonomi Makro Global

Pandangan dari Analis Industri

Mendukung pandangan ini, analis kripto Jamie Coutts menunjukkan Top 200 Equal Weight Index sebagai bukti dasar pasar, menandakan potensi reli dalam altcoin. Indeks tersebut melacak kinerja harga dari 200 altcoin teratas dibandingkan dengan Bitcoin, dan pembacaan saat ini menunjukkan bahwa kinerja altcoin yang lebih luas akan segera terjadi.

Prakiraan pasar altcoin. Sumber: Mags.

Pedagang kripto populer Mags juga mencatat bahwa pasar altcoin sedang dalam fase re-akumulasi, dengan altcoin naik hanya 58% secara rata-rata sejak keluar dari fase akumulasi panjang. Ini menunjukkan bahwa aset digital mengalami penarikan minor sebelum mencatatkan kenaikan lebih lanjut.

Antisipasi Penurunan Suku Bunga Fed

Melihat ke depan, penurunan suku bunga Fed yang diantisipasi pada bulan September diharapkan dapat menyuntikkan likuiditas yang kuat ke pasar, berpotensi memicu reli besar di altcoin.

Spence Hakimian, pendiri Tolou Capital, menekankan bahwa penurunan suku bunga dan defisit fiskal yang lebih tinggi adalah bullish untuk kripto. Mengingat bahwa altcoin umumnya memiliki beta yang lebih tinggi daripada Bitcoin, mereka diharapkan berkinerja lebih baik di lingkungan yang berisiko.

Ketika Federal Reserve yang mengincar penurunan suku bunga potensial dan whale kripto yang memposisikan diri mereka secara strategis dan melakukan akumulasi untuk bersiap lonjakan besar berikutnya di pasar kripto.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.