Volume Harian Bitcoin Naik 270% Minggu Ini, Melewati $3 Miliar

Anisa Giovanny

11th November, 2020

Setelah jatuh pada bulan Oktober, volume perdagangan Bitcoin pada pasar spot dan pasar berjangka kembali meningkat. Hal ini disebabkan arena harga BTC melampaui $15.000.

Data baru dari Arcane Research menunjukkan volume perdagangan harian rata-rata bergerak tujuh hari untuk Bitcoin mencapai level tertinggi sepanjang tahun ini, lebih dari $ 3 miliar. Setelah naik 270% sejak 3 November, volume yang berkembang menunjukkan bahwa minat pada Bitcoin masih kuat.

Arcane Research mengukur volume perdagangan Bitcoin “nyata” berdasarkan data dari LMAX Digital. Pertukaran mata uang kripto yang berfokus pada institusi, dan 10 bursa rahasia lainnya yang dianggap dapat dipercaya oleh Arcane Research.

Selain volume yang meroket, CME, bursa berjangka terbesar di dunia dan salah satu institusi pertama yang menawarkan Bitcoin berjangka, melakukan bisnis boffo.

Minat Volume Bitcoin Berjangka Meningkat 169%

Minat terbuka pada Bitcoin berjangka, ukuran jumlah kontrak berjangka yang belum diselesaikan, meningkat 169% dari minggu lalu. Sekarang lebih dari $900 juta, mendekati level tertinggi sepanjang masa di $ 948 juta yang ditetapkan pada 17 Agustus.

Baca juga: Apa Itu Bitcoin Futures, Perdagangan dengan Kontrak Berjangka?

Ini menunjukkan minat baru yang signifikan dalam cryptocurrency asli. Aktivitas volume naik yang hampir sama yang terlihat pada bulan Juli dan Agustus, ketika open interest tetap di atas $ 700 juta.

“ Jumlah pedagang berjangka besar di CME meningkat lebih dari dua kali lipat. Dari sekitar 40 pedagang pada awal tahun 2020 menjadi 99 pada minggu terakhir ini,” tulis riset dari Arcane dikutip dari Decrypt

Arcane Research mengkategorikan pedagang berjangka besar sebagai mereka yang memegang lebih dari lima kontrak secara kolektif bernilai setidaknya 25 BTC. Oktober adalah bulan yang bergejolak untuk aset digital karena dunia memerhatikan proses  pemilihan presiden AS.

Baca juga: Joe Biden dan Persediaan Bitcoin: 5 Analisis Bitcoin Minggu Ini

Dengan harga Bitcoin yang sedang naik daun, bagaimanapun, lonjakan volume harian dapat menjadi acuan karena semakin banyak pengguna tertarik oleh potensi Bitcoin untuk menembus level tertinggi sepanjang masa dalam beberapa bulan mendatang.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency