Berita Blockchain · 7 min read

Uniswap v4 akan Rilis Q3 2024, Ini Fitur Unggulannya!

Uniswap versi empat

Platform DEX Uniswap melalui akun X mengabarkan peluncuran upgrade versi 4 (v4) yang direncanakan akan dirilis pada kuartal ketiga tahun 2024, (15/2). 

Tim percaya bahwa Uniswap v4 harus menjadi kode yang paling diaudit secara ketat yang pernah diterapkan di Ethereum. Secara bersamaan, pertukaran terdesentralisasi (DEX) akan diterapkan ke testnet saat tim melakukan penyesuaian akhir.

Uniswap v4 ini melalui tiga fase. Fase 1 saat ini sedang berlangsung, terdiri dari penyelesaian kode inti, pengujian, optimalisasi gas, peningkatan keamanan, dan penyelesaian periferal. 

Fase 2 akan melihat audit komprehensif atas basis kode yang dilakukan oleh beberapa perusahaan audit dan kontes audit komoditas.

Fase ini juga akan melihat v4 diterapkan di testnet, dengan penyesuaian akhir dilakukan pada kode. Fase 3 akan melihat v4 didorong ke mainnet yang ditargetkan terjadi pada kuartal ketiga 2024. 

Fitur Baru Uniswap v4

Dalam pembaruan versi keempatnya ini, Uniswap mengenalkan fitur baru bernama Hooks. Fitur tersebut menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam transaksi dengan memungkinkan logika kustom untuk dieksekusi pada tahapan-tahapan tertentu dari sebuah transaksi. Ini merupakan langkah inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kemampuan adaptasi dari protokol. 

Peneliti DeFi dengan akun X, Ignas, menjelaskan secara sederhana apa manfaat dari Hooks ini.  

“Anggap saja sebagai “plugin” atau “ekstensi” yang memungkinkan eksekusi kode yang disesuaikan selama peristiwa penting dalam suatu kumpulan.”

Dia membandingkannya dengan Apple dan App Store, yang membuka pintu bagi pengembang pihak ketiga sehingga perusahaan tidak perlu membuat aplikasinya sendiri tetapi dapat mengambil keuntungan besar dari aplikasi tersebut.

“Dengan hook, pengembang dapat bereksperimen dan meluncurkan protokol mereka sendiri sambil menggunakan Uniswap sebagai likuiditas,” jelasnya. 

Pengenalan fitur hooks datang bersamaan dengan kompatibilitas upgrade V4 dengan upgrade Ethereum Dencun, yang diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan skalabilitas transaksi di Uniswap. 

Baca juga: Airdrop WEN Buat Jupiter Lampaui Volume Trading Uniswap

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.