Uniswap Rilis Token UNI dan Bagikan Cuma-cuma Kepada Pengguna

Wafa Hasnaghina

17th September, 2020

Token tata kelola Uniswap bernama UNI secara resmi diluncurkan.

Menurut sebuah laporan, satu miliar token dirilis ke jaringan dan akan tersedia selama beberapa periode dalam empat tahun ke depan. 60% dari jumlah token akan dialokasikan kepada anggota komunitas dan 21,51% lainnya untuk “anggota tim dan calon karyawan”. Selanjutnya, 17,80% token akan dialokasikan untuk para investor dengan siklus vesting empat tahunan. 

“Tingkat prepetual inflation sebesar 2% per tahun akan dimulai setelah 4 tahun, memastikan partisipasi dan kontribusi yang berkelanjutan untuk Uniswap dengan mengorbankan pemegang UNI pasif,” jelas postingan tersebut.

“Pasar yang terbukti cocok untuk produk dan infrastruktur keuangan yang terdesentralisasi serta platform yang dapat berkembang secara mandiri, membuat UNISWAP bertumbuh, berkembang dengan sangan baik, serta menjadi proyek berkelanjutan yang dilakukan oleh komunitasnya sendiri,” tulis pengembang tim UNISWAP.

“Pengenalan UNI (ERC-20) memenuhi tujuan ini, memungkinkan kepemilikan bersama oleh seluruh komunitas dan sistem tata kelola yang dinamis, beragam, dan berdedikasi, yang akan secara aktif membuka jalan pada protokol ini untuk terus melaju menuju masa depan.”

Listing Token UNI di Binance 

Setelah pengumuman ini tanpa ada jeda hari, Binance, exchange mata uang crypto terkemuka di dunia segera melakukan listing terhadap token UNI ini. Platform ini memasangkan UNI dengan beberapa mata uang crypto ternama seperti UNI/BTC, UNI/BNB, UNI/BUSD, dan UNI/USDT pada 17 September 2020 pukul 3 Pagi waktu setempat.

Meskipun demikian, Binance memberikan peringatan dini terkait dengan token UNI. Terlebih, Binance sempat mendapatkan kecaman karena memasukan token kontroversial $SUSHI ke dalam list token pertukaran platformnya.

“UNI tergolong kepada token baru yang memiliki risiko lebih tinggi, dan karena itu kemungkinan besar akan mengalami volatilitas harga yang tinggi. Harap pastikan bahwa Anda menjalankan manajemen risiko yang sesuai dan memadai, pastikan Anda telah melakukan observasi sendiri sehubungan dengan fundamental UNI dan sepenuhnya memahami proyek sebelum memilih untuk memperdagangkannya.”

Membagikan UNI kepada pada Pengguna

Perilisan UNI ini langsung disambut baik oleh para penggunanya. Pasalnya, protokol ini membagikan ratusan token UNI kepada para pengguna yang telah menjadi Liquidity Provider

Dengan rilisnya token UNI ke pasaran membuat Uniswap semakin diminati. Terlebih, Uniswap berhasil bertahan dari forknya sendiri yang mencoba mencari keuntungan dengan nama besar Uniswap.