Uniswap, DEX Nomor Satu dalam Ruang DeFi!

Wafa Hasnaghina

3rd September, 2020

Bursa Terdesentralisasi (DEX) Uniswap mengalami kenaikan hingga 600% dilihat dari jumlah likuiditas dan juga total volume di dalam protokol dan menjadi DEX nomor satu dalam ruang DeFi saat ini. Hal ini dipicu oleh semakin populernya teknologi Keuangan Desentralisasi (DeFi) dan proyek-proyek cabang dari Uniswap.

Menurut data dari CoinGecko, Uniswap berhasil melampaui beberapa pesaing utama, seperti platform Coinbase Pro terkait dengan volume harian. Saat penulisan artikel ini dilakukan saja, volume 24 jam Uniswap telah melampaui sekitar $1,028 miliar di periode yang sama saat Coinbase Pro hanya dapat mengumpulkan sekitar $797,5 juta. 

Dilansir dari data DeFi Pulse, Total Value Locked di Uniswap saat ini berada di posisi pertama di sekitar $1,61 miliar. Disusul oleh Maker di posisi kedua dengan $1,52 miliar dan Aave posisi ketiga dengan $1,52 miliar.

Total Value Locked dalam DeFi sendiri berhasil menembus $8 miliar hanya dalam beberapa minggu. Dengan Uniswap menyumbang 17,57% dari semua crypto yang dikunci dalam smart contract protokolnya.

Pesaing Baru Uniswap, Sushiswap

Kemunculan Sushiswap sebagai fork dari Uniswap membuat persaingan semakin ketat. pasalnya , Sushiswap saat ini memiliki fitur “vampire mining” yang masih berada di dalam kumpulan likuiditas Uniswap. Ini mendorong pengguna untuk melakukan staking token di dalam likuiditas Uniswap dengan imbalan token $SUSHI. Namun, sebentar lagi fitur tersebut akan segera dipindahkan ke dalam DEX SushiSwap sendiri. 

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini