UNI Turun 30% Tidak Jadi Hambatan UNISWAP Menuju $2 Miliar TVL

Wafa Hasnaghina

21st September, 2020

$UNI, token tata kelola Decentralized Exchange (DEX) Uniswap, nilainya turun 30% dari level all-time-high di $7,37 ke kisaran $5,13. Volume perdagangan koin juga turun, dari rata-rata harian sebesar $6 miliar menjadi $2,2 miliar pagi ini. Namun meskipun harga UNI turun, ekosistem bisnis UNISWAP tetap berjalan dengan baik dan menorehkan Total Value Locked (TVL) hingga mencapai $1,94 Miliar.

Token tata kelola yang dirilis pada 16 September 2020 lalu ini menjadi token tata kelola yang dicetak langsung dari DEX dan digadang-gadang menjadi token dengan profil tinggi terbaru, setelah token lainnya seperti $COMP dari Compound dan $YFI dari Yearn.Finance.

Perilisan token ini juga disambut meriah dari para komunitas DEX Uniswap dan juga komunitas crypto lainnya. Ditambah, banyak dari bursa pertukaran seperti Binance, Coinbase, dan Bitfinex yang langsung menambahkan $UNI ke dalam list token perdagangan mereka. 

Tentunya, hal tersebut memompa harga naik dan mencapai nilai tertingginya ke $7,37. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama dan saat penulisan artikel ini dibuat nilainya berada dikisaran $5,13. 

Total Value Locked (TVL) UNISWAP

Sejauh ini, meskipun nilai UNI turun sekitar 30%, menurut data dari DeFi Pulse, pada 17 September lalu UNISWAP berhasil mengunci mata uang crypto senilai $748 juta dalam smart contract protokolnya. Dengan total value locked pada 21 September 2020 mencapai $1,94 Miliar.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini