Berita Bitcoin · 5 min read

Uang Crypto Jadi Kekhawatiran Donald Trump

Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin berbagi kekhawatiran Presiden Donald Trump tentang penggunaan uang crypto untuk membiayai aktivitas terlarang, dan menekankan peran menegakkan peraturan FinCEN sehubungan dengan organisasi yang berurusan dengan crypto. Mnuchin membuat pernyataannya pada konferensi pers pada 15 Juli.

Crypto banyak disalah gunakan

Mnuchin menyebut penggunaan cryptocurrency untuk mendanai aktivitas terlarang sebagai masalah keamanan nasional, dengan mengatakan bahwa miliaran dolar telah digunakan untuk tujuan ini:

“Cryptocurrency seperti Bitcoin telah dieksploitasi untuk mendukung miliaran dolar aktivitas ilegal, seperti cybercrime, penghindaran pajak, pemerasan, pengacakan, obat-obatan terlarang, perdagangan manusia. Ini memang masalah keamanan nasional.”

Menanggapi pertanyaan dari pers, Mnuchin lebih lanjut mengomentari peran crypto yang tampak sebagai alat untuk membiayai kejahatan, dengan mengatakan:

Baca juga: Jutaan Buah Durian Dapat Dilacak dengan Blockhain Melalui Startup Ini

“Saya pikir sebagian besar, cryptocurrency ini telah didominasi oleh kegiatan ilegal dan spekulasi.”

Sekretaris Mnuchin juga menggemakan postingan Twitter terbaru Presiden tentang cryptocurrency, dengan mengatakan: “Seperti yang Presiden katakan: ‘Bitcoin sangat fluktuatif” dan “Menteri keuangan menanggapi dengan sangat serius peran dolar AS sebagai cadangan mata uang dunia.”

Seperti yang sebelumnya dilaporkan oleh Cointelegraph, Presiden Trump tweet serangkaian pernyataan anti-crypto dan anti-Bitcoin pada 12 Juli, setelah “KTT Media Sosial” untuk kepribadian konservatif. Trump mengatakan bahwa nilai crypto adalah “sangat fluktuatif” dan bahwa mereka dapat “memfasilitasi perilaku yang melanggar hukum.”

Menurut Mnuchin, Departemen Keuangan telah menekankan – kepada pengguna Facebook dan Bitcoin (BTC)- bahwa layanan keuangan digital terikat oleh Anti Pencucian Uang yang sama dan Memerangi Pembiayaan kebijakan Terorisme seperti lembaga tradisional contohnya bank.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pemancar crypto harus mematuhi Undang-Undang Kerahasiaan Bank (BSA) dan mendaftar ke Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan (FinCEN): biro Perbendaharaan. FinCEN adalah regulator federal yang mengimplementasikan BSA dalam praktiknya, dan memiliki wewenang atas semua pemancar layanan uang – termasuk proyek uang crypto seperti Libra.

Mnuchin juga membentuk Kelompok Kerja Dewan Pengawasan Stabilitas Keuangan tentang Aset Digital, yang dilaporkan termasuk pemain regulator utama seperti SEC, CFTC, dan The Fed selain FinCEN. Gagasan kelompok ini adalah untuk mengurangi risiko peraturan yang konon terkait dengan cryptocurrency.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.