Berita Altcoins · 6 min read

Uang Crypto Dirancangkan, Cina Harus Belajar Dari Libra Facebook

Pemerintah Cina harus memikirkan kembali strateginya merilis “uang crypto” dikutip dari sebuah pidato mantan gubernur bank sentral negara itu, Zhou Xiaochuan, menyarankan.

Zhou, yang menjabat sebagai gubernur Bank Rakyat China (PBoC) selama lebih dari 15 tahun hingga tahun lalu, mengatakan bahwa Cina bisa belajar dari proyek Libra yang diusulkan Facebook, karena Libra kemungkinan membentuk mata uang digital masa depan di Cina, menurut laporan oleh South China Morning Post.

Secara khusus, Zhou merujuk bagaimana proyek Libra didukung oleh sejumlah besar perusahaan swasta, dan mensejajarkan dengan Hong Kong yang mengizinkan bank-bank komersial untuk menerbitkan uang kertas di wilayahnya.

Di Hong Kong, tiga bank swasta besar – Bank of China (Hong Kong), HSBC dan Standard Chartered – dilisensikan oleh Otoritas Moneter Hong Kong untuk mengeluarkan uang kertas yang didukung oleh dolar AS yang disimpan dalam cadangan bank.

Dalam pidatonya, Zhou mengatakan bahwa “catatan” uang crypto dapat “dikeluarkan oleh bank sentral atau entitas komersial,” tanpa merinci tentang “entitas komersial” seperti apa yang ada dalam pikirannya.

Baca juga: https://coinvestasi.com/berita/regulator-crypto-mengumumkan-aturan-baru-untuk-broker-crypto/

“Entitas Komersial”

Dalam komentar kepada South China Morning Post, Chen Dafei, analis senior di Orient Securities, mengatakan bahwa ia menafsirkan penggunaan istilah “entitas komersial” Zhou sehingga bisa berarti perusahaan teknologi besar China seperti Alibaba dan Tencent.

Memberi perusahaan-perusahaan ini hak untuk menerbitkan mata uang digital yang didukung negara akan menjadi cara baru untuk memikirkan sistem lama uang kertas yang diterbitkan oleh bank swasta, dengan peralihan kekuasaan dari sektor perbankan ke sektor teknologi.

Libra Facebook telah memicu perdebatan di Ciina dan memicu respons negara itu, karena beberapa orang khawatir hal itu akan melemahkan posisi mata uang nasional – yuan – terhadap dolar AS. Pidato mantan gubernur bank sentral sejauh ini merupakan salah satu pernyataan paling komprehensif tentang masalah tersebut, menurut laporan tersebut.

Sementara itu, menurut laporan terpisah oleh outlet media yang sama awal pekan ini, rencana Facebook untuk membuat cryptocurrency sendiri telah memaksa bank sentral China untuk meningkatkan penelitian dalam menciptakan mata uang digital sendiri karena Libra berpotensi menimbulkan tantangan ke pembayaran lintas batas Cina, kebijakan moneter dan bahkan kedaulatan keuangan.

Sikap pemerintah Cina pada cryptocurrency selama beberapa tahun terakhir dari yanga awalnya merangkul teknologi blockchain dan proyek-proyek terkait blockchain, hingga melarang perdagangan dan mengeluarkan cryptocurrency. Namun, beberapa pengamat mengklaim bahwa tema keseluruhan telah menjadi skeptisisme yang mendalam terhadap kripto, karena dilihat oleh banyak orang sebagai cara untuk melemahkan kontrol ketat pemerintah atas mata uang nasional.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.