Berita Blockchain · 6 min read

Setelah DeFi di 2020, Ini Prediksi Tren Blockchain Tahun 2021!

Tahun 2020 memang tahunnya DeFi, sangat banyak project dengan kategori Decentralized Financial yang mendapatkan gain sangat besar. Salah satu penyebabnya karena cukup dekat dengan kehidupan sehari – hari yaitu finansial sehingga dinilai memiliki use case yang nyata dan sustain. Kepopuleran DeFi sendiri sudah kami prediksi sejak Agustus 2019 namun masih sedikit yang pay attention. Bisa lihat di sini

image 3
Performa project Defi hingga Q2

Namun tidak ada yang abadi begitupula trend di dunia crypto. Jika kita tarik ke belakang selalu ada hal baru setiap tahunnya yang menjadi pusat perhatian semua orang. Pada tahun 2018 memiliki trend project infrastruktur atau blockchain yang cepat, transaksi per detik tinggi, low cost dan lain – lain. Mulai dari project kelas dunia hingga level regional.

Baca Juga: PlutusDefi akan Rilis, Bagaimana Potensinya?

Tahun 2019 muncul hal baru yaitu token centralized exchange yang leading seperti BNB (Binance), OKB (OKEx), HT (Huobi Token) hingga exchange baru bermunculan dengan token exchange masing – masing. Tahun ini trend DeFi merebak yang dipimpin oleh Maker, Compound, dan Lend. Siklus yang mirip selama beberapa tahun. Kemampuan kita sebagai trader untuk beradaptasi dibutuhkan agar terus bisa join the party setiap tahunnya.

Tren Blockchain di Tahun 2021

Lalu, apa trend pada tahun 2021? Tentu tidak ada yang pasti dan sangat banyak kemungkinan. Namun sudah ada beberapa kandidat trend baru yang sangat berpotensi dan tercium dari sekarang. DeFi sendiri sudah tercium sejak Q3 2019 untuk menjadi trend pada 2020. Menurut kami trend selanjutnya pada tahun 2021 adalah

image 4

Polkadot Ecosystem. Polkadot adalah sebuah protokol yang dikhususkan untuk web 3.0. Founder dari Polkadot sendiri adalah salah satu co-founder dari Ethereum yaitu Dr. Gavin Wood yang sudah paham betul bagaimana sebuah eksositem di blockchain berjalan.

Web 3.0 foundation berfokus pada project yang user friendly secara decentralized serta memberikan pendanaan kepada banyak project yang akan dibangun pada jaringan Polkadot. Sehingga ketika jaringan Polkadot sudah live maka langsung bisa hadir banyak ekosistem pendukung di dalamnya bukan hanya project infrastruktur biasa.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Felita Setiawan

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.