Berita NFT · 5 min read

Tren Kripto Baru ERC-404 Tarik Perhatian, Proyek Ini Untung Besar!

ERC-404

Dunia kripto kembali kehadiran tren baru yakni token dengan standarisasi ERC-404. Token yang masih dalam tahap eksperimental ini menarik perhatian investor, meski belum diaudit secara penuh pihak eksternal.

ERC-404 adalah standar token Ethereum tidak resmi yang menjadi populer karena Pandora. Saat ini kapitalisasi Pandora bernilai US$234 juta.

Per artikel ini dibuat, token PANDORA dihargai di level US$29.000, meningkat lebih dari 5.000% sejak diluncurkan pada 2 Februari, menurut DEXscreener. Di Blur, NFT Pandora memiliki harga dasar 13,88 ETH atau sekitar (US$27.873) dengan lebih dari 1.400 pemilik.

Harga token PANDORA. Sumber: Dexscreener.

Mengenal ERC-404

ERC-404 adalah standar token yang menggabungkan ERC-20 yang mudah diperdagangkan (token biasa) dan ERC-721 yang tidak dapat dipertukarkan (NFT).

Melalui mekanisme ini artinya setiap pembelian satu token akan mendapatkan satu NFT, jika satu token dijual maka satu NFT akan dibakar.

Dalam kasus Pandora, proyek ini menerbitkan 10.000 token ERC-20 bersama dengan 10.000 NFT “Replicant”. Jika pengguna membeli satu token PANDORA penuh, satu Replicant NFT secara otomatis dicetak ke wallet mereka. 

Sebaliknya, jika pengguna menjual token mereka, NFT yang ditautkan akan dibakar. Pengguna memiliki pilihan untuk memperdagangkan token di bursa terdesentralisasi seperti Uniswap atau memperdagangkan NFT di pasar populer seperti Blur dan OpenSea.

Menariknya, standar tersebut juga menyertakan komponen langka. Setiap kali Replicant NFT dicetak, ia muncul dengan “skor” yang langka, dengan warna hijau sebagai nilai umum dan merah menandakan yang paling langka. 

Risiko dari Token ERC-404

Sistem ERC-404 ini dapat menjadi salah satu cara membuat NFT lebih fleksibel, memiliki lebih banyak kegunaan, dan meningkatkan nilainya. Di sisi lain, melansir WuBlockchain, terdapat beberapa risiko dari standarisasi baru ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Status Tidak Diakui: ERC-404, meskipun mengikuti format standar ERC, sebenarnya tidak diakui sebagai standar resmi Ethereum. Ini hanya eksperimental dan belum diterima oleh Ethereum Foundation. Tanpa dukungan resmi, penggunaan ERC-404 mungkin tetap terbatas.
  2. Tidak Bisa Memilih NFT: ERC-404 memiliki kekurangan dalam hal transaksional. Misalnya, saat membeli token ERC-404 di Uniswap, pengguna tidak dapat memilih NFT mana yang akan didapatkan. Ini bisa menjadi masalah praktis karena tidak ada cara untuk memilih mana NFT yang diinginkan.
  3. Potensi Manipulasi: Ada risiko manipulasi kelangkaan NFT. Jika algoritma penentuan kelangkaan bisa diprediksi, ini bisa dimanfaatkan oleh penyerang untuk mencetak NFT langka secara selektif, memengaruhi pasar dan keadilan distribusi.
  4. Tahap Eksperimental: ERC-404 masih sangat awal dan eksperimental. Maka investor diimbau untuk untuk tidak terlalu tergoda dengan hype dan FOMO, mengingat kepraktisan dan stabilitas jangka panjang masih perlu dievaluasi.

Jadi, meskipun ERC-404 menawarkan kemungkinan inovatif, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan sebelum mengadopsi mekanisme ini sepenuhnya.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.