Berita Bitcoin · 5 min read

Transfer Bitcoin 17 Triliun, Biaya Kurang Dari Rp 15Ribu

Transaksi yang dilakukan Jumat, 10 April 2020 lalu berhasil mentransfer sekitar 161.500 Bitcoin atau setara dengan 17 Triliun Rupiah hanya dengan biaya kurang lebih $0.70 atau 10.000 jika dirupiahkan. Transaksi tersebut merupakan transaksi Bitcoin terbesar saat ini dalam nilai total dollar AS. 

Transaksi Internal Bitfinex

Transaksi ini pertama kali dilihat oleh pengguna Twitter KRMA_0 dan kemudian dikonfirmasi oleh TheCryptoAssociate. Transaksi ini berhasil diselesaikan hanya dengan biaya 0,00010019 BTC. 

Paolo Ardoino, CTO Bitfinex, melalui Twitter pribadinya mengaku bertanggung jawab atas transaksi tersebut. Ia menjelaskan bahwa layanan itu sedang dalam pengisian ulang dompetnya melalui transaksi internal.

Berdasarkan perincian transaksi tersebut memang sebanyak 15.000 BTC dikirim ke dompet digital Bitfinex dan merubah nilai menjadi 146.500 BTC, lalu kemudian dikembalikan ke alamat semula. 

Transaksi ini terjadi kurang lebih seminggu setelah layanan custody crypto Xapo berhasil memindahkan sebanyak 100.000 BTC atau sekitar 10 Triliun dalam Rupiah dengan biaya transaksi hanya sekitar Rp 4.000.

Baca juga: Bitcoin Whale Pindahkan $212 Juta dengan Biaya Transaksi $3.93

Transaksi Ini Berhasil Melampaui Nilai Tertinggi Sebelumnya

Dalam kedua kasus tersebut, hanya memakan biaya yang sangat sedikit dibandingkan dengan biaya layanan pengiriman uang tradisional. Misalnya, TransferWise, salah satu perusahaan pengiriman uang tradisional,  memerlukan biaya lebih dari $3.600 atau sekitar Rp 60 Juta hanya untuk mentransfer $1Juta atau sekitar 16 Miliyar dan membutuhkan waktu tiga hari untuk dapat menyelesaikan seluruh transaksi.

Dengan Bitcoin, biaya jelas jauh lebih sedikit dan transaksi dapat diselesaikan dengan instan. Transaksi ini juga tidak memerlukan pemeriksaan identitas atau perantara terpercaya pada saat prosesnya.

Transaksi pada Jumat lalu ini melampaui angka tertinggi sebelumnya dengan nilai $1 Miliar yang tercatat pada bulan September 2019. Namun, jumlah Bitcoin aktual terbesar yang pernah dipindahkan mencapai 500.000 BTC yang terjadi pada November 2011 silam dan hanya bernilai $1,32 Juta pada saat itu.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.