Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Transaksi Bitcoin Rp2 Juta, Biayanya Sampai Rp663 Juta

Wafa Hasnaghina     Thursday, November 19 2020

Seseorang baru saja membayar biaya transaksi sebesar 2,6 Bitcoin (BTC) atau setara lebih dari Rp663 Juta hanya untuk mengirimkan sebesar 0.01088549 BTC atau setara Rp2 Juta ke dompet lain. 

Biaya transaksi ini dinilai sangat fantastis dan bisa saja terjadi mengingat kemarin Bitcoin sedang berada di puncak harganya. Ditambah, keadaan pasar crypto yang FOMO dan berada di level tertinggi keserakahan. 

Namun, beberapa trader mengindikasikan peristiwa ini bisa saja terjadi lantaran pengguna melakukan kesalahan “sederhana”, yaitu dengan menetapkan biaya transaksi BTC secara manual. Hal yang sama juga pernah terjadi pada jaringan Ethereum. Ketika itu seseorang mentransfer Rp1,8 Juta ETH dengan biaya hampir Rp37 miliar. 

Biaya Transaksi Bitcoin

Kembali ke transaksi Bitcoin, Blockstream explorer mengindikasikan jika transaksi tersebut disinyalir merupakan transaksi mandiri pengguna tersebut. Selain itu menurut Bitinfocharts, rata-rata biaya transaksi Bitcoin saat ini hanya sebesar 0,00025 BTC atau Rp62.000. Bahkan nilai tersebut turun lebih dari Rp186.000 dari harga tertingginya pada bulan Oktober lalu.

Terlebih, bulan Oktober lalu, ada seorang whales crypto yang memindahkan senilai lebih dari Rp14 triliun BTC dari wallet Xapo ke alamat lain dan hanya membayar biaya transaksi sebesar Rp42.000.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini