Berita Altcoins · 7 min read

Token LOOM Naik 10 Kali Lipat Dalam Sebulan, Skema Pump And Dump?

loom network

Token LOOM dari Loom Network sempat mengalami kenaikan 10 kali lipat dalam sebulan dari harga US$0,046 ke harga tertinggi US$0,5. Beberapa data on-chain memperlihatkan jumlah transfer yang besar terkait dengan token ini selama proses kenaikan harga terjadi.

LOOM Naik 10 Kali Lipat Dalam Sebulan

Terhitung sejak 16 September 2023, harga LOOM sempat mengalami kenaikan 10 kali lipat dari harga US$0,046 ke harga tertinggi US$0,5 pada 15 Oktober 2023. Per artikel ini dibuat (16/10/2023), LOOM diperdagangkan pada harga US$0,374, turun -25,2% dari harga tertinggi kemarin.

loom
Gambar: Grafik harga LOOM

LOOM adalah token native dari Loom Network, sebuah protokol interoperabilitas yang dibangun di atas jaringan Ethereum. Token ini dilisting pada exchange Binance pada 24 Maret 2023 dan masuk ke dalam daftar pantau Binance, sebab perilaku harga yang sangat volatil.

Hampir 50% Token Dimiliki Oleh Satu Entitas

Melansir data holder dari Etherscan, distribusi kepemilikan token LOOM terbilang sangat tersentralisasi dengan satu entitas wallet, yakni 0xcE7b memiliki 623,9 juta LOOM setara US$235 juta atau setara dengan 47,9% dari total supply token.

Gambar: Top 5 holder token LOOM

Berdasarkan akun X, Look On Chain, akun ini diduga terafiliasi dengan exchange Upbit dan telah mengakumulasi LOOM sejak 143 hari lalu, atau dua bulan sejak Binance melakukan listing token ini.

Akumulasi terbesar dilakukan langsung di hari pertama pembelian, yakni pada 27 Mei 2023 (143 hari lalu) sebesar 677 juta token. Dengan demikian, wallet ini berhasil memperoleh keuntungan sebesar 691% jika menjual semua tokennya di harga sekarang.

Gambar: Pembelian token sejak 27 Mei 2023

Kemungkinan Penyebab Kenaikan Harga LOOM

Empat hari lalu, perusahaan asal Australia, Atlassian, mengakuisisi Loom Network dengan harga US$975 juta. Bersamaan dengan berita ini, harga LOOM mengalami kenaikan +100% dari US$0,25 ke US$0,5.

Disisi lain, LOOM masuk ke daftar pantau Binance sebagai aset kripto yang memiliki volatilitas yang sangat tinggi bersamaan dengan 26 aset kripto lainnya.

Menariknya, terdapat beberapa token selain LOOM pada daftar pantau yang juga mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa hari terakhir seperti: BarnBridge (BOND) naik +321% selama tiga hari dari 13 – 15 Oktober 2023, WazirX (WRX) naik +55% dalam sehari pada 15 Oktober 2023.

Gambar: Harga BOND dan WRX mengalami pump

Hal ini mengindikasikan kemungkinan adanya skema pump and dump pada aset kripto yang masuk ke dalam daftar pantau Binance. Setelah mengalami kenaikan, harga aset kripto tersebut mengalami penurunan signifikan beberapa hari setelahnya.

Baca juga: Bos Binance Dituntut Investor karena Dianggap Buat FTX Hancur

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.