Berita Blockchain · 6 min read

97% Token di Uniswap Diklaim Rug Pull!

Token di Uniswap Rug Pull

Menurut sebuah temuan studi baru-baru ini 97% token yang diperdagangkan di DEX Uniswap terbukti rug pull.

Reputasi Buruk Uniswap

Dalam laporan makalah yang ditulis oleh Bruno Mazorra, Victor Adan, dan Vanesa Daza, dan berjudul “Do Not Rug On Me: Zero-Dimensional Scam Detection” menunjukkan bahwa kerentanan platform Uniswap dan minimnya regulasi, memudahkan para penipu untuk membuat daftar token terlihat bagus namun sebaliknya untuk mengelabui para investor baru.

“Jika token kehilangan semua likuiditasnya atau harganya turun ke nol dan level ini tidak pernah pulih, maka kemungkinan penurunan itu ada potensi kejahatan di dalamnya,” dalam keterangan laporan, Rabu (02/11/2022).

Laporan tersebut yang ditulis pada Januari 2022 itu berisikan semua kumpulan data Uniswap hingga 3 september 2021 dengan memeriksa 27.588 token.

Di dalamnya 631 token dinyatakan tidak berbahaya, dan 26.957 dianggap diklaim sebagai rug pull, dilansir dari Beincrypto.

Terungkap dalam analisis bahwa berbagai teknik digunakan untuk mengelabui investor baru agar membeli token baru yang dibuat oleh scammer.

Selain itu, peneliti juga melakukan perbandingan dari kedua macam token, yaitu token berbahaya dan tidak berbahaya secara manual untuk menemukan mana token asli yang berbahaya diperdagangkan di UniswapV2, seperti yang ditunjukkan bagan di bawah ini:

Sumber:  Malicious Uniswap ploys classification

Meskipun klasifikasi ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang token, namun tetap harus tergantung pada variabel yang tidak dapat diamati, seperti intensionalitas dan keuntungan.

Baca Juga: Apa itu Rug Pull dan Cara Menghindarinya

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.