Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Tingkatkan Proyek, Crust Bersiap Ikut Lelang Parachain Polkadot

anisa giovanny     Saturday, March 27 2021

Dengan kemajuan mantap dari testnet Rococo Polkadot, tanggal peluncuran lelang slot parachain semakin dekat. Banyak proyek telah menyatakan bahwa mereka akan berpartisipasi dalam batch pertama lelang slot parachain Kusama dan Polkadot.

Sebagai proyek penting di jalur penyimpanan terdesentralisasi di ekosistem Polkadot, Crust Network juga secara aktif mempersiapkan lelang slot parachain gelombang pertama Kusama dan Polkadot.

Berdasarkan informasi terkini, Crust memberikan beberapa analisis dan penilaian terkait lelang slot Polkadot Parachain.

Lelang Slot Parachain Polkadot

Polkadot adalah blockchain multi-rantai heterogen yang dapat diskalakan yang terdiri dari jaringan blockchain terdesentralisasi kolaboratif, yang dapat disebut Relay Chain. Tujuan dari Relay Chain adalah untuk melindungi kelancaran operasional parachain.

Baca juga: Apa itu Polkadot? Panduan Lengkap untuk Pemula dalam 3 Menit!

Jika diberi perumpamaan, Parachain seperti berbagai perangkat jaringan, dan slot relay chain Polkadot seperti port jaringan router.

Saat perangkat terhubung ke port jaringan router, perangkat dapat berinteraksi dengan router lain secara efisien. Di saat yang sama, router ini juga dapat memberikan perlindungan keamanan jaringan untuk perangkat yang terhubung.

Aturan Lelang Slot Parachain Polkadot

Slot hanya untuk disewakan, bukan untuk dijual: Setiap slot dibagi menjadi empat periode sewa, setiap periode sewa adalah 6 bulan, dan seluruh siklus hidup slot adalah dua tahun. Proyek dapat mengajukan penawaran untuk beberapa periode sewa berdekatan atau tunggal sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mekanisme Lelang

Mekanisme lelang slot parachain Polkadot sangat inovatif. Tidak ada studi kasus untuk referensi. Dari Wiki Polkadot saat ini dan kode terkait lelang, namun ada beberapa informasi yang bisa diperoleh.

Di antaranya adalah kombinasi periode wema, ada 10 jenis kombinasi periode sewa. Kemudian ada mekanisme penawaran proyek dapat menggunakan DOT yang diperoleh dari Crowdloans untuk menawar kombinasi periode sewa di atas.

Rencana penawaran tidak unik, dan dapat menawar berulang kali untuk kombinasi periode sewa yang berbeda.  Selengkapnya mengenai mekanisme lelang dapat ditemukan di sini.

Setelah melakukan lelang maka ada mekanisme kemenangan pada akhirnya, siapa yang memperoleh hak untuk menggunakan slot parachain selama masa sewa bukan hanya proyek dengan penawaran tertinggi, tetapi penilaian berdasarkan kombinasi yang optimal. Setelah lelang berakhir, ia akan memasuki periode lockup DOT lelang, dalam waktu tertentu.

Partisipasi dalam Lelang Slot Parachain Polkadot

Hingga saat ini, terdapat total 383 proyek di ekosistem Polkadot, 122 di antaranya berbasis Substrat. Proyek-proyek ini dapat berpartisipasi dalam lelang slot parachain.

Peserta dalam batch pertama lelang slot parachain akan menjadi proyek dengan masa jatuh tempo yang lebih tinggi. Saat ini, proyek yang terhubung atau menunggu dalam antrean untuk akses ke testnet Rococo kemungkinan besar akan menjadi pesaing yang kuat di batch pertama slot.

Berikut ini adalah proyek yang telah terhubung ke jaringan uji Rococo per 7 Maret 2021.

Sebagai proyek yang ingin memenangkan lelang di Polkadot, Crust pun turut bersiap diri.

Dalam model ekonomi Crust, kami telah memasukkan biaya untuk penawaran dan pemeliharaan lelang slot, yang secara total menyumbang 40% dari alokasi token pengembangan komunitas, atau sekitar 2 juta CRU (token asli proyek).

Baca juga: Apa itu Crust? Panduan Lengkap untuk Pemula

Dengan menggunakan harga pasar CRU saat ini, nilainya adalah $70 juta USD. Untuk lebih detailnya, kami telah menganggarkan dana untuk mengikuti lelang parachain selama sepuluh tahun, tidak hanya untuk slot pertama parachain.

“ Crust juga akan mengevaluasi secara komprehensif makna strategis dari gelombang pertama slot parachain dan mengalokasikan sumber daya yang sesuai untuk membentuk skema konkret untuk lelang slot parachain pertama Kusama dan Polkadot yang akan datang,” jelas keterangan resmi Crust.

Jaringan Pratinjau Crust, Maxwell, telah beroperasi dengan lancar sejak diluncurkan pada 4 Februari. Hingga saat ini, ada lebih dari 1.000 node efektif dan lebih dari 100 PB penyimpanan yang tersedia di jaringan.

Secara bersamaan, Crust telah berhasil terhubung ke Rococo dan berencana untuk menguji fungsionalitas XCMP dengan proyek terhubung lainnya.

Jika Crust dapat terhubung ke slot parachain pada tahap awal, nikmati keuntungan keamanan Polkadot dan mulai inovasi interaktif informasi lintas rantai dengan setiap tim proyek, itu akan menghasilkan efek yang besar tidak hanya pada peningkatan proyek Crust tetapi juga dalam pengembangan dari ekologi Polkadot.