Berita Mining · 8 min read

Superkomputer Golem (GNT) Dengan Daya Terbesar Dunia

Dikalangan komunitas kripto tanah air, mungkin Golem (GNT) bukan menjadi suatu sorotan utama. Alasannya mungkin karena tidak ada ter-listing di market lokal, dan bisa saja karena tidak memahami proyek Golem. Mengapa proyek superkomputer Golem dianggap penting dalam dunia teknologi informasi? Alasannya cukup sederhana, karena Golem hanya diperuntukan untuk pengguna yang memiliki CPU ataupun GPU. Uniknya, Golem tidak ditambang, melainkan meminjamkan sumber daya yang kita miliki untuk digunakan ke proyek atau pekerjaan lain.
Golem (GNT)
Golem dianggap sebagai Superkomputer terdesentralisasi di seluruh dunia yang menggabungkan kekuatan komputasi dari setiap mesin di jaringannya. Dalam ekosistem Golem, setiap orang bisa meminjamkan sumber daya cadangan komputer yang dimiliki kepada orang lain yang membutuhkan daya tambahan. Biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan dan tugas yang rumit, seperti rendering dan eksplorasi DNA.

Apa Itu Superkomputer Golem?

Setiap pemilik CPU ataupun GPU setiap saat bisa mendapatkan pengahsilan tambahan dari Golem. Dan jaringan ini bukan termasuk penambangan, tetapi meminjamkan daya yang tidak terpakai. Siapapun bisa menyewa daya komputasi dari jaringan untuk melakukan pekerjaan yang sulit atau mempercepat tugas. Menurut pengembang, tehnik ini sangat ideal jika rutin melakukan perhitungan intensif untuk kegiatan. Seperti pemrosesan bahasa alami (NLP), kecerdasan buatan (AI), atau mechine learning untuk eksplorasi DNA.
Saat ini tim pengembang superkomputer Golem fokus pada rendering CGI, yang saat ini sangat membutuhkan sumber daya, biaya dan waktu menunggu yang sangat lama. Golem membutuhkan jaringan dari sumberdaya CPU dan GPU yang terhubung diseluruh dunia. Blender dan Luxrender merupakan dua template yang disediakan versi Golem pertama (Brass).
Sebenarnya banyak sekali proyek yang dicanangkan Golem. Salah satunya adalah SONM dan BOINC yang fokus pada pengembangan framework. Dan proyek jangka panjang Golem adalah membangun platform microservices terdesentralisasi. Yang kemudian akan digunakan sebagai internet masa depan.

Pembayaran Dengan GNT (Golem Network Token)

GNT adalah token ERC20 yang digunakan untuk membayar daya komputasi yang akan disewa. Sebagai penyedia, siapapun bebas menetapkan harga sewa GNT sesuai keinginan. Golem dianggap sebagai pasar, dimana harga akan menemukan keseimbangannya sendiri seiring waktu. GNT digunakan untuk mengirimkan pembayaran dan berpartisipasi dalam Pendaftaran Aplikasi.
Token yang dicetak sekitar 1,000,000,000 GNT selama ICO, dan sebanyak 82 persen didistribusikan ke peserta crowdsale. Proyek Golem dipimpin oleh Julian Zawistowski yang juga penasihat untuk Hoard, sebuah platform blockchain untuk industri video game. Tim ini pertama kali merilis versi alpha Brass pada bulan Agustus 2016. Brass termasuk Blender dan LuxRender, dua aplikasi yang digunakan untuk rendering CGI.
Singkatnya, dengan meminjamkan sumber daya CPU dan GPU dari seluruh dunia, kemudian menerima pembayaran berupa token GNT. Sacara praktis ini jauh berbeda dengan model penambangan kripto. Dan tarif harga sewa juga ditentukan sendiri oleh pemilik perangkat. Jadi, buat kalian yang ingin mencoba cara alternatif selain menambang, bisa bergabung dengan jaringan superkomputer Golem. Harga token GNT saat ini berkisar 0,6 dolar AS. Golem masuk peringkat ke 37 dengan market kapital 508 juta dolar AS.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.