S&P Dow Jones Luncurkan Indeks Crypto di 2021, Bakal Dorong Bitcoin Lebih Tinggi?

Wafa Hasnaghina

4th December, 2020

S&P Dow Jones Indices, divisi dari penyedia data keuangan S&P Global Inc mengungkapkan pada hari Kamis, 4 Desember 2020, bahwa perusahaan akan meluncurkan indeks mata uang crypto pada 2021 mendatang. Peristiwa ini juga masuk sebagai momentum pengadopsian Bitcoin dan crypto yang lebih luas lagi. 

Indeks tersebut akan diberinakan S&P DJI dan menggunakan data dari perusahaan mata uang virtual yang berbasis di New York, Lukka. Data tersebut akan memasukan lebih dari 550 koin di daftar perdagangan teratas. 

Selanjutnya, S&P dan Lukka mengatakan, nantinya klien S&P akan bisa menggunakan penyedia indeks sesuai dengan kebutuhan dan alat benchmarking lainnya pada mata uang crypto.

S&P dan Lukka berharap data harga yang lebih andal akan memudahkan investor untuk mengakses kelas aset baru, dan mengurangi beberapa risiko pasar yang sangat fluktuatif dan spekulatif. 

“Dengan aset digital seperti mata uang crypto menjadi kelas aset yang berkembang pesat, ini adalah waktu yang tepat (untuk menjadikan indeks tersebut) sebagai tolak ukur yang independen, andal, dan ramah pengguna,” ujar Peter Roffman, kepala inovasi dan strategi global di S&P Dow Jones Indices. 

Langkah salah satu penyedia indeks paling terkenal di dunia dapat membantu adopsi semakin cepat dan menjadi aset investasi utama.

Terlebih, Bitcoin berhasil menunjukan jati dirinya dengan terus melonjak naik dan mengungguli nilainya terhadap dolar. Ditambah, peningkatan permintaan dari investor yang mengatakan mata uang virtual sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan aset safe-haven.

Adopsi Bitcoin Semakin Luas

Dengan semakin banyak perusahaan dan investor besar yang masuk ke dalam dunia crypto, semakin besar pula peluang harga crypto akan terus naik dan menjadi aset investasi utama. 

Saat penulisan, harga Bitcoin hari ini berada di kisaran harga $19.230. Banyak analis yang memprediksi Bitcoin akan terus melonjak ke arah yang lebih tinggi lagi. 

Baca juga: Harga Bitcoin Diprediksi Rally ke $20.000 Jika lewati Harga $19.300

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini