Solana Sentuh Harga Tertinggi Baru! Berikut Penyebabnya

Naufal Muhammad

16th August, 2021

Solana (SOL) baru menyentuh harga tertinggi barunya di $64.48 atau Rp927.164 yang membuatnya naik 41% dalam kurang lebih satu hari.

Dalam tujuh hari terakhir Solana telah mengalami apresiasi sekitar 65% yang membuatnya menjadi salah satu pemimpin altcoins.

Apresiasi ini terjadi bersama dengan peluncuran dari Wormhole, namun ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa keduanya tidak terikat.

Terdapat asumsi lain bahwa apresiasi ini terjadi akibat adanya proyek baru terkait Non Fungible Token atau NFT bernama “The Degenerate Ape Academy NFT”.

Proyek Wormhole Solana

Solana sebagai sebuah blockchain telah menarik perhatian banyak proyek dan juga investor terutama dengan beberapa masalah terkait Ethereum.

Daya tarik utama dari Solana adalah jumlah transaksi per detik yang dapat divalidasi yaitu berada pada 65.000 transaksi per detik.

Transaksi ini 2.000 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Ethereum dan juga 40 kali lipat lebih cepat dibandingkan Visa.

Banyak pihak yang percaya bahwa Solana dapat menyaingi Ethereum sebagai salah satu blockchain utama, terutama di Sektor Decentralized Finance (DeFi).

Saat ini sentimen terhadap Solana kembali mengarah positif dengan adanya peluncuran proyek bernama Wormhole hasil kerja sama dengan Certus One.

Wormhole baru saja meluncurkan versi terbarunya yang nampaknya telah mulai resmi digunakan oleh para penghuni ekosistem Solana.

Proyek ini berperan sebagai jembatan antara Solana dengan Blockchain Ethereum, untuk mempermudah perpindahan token ERC-20.

Dikabarkan juga bahwa Wormhole telah mempermudah hubungan antara Solana dengan Blockchain lain seperti Terra dan Binance Smart Chain sejak kemarin.

Kabar ini dapat mempermudah token apa pun untuk keluar dan juga masuk ke Blockchain Solana, yang dapat meningkatkan volume transaksinya.

Mekanisme yang digunakan dalam validasi transaksi jembatan tersebut merupakan mekanisme baru yang intinya meningkatkan efisiensi dan memperkecil biaya transaksi.

Sentimen positif ini menjadi salah satu hal yang mendorong harga Solana untuk naik secara signifikan.

Walau sudah meluncur sejak pekan lalu, kemarin, versi 2.0 dari Wormhole baru saja resmi digunakan untuk banyak blockchain.

Platform NFT Mendorong Ketertarikan

Sentimen positif kedua yang dikabarkan juga memberikan dorongan untuk harganya saat ini adalah proyek The Degenerate Ape Academy NFT.

Proyek NFT tersebut baru saja meluncur di platform NFT Solana yaitu Solanart, yang dikabarkan habis terjual hanya dalam waktu delapan menit.

Yang menarik adalah biaya transaksi pada platform tersebut, dimana biaya yang diperlukan hanya berada di sekitar $0.01 atau Rp143.

Harga biaya tersebut membuat platform Ethereum kalah jauh akibat umumnya menghabiskan biaya hingga lebih dai $10 atau Rp143 Ribu.

Namun, biaya penerbitan pada platform Solanart masih terlihat tinggi yang berada di sekitar 6 SOL atau sekitar Rp5,2 Juta dengan harga saat ini.

Banyak pihak yang berasumsi bahwa platform Solanart sedang mengalami ketertarikan tinggi, mengingat tingginya permintaan terhadap proyeknya.

Sebelumnya Solanart jarang melakukan penjualan dalam jumlah besar namun saat ini beberapa NFT dari proyek tersebut telah terjual hingga lebih dari Rp21,9 Juta.

Bahkan terdapat NFT yang terjual hingga Rp87,7 juta dan kembali dijual dengan harga melebihi lima kali lipat dari harga tersebut.

Banyak pihak yang berargumen bahwa kekuatannya mulai diketahui oleh banyak orang, dan kemungkinan akan mendorong harganya jauh lebih tinggi.

Dengan kemampuan ini, banyak pihak yang berasumsi bahwa Solana dapat menjadi pesaing kuat Ethereum di sektor DeFi.

Namun nampaknya blockchain ini masih membutuhkan publikasi yang lebih agar semakin banyak pihak yang mengetahui kemampuannya.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.