Berita Blockchain · 7 min read

Solana Jadi Ekosistem NFT Terbesar Kedua, Bagaimana dengan Harga SOL?

Ekosistem NFT Solana

Menurut analisis firma riset kelembagaan Delphi Digital, jaringan Solana telah menjadi ekosistem nomor dua untuk Non Fungible Token (NFT).

Laporan data Cryptoslam, metrik volume penjualan 30 hari telah mencapai US$50 juta (Rp779 miliar). Kemudian, pada 8 Desember 2022 NFT Solana memiliki volume penjualan US$60 juta (Rp935 miliar) dalam 30 hari, yang nilainya lebih besar 4x lipat dari jaringan NFT, ImmutableX. 

Sementara itu, jaringan NFT lainnya seperti ImmutableX, Cardano , Polygon, Flow, dan BNB Chain tertinggal jauh, melansir dari Beincrypto

Meski demikian, jaringan ekosistem Ethereum masih memimpin pasar NFT dengan margin yang sangat besar. Volume penjualan NFT 30 hari di Ethereum adalah sekitar US$400 juta (Rp6,2 triliun).

Ekosistem Solana Menuju 2023

Sejumlah game direncanakan akan dirilis di Solana tahun 2023. Peluncuran ponsel berbasis Solana, Saga, juga akan menjadi momen penting bagi ekosistem, kata investor Solana Ventures, Justin Barlow.

Namun, DeFi di jaringan Solana tetap mengalami pukulan besar pada tahun 2022. Nilai Total Value Locked (TVL) di Solana telah mengalami penurunan hingga 96% atau sebesar US$248 juta (Rp3,8 triliun) sejak awal tahun 2022, berdasarkan data dari DeFiLlama.

Selanjutnya, aktivitas on-chain telah menurun, data transaksi, alamat aktif, dan wallet semuanya menurun secara signifikan selama beberapa bulan terakhir. Maka dari itu, semua ini membuat harga Solana tertekan.

Prospek Harga SOL

Pada saat penulisan, Solana diperdagangkan senilai $11,89 dan mengalami penurunan 2,01% pukul 17.00 WIB selama 24 jam terakhir, berdasarkan data CoinMarketCap.

Sementara, terlihat pergerakan Solana di tren menurun sebesar 14,5% selama tujuh hari terakhir. Selain itu, koin saat ini turun 95,4% dari harga puncaknya tertinggi $260 pada November 2021.

Grafik Solana. Sumber: TradingView.

Jika harga Solana dapat menembus area support di level $11.88, maka kemungkinan akan terjadi penurunan harga lebih lanjut ke level harga psikologis $10.

Namun jika harga Solana berhasil keluar dari level support, maka resistance selanjutnya yang harus ditembus ada di harga $37.21.

Baca Juga: Validator Lepas Solana, Bagaimana Harga SOL?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.